%X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru-guru di SMA Negeri dan Swasta yang memenuhi kriteria berpikir tingkat tinggi, serta penilaian atau evaluasi pembelelajaran yang dibuat guru-guru fisika yang mengarah pada unsur keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode survey. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran fisika di 4 SMA. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru-guru fisika SMA kelas XI sudah mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dan dapat dikatakan baik, dengan persentase sekolah A yaitu 81,6%, sekolah B yaitu 86,8%, sekolah C yaitu 82,8% dan sekolah D yaitu 84,6% dan penilaian atau evaluasi pembelajaran yang dibuat oleh guru-guru fisika SMA kelas XI belum sepenuhnya mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. %A Jaka Nur Isnanto %A Acep Kusdiwelirawan %L repository17433 %D 2020 %T ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) FISIKA SMA KELAS XI %I Universitas Prof.Dr. Hamka