eprintid: 17425 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/25 datestamp: 2023-07-10 08:31:24 lastmod: 2023-07-10 08:31:24 status_changed: 2023-07-10 08:31:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitri, Annisa creators_name: Ramadhar, Yulia creators_id: yuliarahmadhar@uhamka.ac.id title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh.Pada uji validitas dengan menggunakan Kolerasi Product Moment, sebanyak 25 soal uraian dengan 21 soal valid dan 4 soal drop. Sedangkan uji realibilitas menggunakan rumus KR-21 memperoleh rhitung = 0,567 > rtabel 0,3961, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel.Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh L0 0,141 < Lt 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan dua varian atau uji fisher diperoleh pre-tes kelas kontrol dan eksperimen Fhitung < Ftabel (1,23 < 1,98), sedangkan post test kelas kontrol dan eksperimen Fhitung < Ftabel (1,07 < 1,98), maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen.Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh pre test kelas kontrol dan eksperimen thitung < ttabel(0,02 < 2,065) hipotesis nol (H0) diterima. sedangkan post test kelas kontrol dan eksperimen thitung > ttabel (4,62 >1,67) pada α = 0,05 hipotesis nol (Ha) diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada hasil belajar yang mengacu pada berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Jakarta. date: 2020-09-05 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: [1] A. Rahman, “Riksa Bahasa X Literasi dan Budaya Bangsa,” in PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) BERBASIS BERPIKIR KREATIF TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS PUISI, 2015, pp. 46–52. [2] R. A. Mukhlis, “Pengertian Model Pembelajaran secara Umum,” no. Pengertian Model Pembelajaran secara Umum, 2017. [3] S. P. Syamsiara Nur, “Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat,” vol. 2, no. 2, pp. 133–141, 2017, doi: 10.31219/osf.io/378f2. [4] B. Wulandari and H. D. Surjono, “Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 3, no. 2, pp. 178–191, 2013, doi: 10.21831/jpv.v3i2.1600. [5] I. Qodry, H. Nuroso, and S. Susilawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berkomunikasi Ilmiah pada Kelas X di SMA Negeri 1 Rembang,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 1, pp. 34–42, 2016, doi: 10.26877/jp2f.v7i1.1151. [6] Y. D. Haryanti, “Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendas, vol. 3, no. 2, 95 2017, doi: 10.31949/jcp.v3i2.596. [7] R. Abdurrozak and A. K. Jayadinata, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa,” Pengaruh Model Probl. Based Learn. Terhadap Kemamp. Berpikir Kreat. Siswa, vol. 1, no. 1, pp. 871–880, 2016, doi: 10.23819/pi.v1i1.3580. [8] F. A. Wiguna and S. Damayanti, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Sdn Ngadirejo Kota Kediri,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 3, no. 2, p. 175, 2018, doi: 10.29407/jpdn.v3i2.11787. [9] A. N. Sasmita, Bambang Hudiono, “Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran problem posing pada materi bangun datar,” Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 1–16, 2015. [10] O. D. Oktaningtyas and Wasis, “Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TUGAS Oky Dua Oktaningtyas , Wasis Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496 Oky Dua Oktaningtyas , Wasis,” J. Inov. Pendidik. Fis., vol. 07, no. 02, pp. 211–215, 2018. [11] E. F. Ningsih, “Implementasi Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis,” GAUSS J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, p. 25, May 2019, doi: 10.30656/gauss.v2i1.1441. [12] A. Sianturi, T. N. Sipayung, and F. M. A. Simorangkir, “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis 96 Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul,” UNION J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 29–42, 2018, doi: 10.30738/.v6i1.2082. [13] I. Sawitri, Suparmi, and N. S. Aminah, “Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Metakognitif,” Inkuiri, vol. 5, no. 2, pp. 79–86, 2016. [14] M. P. Lingkungan, “Penerapan problem based learning berpendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa materi perubahan lingkungan,” pp. 337–350. [15] D. NOVIAR and D. R. HASTUTI, “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan T.A. 2014 / 2015,” Bioedukasi J. Pendidik. Biol., vol. 8, no. 2, p. 42, 2015, doi: 10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3874. [16] E. Destianingsih and I. Ismet, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Tanjung Lubuk,” J. Inov. Dan Pembelajaran Fis., vol. 3, no. 1, pp. 15-21–21, 2016, doi: 10.36706/jipf.v3i1.3423. citation: Fitri, Annisa dan Ramadhar, Yulia (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17425/2/ANNISA%20FITRI.pdf