eprintid: 17429 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/29 datestamp: 2023-07-10 08:31:27 lastmod: 2023-07-10 08:31:27 status_changed: 2023-07-10 08:31:27 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurhakiki, Euis creators_name: Hartini, Tri Isti title: PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART AND MATHEMATIC (STEAM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Project Based Learing (PjBL) dengan pendekatan Science Technology Engineering Art and Mathematic (STEAM) terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan jenis penelitian One-Grup Pretest-Posttes Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA SMA Negeri 2 Cibeber. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes keterampilan berpikir kreatif yang terdiri dari 5 soal uraian. Indikator yang diukur meliputi empat aspek yaitu berpikir terperinci (elaboration), berpikir luwes (flexibility), berpikir lancar (fluency), dan berpikir orisinil (originality). Hasil menunjukan rata-rata pretest siswa sebesar 45,70. Adapun rata-rata posttest memperoleh nilai 76,70. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung 3,927 > ttabel 2,435 yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Science Technology Engineering Art and Mathematic (STEAM) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dalam Pembelajaran Fisika. date: 2020-08-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdullah, A. (2018). Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 45–62. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45 Abdullah. (2017). Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia, 47. Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580 Adriantoni, S. N. (2016). Kurukulum dan Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Andita Putri Surya, S. C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Poject Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativiatas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar Vol.6 No. 1, 42. Amidi, & Zahid, M. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 586–594. Annisa, R., Hsb, M. H. E., & Damris, M. (2018). Peningkatan Kemampuan BerpikirKreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 42–46. Apriliana, M. R., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Rahmawati, Y. (2018). Pengembangan Soft Skills Peserta Didik melalui Integrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(2), 42–51. https://doi.org/10.21009/jrpk.082.05 Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERPENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225 Ardiyanto, G. (2012). Belajar Berpikir. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). ANALISIS PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF 100 SISWA SD MELALUI PROJECT BASED LEARNING oleh : Universitas Pendidikan Indonesia PENDAHULUAN Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis , se. EduHumaniora, 8(1), 82–95. Azhari, A., & Somakim, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 2 Banyuasin Iii. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.992.1-12 Dianti Yunia Sari, A. R. (2019). Meningkatkan Pemahaman Orang Tua dalam Menstimulisasi Perkembangan Anak dengan Pendekatan STEAM melalui Program Home Visit. Jurnal Tunas Siliwangi Vol. 5 No. 2, 93. Djaelani, M. (2010). Metode Penelitian bagi Pendidik. Jakarta: PT Multi Kreasi Satudelapan. Doni, S. B. (n.d.). Evaluasi Pendidikan. Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL E-DuMath, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.26638/je.460.2064 Giancoli, D. C. (2014). Fisika Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Hadinugrahaningsih, T. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science Technology Engineering Art and Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: LPPM Universitas Negeri Jakarta. I Ketut Neka, M. I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha program Srudi Pendidikan Dasar Vol. 5, 3. Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project - Based Learning terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3, 264–272. https://doi.org/2407-8530 Julia, Y. (2020). Penerapan Goolital-Ject Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII-A SPMN Unggul Sigli. Journal Sosial Humaniora Sigli, 145. Kornelia. (2017). Pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Unipma. Kristanti, Y., Subiki, S., & Handayani, R. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(2), 116319. Kristiani, K. D., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif. Prosiding SNPF 101 (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 21, 266–274. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1719 Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557 Kusdiwelirawan, D. A. (2017). Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya. Lefudin. (2017). Belajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653 Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166 Mentari Reza Apriliana, A. R. (2018). Pengembangan Soft Skills Peserta Didik melalui Integrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Riset Pendidkan Kimia Vol. 8 No. 2, 43. Mohamad, H. d. (2015). Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta : Bumi Aksara. Muhammad Kholilul Rahman, B. S. (2019). Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar menggunakan Model PjBL Berbasis STEAM pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Journal of Chemistry And Education Vol. 3 No. 1, 11. Mularsih, K. d. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Depok: RajaGrafindo Persada Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/142 NEKA, I., Marhaeni, M., & Suastra, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Ipa Kelas V Sd Gugus Viii Kecamatan Abang. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 5(1), 124383. Noer, S. H. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No.1, 104. 102 Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didaktikan Mathematics Vol. 1 No. 2, 42. Parwati, N. N. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada. Pratama, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Model Pjbl Dengan Pendekatan Stem Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. 1–159. Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika, 6(2), 145–157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613 Rahman, M. K., Suharto, B., & Iriani, R. (2019). MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PjBL BERBASIS STEAM PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT Improving Creative Thinking And Learning Results Using Steam-Based Pjbl Models In The Study Of Electrolyte And Non-Elect. Journal of Chemistry And Education, 3(1), 10–22. Rifka Annisa, M. H. (2018). Peningkatan kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Modal Project Based Learning Berbasis STEAM (Science Technology Engineering Art and Mathematic) pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi. Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry Vol. 10 No. 2, 43. Rizal Abdurrozak, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1 No. 1, 874. Rona Taula Sari, S. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan Vol. 30. No. 1, 80. Rusman. (2002). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset. Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Sabarguna, B. S. (2011). Softskill terkait Keterampilan Berpikir (untuk Memecahkan Masalah, Pengembalian Keputusan dan Menghasilkan Karya bagi Mahasiswa juga Propesional). Jakarta. Sabarguna, B. S. (2011). Softsklill terkait Keterampilan Berpikir (Untuk Pemecahan Masalah, Pengambilan Keputusan, dan Menghasilkan Karya bagi Mahasiswa juga Profesional). Jakarta. Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandug: Alfabeta. 103 Sari, D. Y., & Rahma, A. (2019). Dengan Pendekatan Steam. 5(2). Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548 Sari, W. P., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 751–757. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I6.11155 Sekar Dwi Ardianti, I. A. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Pendekatan Science Edutainment terhadap Kretifitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika Vol. 7 No. 2, 146. Sih Kusumaningrum, D. D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Vol. 2 No. 2, 242. Siska Chindy Dilla, W. H. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemapuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal of Medivies Vol. 2 No. 1, 130. Siswanto, J. (2018). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 133–137. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.3183 Siswono, T. Y. E. (2007). Konstruksi Teoritik Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika. Jurnal Pendidikan, Forum Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 2(4), 1–10. Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Perseda. Suardi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukmawijaya, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan . BioEdUIN Vol. 9 No. 9, 30. Suprapto, Zubaidah, S., & Corebima, A. D. (2018). Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 325–329. Susriyanti Mahanal, S. Z. (2017). Model pembelajaran Ricosre yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 5 , 677. 104 Tama, H. N. (2019). Pengaruh Project BAsed Leaarning (PjBL) terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berrpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik Vol. 7 No. 2, 85. Titu, M. A. (2015). PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUKMENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI KONSEPMASALAH EKONOMI. Prosiding Seminar Nasional, 176–186. Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388 Titu, M. A. (2105). Penerampan Model Pembelajaran Project BAsed Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kretivitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional UNY, 179. Wa Ode Lidya Arisanti, W. S. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keteramplan Berpikir Kreatif. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Vol.8 No. 1, 83. W. P. Sari dkk, d. (2018). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) pada Materi Fluida Statis. Juranl Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 3 Nomor: 6, 755. Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup. Young, H. D. (2002). Fisika Universitas. Jakarta : Erlangga citation: Nurhakiki, Euis dan Hartini, Tri Isti (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART AND MATHEMATIC (STEAM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17429/1/Euis%20Nurhakiki.pdf