eprintid: 17438 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/38 datestamp: 2023-07-10 08:31:44 lastmod: 2023-07-10 08:31:44 status_changed: 2023-07-10 08:31:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aisah, Nur creators_name: Sugianto, Sugianto creators_id: s.arjo@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-4346-510X title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK MATERI BUNYI DAN CAHAYA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan adobe flash CS6 untuk materi bunyi dan cahaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Brog & Gall. Penelitian ini melalui tahap pengumpulan data yang berupa analisis kebutuhan, desain produk, uji coba produk skala kecil, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk dan implementasi produk. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, ahli media dan angket persepsi siswa. Teknik analisis data yang berupa saran dari validator dilakukan secara deskriptif kualitatif sedangkan skor angket validasi siswa dilakukan secara statistik deskriptif. Aplikasi mobile learning yang telah selesai dikembangkan memiliki format apk yang dapat dijalankan di smartphone android. Aplikasi ini telah di validasi oleh validator dan dinyatakan valid dengan skor ahli materi sebesar 82% dan skor ahli media sebesar 79.9% yang termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya skor validasi persepsi siswa dalam skala kecil sebesar 84.6% dan skala besar sebesar 87.4%. keunggulan dari aplikasi ini yaitu portable, fleksibel, cara pengoperasiannya mudah serta dapat memotivasi siswa. Adapun kekurangannya yaitu aplikasi ini belum miliki latihan soal, contoh soal, lembar kerja siswa, video pembelajaran serta belum terhubung dengan google play store. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile learning berbasis android dengan menggunakan adobe flash CS6 untuk materi bunyi dan cahaya layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. date: 2020-08-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: arda, Dkk. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas Viii. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77. Aripin, I. (2018). Konsep Dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Educatio, 3(1), 01–09. Arista, F. S., Nasir, M., & Azhar. (2013). Analisis Kesulitan Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Pekanbaru. Jurnal Repository Unri, 1–12. Astra, I. M., Ruharman, D., Fisika, J., & Jakarta, U. N. (2012). Sebagai Media Pembelajaran Pendukung. 18(April), 174–180. Estiani Nur, Astani, Haerul Pathoni. (2015). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Menggunakan Adobe Flash Professional Cs6 Berbasis Android Pada Materi Ciri-Ciri Gelombang Mekanik Untuk Kelas Xi Sma. 1–11. Kurniawan, Wawan, H. K. Dan A. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 07, No.05(10), 1–9. Http://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jpdpb/Article/View/25475/75676576633 Maulidta, H., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 255038. Meilana, J. R. (2017). Pengembangan Modul Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis Siswa. 1(1), 1–73. Http://Jurnal.Fkip.Unila.Ac.Id/Index.Php/Jpf/Article/View/14143 77 Mustarin, A., Arifyansah, R., & Rais, M. (2019a). Penerapan Media Pembelajaran Adobe Flash Cs6 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Atph Pada Mata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian Di Smkn 4 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 5(1), 1. Https://Doi.Org/10.26858/Jptp.V5i1.8189 Mustarin, A., Arifyansah, R., & Rais, M. (2019b). Penerapan Media Pembelajaran Adobe Flash Cs6 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Atph Pada Mata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian Di Smkn 4 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 5(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.26858/Jptp.V5i1.8189 Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. Https://Doi.Org/10.21831/Jppfa.V2i1.2616 Purnama, R., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(4), 138457. Sari, I. W., & Sumuslistiana, S. (2018). Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Program Linear Kelas Xi Di Sma Widya Dharma Surabaya. Must: Journal Of Mathematics Education, Science And Technology, 3(2), 175. Https://Doi.Org/10.30651/Must.V3i2.2000 Sri Rejeki. (2018). Pemanfaatan Adobe Flash Cs6 Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi. 2, 856–864. Suci Rohayati, R. I. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash 78 Cs6 Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang Kelas X-Ak Smk. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. Https://Doi.Org/10.32585/Jkp.V2i2.113 Wati, E. I., Ilyas, M., Sulistyowati, E. D., Studi, P., Pendidikan, M., Indonesia, B., & Mulawarman, U. (2017). Pengembangan Media Mobile Learning Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas X Smk. 1(4), 291–304. Ambiyar, N. J. (2016). Media dan sumber pembelajaran. Jakarta: kencana. Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Lefudin. (2017). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. Neolaka, A. (2017). Landasan pendidikan dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup. Depok: Kencana. Pribady, B. A. (2014). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Jakarta: prenada media group. Purwanto, N. (2013). prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja karya offset. 79 Sadiman, A. S. (2009). media pendidikan, pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. jakarta: raja grafindo persada. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Reseach dan Development. Bandung: Alfabeta bandung. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Reseach dan Development. Bandung: Alfabeta bandung. Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta bandung. Widada, & Bekti Wulansari. (2019). cara mudah membuat media pembelajaran menggunakan adobe flash cs6. yogyakarta: gava media yogyakarta. Zain, S. D. (2014). Strategi belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta citation: Aisah, Nur dan Sugianto, Sugianto (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK MATERI BUNYI DAN CAHAYA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17438/1/Nur%20Asiah.pdf