eprintid: 17430 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/30 datestamp: 2023-07-10 08:31:29 lastmod: 2023-07-10 08:31:29 status_changed: 2023-07-10 08:31:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Deliana, Hadianti creators_name: Sugianto, Sugianto creators_id: s.arjo@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-4346-510X title: PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM KOEFISIEN GAYA GESEK BERBASIS DIGITAL PADA MATERI HUKUM NEWTON ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan kegiatan praktikum yang sulit dan sedikitnya penggunaan alat praktikum berbasis digital. Selain itu, untuk pengembangan media pembelajaran fisika dalam bentuk sebuah produk yaitu alat praktikum berbasis digital pada materi hukum Newton dengan fokus bahasan Gaya Gesek di Bidang Miring. Metode penelitian yang di gunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research And Development) dan model pengembangan Borg & Gall. Pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal dilakukan kegiatan analisis masalah dan analisis kebutuhan berupa angket. Selanjutnya tahap perencanaan di awali dengan desain alat dan pengembangan format produk awal prototipe dirancang sebagai perwujudan ide dan gagasan yang telah didefinisikan. Pada tahap uji coba awal, media diujikan kepada ahli materi dan ahli media dan kemudian dievaluasi. Pada tahap uji coba lapangan, media diujikan dalam skala kecil dan skala besar, untuk skala kecil dengan 15 responden dan sekala besar 37 responden. Data yang diperoleh melalui metode observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata ahli materi 83,42% (baik), ahli media 93,71% (sangat baik), skala kecil 85,15% (baik) dan skala besar 85,11% (baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat praktikum koefisien gaya gesek berbasis digital ini layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. date: 2020-08-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ainin, M. (2013) ‘Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab’, Okara, 2, p. 96. Amirudin, D. et al. (2018) ‘Bidang Miring Dengan Menggunakan Video Tracker’, VII, pp. 91–97. Ardhia, L. et al. (2018) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Adobe After Effect Pada Materi Bencana Gempa’. Boimau, I., Irmawanto, R. and Taneo, M. F. (2019) ‘Rancang Bangun Alat Ukur Laju Bunyi Di Udara Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino’, Cyclotron, 2(2). doi: 10.30651/cl.v2i2.3253. Dewi, M. L., Budi, A. S. and Budi, E. (2015) ‘PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA BERBASIS DATA LOGGER UNTUK SMA SNF2015-II-169 SNF2015-II-170’, IV, pp. 169–172. Gorontalo, U. I. and Uno, A. (2017) ‘Sistem kontrol penerangan menggunakan arduino uno pada universitas ichsan gorontalo’, 9, pp. 282–289. Hanafi (2017) ‘Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan’, Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), pp. 129–150. Hartati, B. (2010) ‘Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma’, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), pp. 128–132. doi: 10.15294/jpfi.v6i2.1125. Humairo, S. et al. (2018) ‘Permukaan Bahan Pada Bidang Miring Menggunakan Aplikasi Analisis Video Tracker’, 25, pp. 132–138. Available at: http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/247. Irawati, E., Huda, C. and Kurniawan, W. (2019) ‘Pengembangan Alat Peraga 78 Perpindahan Kalor secara Konduksi , Konveksi , dan Radiasi dalam Satu Set Alat berbasis Digital’. Kause, M. C. (2019) ‘Rancang Bangun Alat Peraga Fisika Berbasis Arduino (Studi Kasus Gerak Jatuh Bebas)’, Cyclotron, 2(1). doi: 10.30651/cl.v2i1.2511. Kurniawan, W. and Handayani, diana endah. (2018) ‘PENGEMBANGAN ALAT PERAGA FISIKA PADA MATERI GAYA GESEK BERBASIS SENSOR ULTRASONIK’, Ilmu Fisika dan Pembelajaran (JIFP), 2(2), pp. 84–93. Muji (2014) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Membaca Model Pembelajaran Kontekstual’, Pancaran, 4, pp. 1–14. Rochaeni, S. and Desnita, R. (2015) ‘Pengembangan Alat Peraga Fisika Sma Materi Hukum Newton Dan Aplikasinya’, Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), IV, pp. 71–76. Siswa, P., Sma, D. I. and Bengkulu, K. (2011) ‘KORELASI PENGETAHUAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA DENGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA DI SMA NEGERI q KOTA BENGKULU’, IX(1), pp. 67–76. Wahyuni, H. S. and Rosana, D. (2019) ‘Physics Props Development based on Personal Desk Laboratory System to Improve Creative Thinking Ability and Students’ Scientific Attitude’, Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). doi: 10.1088/1742-6596/1233/1/012032. Waris, A. and Nurjannah, D. (no date) ‘Pengembangan Alat Praktikum Sederhana Konsep Listrik Magnet untuk Siswa SMP Daerah Terpencil’, 3(2), pp. 1–7. Widayanti, W. and Yuberti, Y. (2018) ‘Pengembangan Alat Praktikum Sederhana Sebagai Media Praktikum Mahasiswa’, JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 2(1), pp. 21–27. doi: 10.30599/jipfri.v2i1.161 citation: Deliana, Hadianti dan Sugianto, Sugianto (2020) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM KOEFISIEN GAYA GESEK BERBASIS DIGITAL PADA MATERI HUKUM NEWTON. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17430/1/Hadianti%20Deliana.pdf