%A Euis Nurhakiki %A Tri Isti Hartini %I Universitas Prof.Dr. Hamka %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Project Based Learing (PjBL) dengan pendekatan Science Technology Engineering Art and Mathematic (STEAM) terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan jenis penelitian One-Grup Pretest-Posttes Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas X IPA SMA Negeri 2 Cibeber. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes keterampilan berpikir kreatif yang terdiri dari 5 soal uraian. Indikator yang diukur meliputi empat aspek yaitu berpikir terperinci (elaboration), berpikir luwes (flexibility), berpikir lancar (fluency), dan berpikir orisinil (originality). Hasil menunjukan rata-rata pretest siswa sebesar 45,70. Adapun rata-rata posttest memperoleh nilai 76,70. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung 3,927 > ttabel 2,435 yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Science Technology Engineering Art and Mathematic (STEAM) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dalam Pembelajaran Fisika. %L repository17429 %D 2020 %T PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART AND MATHEMATIC (STEAM) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA