eprintid: 17432 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/32 datestamp: 2023-07-10 08:31:31 lastmod: 2023-07-10 08:31:31 status_changed: 2023-07-10 08:31:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mawadah, Iktivaiyatul creators_name: Suminten, Nyai title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MIND MAP DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI ELASTISITAS ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menggunakan metode mind map berbasis android dengan pendekatan brain based learning pada pembelajaran fisika SMA. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan 4D (Define, Design, Develope, Disseminate). Tahapan penelitian diawali dengan pendefinisian yaitu data awal permasalahan yang didapat dari observasi dan analisis kebutuhan, kemudian merancang bahan ajar menggunakan metode mind map menjadi aplikasi android, mengembangkannya sesuai rancangan dilanjutkan dengan uji validasi oleh dosen ahli dan guru fisika terhadap media dan materi didalamnya untuk memperoleh revisi, setelah itu uji skala kecil dan besar kepada peserta didik. Uji skala kecil dilakukan di SMA Tanjung Priok dengan 5 responden, kemudian uji skala besar dilakukan di 2 sekolah yaitu SMA Muhammadiyah 1 Jakarta dan SMA Yapenda dengan 40 responden. Data hasil penelitian melalui validasi dosen ahli dan guru fisika dinyatakan pada materi dengan nilai 86,03% (sangat layak), pada media dengan nilai 75,02% (cukup layak). Selain itu bahan ajar berupa aplikasi android berbasis brain based learning dikatakan praktis berdasarkan respon dari peserta didik sebesar 76% (layak). Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis android dengan metode mind map pada materi elastisitas dikatakan baik dengan persentase 79%. date: 2020-09-05 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto, S. (2013). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); 2nd ed.). Bumi Aksara. Bates, T. (2019). HOW TO MIND MAP: 7 easy steps to master mind mapping techniques, note-taking, creative... thinking & brainstorming skills. S.l.: LULU COM. Buzman, T. (2012). The Ultimate Book Of Mind Map. Thorsons TM. databoks. (2016). Pengguna Smartphone di Indonesia 2016-2019. 8 Agustus. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/penggunasmartphone- di-indonesia-2016-2019 Enterprise, J. (2015). Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android. PT Elex Media Komputindo. Hasanuddin, C. (2017). Media Pembelajaran: Kajian Teoritis dan Kemanfaatan. Deepublish Media. Irfandi. (2015). Pengembangan Model Latihan Sepak Bola dan Bola Voli. Deepublish Media. Jensen, E., & McConchie, L. (2020). Brain Based Learning: Teaching the Way Students Really Learn (3rd, direvis ed.). Corwin Press,2020. Khafid, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Brain-Based 52 Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 4(2), 71–82. https://doi.org/10.33394/j-ps.v4i2.1150 Komputer, W. (2014). Mudah Membuat Game Android Berbasis Adobe Air. ANDI OFFSET. Kurniawan, A., & Masjudin. (2017). Pengembangan Buku Ajar Microteaching Berbasis Praktik untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru. Asosiasi Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia (APPPI), 9–16. Kustjandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalila Indonesia. Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish Media. Lukman, L., & Ishartiwi, I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Mind Map Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Smp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 109–122. https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2523 Miarso, Y. (2016). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. PRENADAMEDIA Group. Muttaqin. (2016). Membuat Bahan Ajar Inovatif. Muttaqin Id. https://www.muttaqin.id/2016/06/membuat-bahan-ajar-inovatif.html?m=1 Newman, J. (2014). Mind Mapping; A Complete Guide on How to Deal With Mind Mapping. Speedy Publishing Book. 53 Ngalim, P. (2013). Prinsip - prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosda Offset. Nurhasanah, P. A., Nuryani, P., & Fitriani, A. D. (2018). Bahan Ajar Berbasis Tahap Berpikir Van Hiele Untuk Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 44–53. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.20749 Palupi, T. Y. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Berbantu Software Cabri 3D Dengan Pendekatan Brain Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Aksioma, 7(2), 69. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1421 Priyasudiarja, Y., & Purwaningsih, Y. S. (2014). Pintar Bahasa Inggris Dengan Mind Map. Indonesia Tera. Purnama, R., Ratman, & Solfarina. (2015). Pengaruh Mind Mapping Melalui Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Di Kelas X MIA SMA Negeri 1 Marawola. Jurnal Akademika Kimia, 4(3), 149–154. Purwaningsih, N. W. A., Werdhiana, I. K., & Syamsu. (2015). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Otak Terhadap Pemahaman Konsep Kalor Siswa Kelas Vii Smp Negeri 20 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(2), 46. https://doi.org/10.22487/j25805924.2015.v3.i2.5114 Putri, Y. A. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MIND MAP PADA MATERI INVERTEBRATA UNTUK SMP KELAS VII. 1–8. 54 Riana, D. A., Istyadji, M., & Saadi, P. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BILINGUAL KIMIA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK BAHAN KIMIA RUMAH TANGGA DI SMP NEGERI 1 BANJARMASIN Dyah. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1), 1–30. Risdianto, E. (2019). ANALISIS PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0 Eko Risdianto , M . Cs. April, 0–16. Rulyansah, A., Hasanah, U., & Wardana, L. A. (2017). Model Pembelajaran Brain Based Learning Bermuatan Multiple Intelligences. LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy. Rusman. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran. Kencana PRENADA Media Grup. Sanjaya, W. (2015). Penelitian, Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Fajar Interpratama Mandiri. Satrianawati. (2017). Media dan Sumber Belajar. Deepublish Media. Satriawan, & Rosmiati, M. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6(1), 1212– 1217. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. 55 Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (P. Latifah (ed.)). PT. Remaja Rosdakarya. Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Menjadi Hibah Penelitian Pengembangan. Deepublish Media. Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran (I. Hanifah (ed.)). PT Elex Media Komputindo. Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI, I. & A. P. (2007). Ilmu &Aplikasi Pendidikan. In Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Grasindo. Wicaksono, B. A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Big Book Berbasis Budaya Lokal Sub Cerita “Sejarah Wirasaba” Pada Tingkat Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Widiasworo, E. (2017). Study Smart. PT. Elex Media Komputindo. Windura, S. (2016). Mind Map Langkah Demi Langkah. PT. Elex Media Komputindo. citation: Mawadah, Iktivaiyatul dan Suminten, Nyai (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MIND MAP DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI ELASTISITAS. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17432/1/Iktiva%20Iyatul%20Mawaddah.pdf