%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 102 Jakarta dan SMAN 89 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis diskriptif. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar terhadap pelajaran fisika. Subjek penelitian ini adalah 140 siswa kelas X MIPA yang diambil dari 2 SMAN di Cakung Timur yang menerapkan Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap kesiapan dalam belajar fisika dengan persentase 63,94%. Memperhatikan materi fisika dengan persentase 71,69%. Ketelitian dalam mengerjakan soal fisika dengan persentase 61,33%. Perasaan siswa pada saat mengikuti pelajaran fisika dengan persentase 59,27%. Keinginan mengikuti pelajaran fisika dengan persentase 66,32%, dan Penjelasan guru terhadap pelajaran fisika dengan persentase 68,37%. Sehingga disimpulkan bahwa minat belajar dipengaruhi oleh diri sendiri dan lingkungan sekolah. %I Universitas Prof.Dr. Hamka %A Dwi Fujiastuti %A Acep Kusdiwelirawan %A Sugianto Sugianto %T ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SMA KELAS X MIPA TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA %L repository17427 %D 2020