%D 2020 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA %I Universitas Prof.Dr. Hamka %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Jakarta pada semester 1 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh.Pada uji validitas dengan menggunakan Kolerasi Product Moment, sebanyak 25 soal uraian dengan 21 soal valid dan 4 soal drop. Sedangkan uji realibilitas menggunakan rumus KR-21 memperoleh rhitung = 0,567 > rtabel 0,3961, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel.Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh L0 0,141 < Lt 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan dua varian atau uji fisher diperoleh pre-tes kelas kontrol dan eksperimen Fhitung < Ftabel (1,23 < 1,98), sedangkan post test kelas kontrol dan eksperimen Fhitung < Ftabel (1,07 < 1,98), maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen.Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh pre test kelas kontrol dan eksperimen thitung < ttabel(0,02 < 2,065) hipotesis nol (H0) diterima. sedangkan post test kelas kontrol dan eksperimen thitung > ttabel (4,62 >1,67) pada α = 0,05 hipotesis nol (Ha) diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada hasil belajar yang mengacu pada berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Jakarta. %A Annisa Fitri %A Yulia Ramadhar %L repository17425