relation: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17424/ title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E creator: Pamungkas, Adjie creator: Kusdiwelirawan, Acep subject: QC Physics description: Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik dalam bentuk cetak kedalam lembar kerja berbasis teknologi terutama Android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi LKPD mobile dan lembar kerja model learning cycle 7E pada materi fluida statis dengan fokus pembahasan mengenai hukum Archimedes. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Borg & Gall. Penelitian dimulai pada tahap analisis dengan melakukan studi literatur dan studi lapangan. Pada tahap perancangan dilakukan perancangan struktural fitur aplikasi dan tampilan. Pada tahap pengembangan dilakukan pengembangan format produk awal sebagai perwujudan ide dan gagasan yang telah didefinisikan. Pada tahap uji coba awal, media diujikan kepada ahli materi dan media dan kemudian dievaluasi. Pada tahap uji lapangan dilakukan secara bertahap dimulai dari uji skala kecil, uji skala besar, dan uji revisi produk yang secara keseluruhan melibatkan 20 responden. Data yang diperoleh pada hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Nilai rata-rata ahli materi 85,56% (sangat baik), ahli media 79,23% (baik), uji skala kecil 82,10% (baik), uji skala besar 80,33% (baik) dan uji produk revisi 87,06% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika. date: 2020-11-07 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17424/1/Adjie%20Pamungkas.pdf identifier: Pamungkas, Adjie dan Kusdiwelirawan, Acep (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MODEL LEARNING CYCLE 7E. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka.