eprintid: 17436 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/36 datestamp: 2023-07-10 08:31:41 lastmod: 2023-07-10 08:31:41 status_changed: 2023-07-10 08:31:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Eryyani, Martina creators_name: Kusdiwelirawan, Acep creators_id: acep_galing@uhamka.ac.id title: EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum di sekolah dengan adanya kegiatan evaluasi kurikulum untuk mengetahui hambatan dan kendala yang dihadapi oleh sekolah agar dapat diperbaiki dan memperlancar pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model evaluasi context, input, proses, dan produk (cipp). Teknik pengumpulan data dengan triagulasi (gabungan). Hasil angket implementasi kurikulum 2013, di 3 (tiga) sekolah persentase dari sekolah 1 (satu) memiliki persentase 76.34%, pada sekolah 2 (dua) yaitu 98.84%, dan sekolah 3 (tiga) memiliki persentase yaitu 98.65%. Sehingga dapat diartikan sekolah 2 (dua) memiliki implementasi kurikulum 2013 yang sangat baik karena memiliki persentase tertinggi dan sekolah 1 (satu) memiliki persentase terendah yang berarti bahwa belum sepenuhnya menerapkan implementasi kurikulum 2013. Dari ke tiga sekolah didapatkan rata-rata persentase 91.27%. Hasil angket kegiatan pembelajaran, di 3 (tiga) sekolah persentase dari sekolah 1 (satu) memiliki persentase 62.82%, pada sekolah 2 yaitu 98.47%, dan sekolah 3 memiliki persentase yaitu 83%. Sehingga dapat diartikan sekolah 2 (dua) memiliki kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 karena memiliki persentase tertinggi dan sekolah 1 (satu) memiliki persentase terendah yang berarti bahwa belum sepenuhnya menerapkan kegiatan pembelajaran. Dari ke tiga sekolah didapatkan rata-rata persentase 81.43%. Dari hasil penelitian di 3 (tiga) sekolah di kabupaten bekasi didapatkan bahwa belum sepenuhnya kurikulum 2013 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dapat dilihat rendahnya persentase yang didapat dari 3 (tiga) sekolah. date: 2020-08-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Achidiyat. M, Virgana, dan Kasyadi, S. (2017). Evaluasi Dalam Pembelajaran. Tangerang : Pustaka Mandiri. Ainiyah, K. (2018). Bedah Fisika Dasar. Yogyakarta : Deepublish. Amirono, dan Daryanto (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media. Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustakaraya. Anidi (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Parama Publishing. Dimyati, dan Mudjiono (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta. Ediana, A. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Hamalik, O. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Hanna. D, Sutarto, dan Harijanto, A. Model Pembelajaran Tema Konsep disertai Media Gambar pada Pembelajaran Fisika di SMA. Vol.5 No.1, Juni 2016, hal 23-29. Janti, Suhar. Analisis Validitas dan Reliabilitas dengan Skala Likert terhadap Pengembangan SI/TI dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning pada Industry Garmen. Prosiding seminar nasional aplikasi sains dan teknologi (SNAST) (Yogyakarta: 15 November 2014). Karwono, Mularsih, H. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Depok : RajaGrafindo Persada. Kompri. (2017). Belajar Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta : Media Akademi. Majid, A. (2017). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung : Remaja Rosdakarya. 81 Nana, dan Syaodih, E. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung : Refika Aditama. Pangestika, S. R. Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa Berprestasi Rendah di Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Ngemplak. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 8 Tahun ke-5 2016. Suardi, M. (2015). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish. Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Pengembangan. Bandung : Alfabeta. Ratna, I., dan Kusdiwelirawan, A. (2016). Fisika Dasar 1 Berbasis Nilai. Jakarta : Uhamka Press. Ruhimat, dkk. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok : Rajawali Pers. Tatang. (2016). Supervisi Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia. Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Widyastono, H. (2014). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah. Jakarta : Bumi Aksara. Yakub, Hisbanarto,V. (2014). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu. Yani, A. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Bandung : Alfabeta. citation: Eryyani, Martina dan Kusdiwelirawan, Acep (2020) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17436/1/Martina%20Eryyani.pdf