eprintid: 17435 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/35 datestamp: 2023-07-10 08:31:39 lastmod: 2023-07-10 08:31:39 status_changed: 2023-07-10 08:31:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Afifah, Lutfiatul creators_name: Ermawaty, Imas Ratna creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN EPOCKET BOOK BERBASIS NILAI KARAKTER ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan kegiatan belajar siswa yang kurang aktif dan kurang memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika dalam bentuk aplikasi pada mata kuliah fisika matematika untuk materi fungsi Banyak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Pada tahap analisis Peneliti melakukan studi pustaka dan studi lapangan, yaitu dengan melakukan analisis kebutuhan. Pada tahap desain Peneliti melakukan pembuatan desain produk, dan pembuatan instrumen. Pada tahap pengembangan Peneliti meminta para ahli untuk menguji validasi produk yang sudah dibuat. Kemudian para tahap implementasi produk diujicobakan kepada responden, untuk mengetahui apakah produk layak atau tidak diimplementasikan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Tahap akhir yaitu evaluasi, produk dievaluasi agar produk dapat digunakan pada jangkauan yang lebih luas. Pada tahap uji coba lapangan, media diujikan dalam skala kecil dengan 25 responden. Data yang diperoleh melalui metode observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata ahli materi 78,34% (baik), ahli media 80,00% (baik), uji skala kecil 81,69% (baik), uji skala besar 81,73 % (baik), hasil nilai karakter 79,21% (sering). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. date: 2020-08-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Undang-undang. 2008. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Transmedia Pusaka Yuberti. 2015. Dinamika Teknologi Pendidikan. Lampung: Pusat Penelitian dan Pengembangan. Marhadini, SAK., dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Gerak Parabola untuk Siswa SMA: Unnes Physics Education Journal. Hamka, Defrizal dan Noverta Effendi., 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA. Riau: Jurnal.unimed.ac.id universitas samudra. Banggur, MDV, dkk. 2018. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. Jakarta: Journal.unj.ac.id. Rusman, dkk., 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: PT RajaGrafindo Persada. Zairiyati, HS. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: KENCANA. Susilana, Cepi dan Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. Fathurrohman, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern. Yogyakarta: Garudhawaca. Sumiharsono, Rady dan Hasanah, H. 2018. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi. Prasetya, Sukma Perdana. 2014. Media Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Ombak. Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. Khuluqo, Ihsana El. 2017. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ismayani, Ani. 2018. Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Thunkable. Jakarta: Alex Media Komputindo. Lefudin. 2014. Belajar&Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. 88 Darmawan, MF dan Afif KN. 2019. Pengembangan Mobile Learning Android pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Mendukung Pembelajaran Blended learning. Tapanuli: Jurnal Education and Development. Puri, Sekar Asrining. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Tailoring. Surabaya: jurnalmahasiswa.unesa.ac.id Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Aunillah, Nurla Isna. 2015. Membentuk Karakter Anak sejak Janin. Yogyakarta: FlashBooks. Yaumi, Muhammad. 2018. Pendidikan Karakter Landasar, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP. Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia. Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo. Darmawan, Deni. 2012. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ash-Shiddieqy, dkk. 2015. Pengembangan Mobile Pocket Book sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Professional CS 5.5 Pada Materi Gerak Lurus SMA Kelas X. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Laksita, SV., dkk. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dalam Bentuk Pocket Book pada Materi Alat Optik serta Suhu dan Kalor untuk Kelas X SMA. Suarakarta: Universitas Sebelas Maret. Arumy, CE., dan Rahayu. 2018. Pengembangan Pocket Book Materi Momentum dan Impuls untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Salyani, Resi., dkk. 2018. Pengembangan Buku Saku pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) di MAN Model Banda Aceh. Banda Aceh: Jurnal Unsyiah citation: Afifah, Lutfiatul dan Ermawaty, Imas Ratna (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN EPOCKET BOOK BERBASIS NILAI KARAKTER. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17435/1/Lutfiatul%20Afifah.pdf