%0 Thesis %9 Bachelor %A Eryyani, Martina %A Kusdiwelirawan, Acep %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:17436 %I Universitas Prof.Dr. Hamka %T EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FISIKA %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17436/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum di sekolah dengan adanya kegiatan evaluasi kurikulum untuk mengetahui hambatan dan kendala yang dihadapi oleh sekolah agar dapat diperbaiki dan memperlancar pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model evaluasi context, input, proses, dan produk (cipp). Teknik pengumpulan data dengan triagulasi (gabungan). Hasil angket implementasi kurikulum 2013, di 3 (tiga) sekolah persentase dari sekolah 1 (satu) memiliki persentase 76.34%, pada sekolah 2 (dua) yaitu 98.84%, dan sekolah 3 (tiga) memiliki persentase yaitu 98.65%. Sehingga dapat diartikan sekolah 2 (dua) memiliki implementasi kurikulum 2013 yang sangat baik karena memiliki persentase tertinggi dan sekolah 1 (satu) memiliki persentase terendah yang berarti bahwa belum sepenuhnya menerapkan implementasi kurikulum 2013. Dari ke tiga sekolah didapatkan rata-rata persentase 91.27%. Hasil angket kegiatan pembelajaran, di 3 (tiga) sekolah persentase dari sekolah 1 (satu) memiliki persentase 62.82%, pada sekolah 2 yaitu 98.47%, dan sekolah 3 memiliki persentase yaitu 83%. Sehingga dapat diartikan sekolah 2 (dua) memiliki kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 karena memiliki persentase tertinggi dan sekolah 1 (satu) memiliki persentase terendah yang berarti bahwa belum sepenuhnya menerapkan kegiatan pembelajaran. Dari ke tiga sekolah didapatkan rata-rata persentase 81.43%. Dari hasil penelitian di 3 (tiga) sekolah di kabupaten bekasi didapatkan bahwa belum sepenuhnya kurikulum 2013 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dapat dilihat rendahnya persentase yang didapat dari 3 (tiga) sekolah.