%I Universitas Prof.Dr. Hamka %L repository17435 %X Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan kegiatan belajar siswa yang kurang aktif dan kurang memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika dalam bentuk aplikasi pada mata kuliah fisika matematika untuk materi fungsi Banyak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Pada tahap analisis Peneliti melakukan studi pustaka dan studi lapangan, yaitu dengan melakukan analisis kebutuhan. Pada tahap desain Peneliti melakukan pembuatan desain produk, dan pembuatan instrumen. Pada tahap pengembangan Peneliti meminta para ahli untuk menguji validasi produk yang sudah dibuat. Kemudian para tahap implementasi produk diujicobakan kepada responden, untuk mengetahui apakah produk layak atau tidak diimplementasikan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Tahap akhir yaitu evaluasi, produk dievaluasi agar produk dapat digunakan pada jangkauan yang lebih luas. Pada tahap uji coba lapangan, media diujikan dalam skala kecil dengan 25 responden. Data yang diperoleh melalui metode observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata ahli materi 78,34% (baik), ahli media 80,00% (baik), uji skala kecil 81,69% (baik), uji skala besar 81,73 % (baik), hasil nilai karakter 79,21% (sering). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. %A Lutfiatul Afifah %A Imas Ratna Ermawaty %D 2020 %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN EPOCKET BOOK BERBASIS NILAI KARAKTER