eprintid: 17422 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/22 datestamp: 2023-07-10 08:31:21 lastmod: 2023-07-10 08:31:21 status_changed: 2023-07-10 08:31:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Apriliyana, Welly creators_name: Rahmadhar, Yulia creators_name: Sugianto, Sugianto creators_id: yuliarahmadhar@uhamka.ac.id creators_id: s.arjo@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-4346-510X title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY BERBANTU WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran guide inquiry berbantu website terhadap hasil belajar Fisika pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Postest Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 35 peserta didik yang terdiri dari satu kelas eksperimen. Sebelum dilakukan penelitian, maka peneliti melakukan uji instrumen soal dengan terlebih dahulu melakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Dalam pengujian validitas menggunakan rumus Korelasi Poin Biseral, dengan menghasilkan 31 soal valid dan 9 soal drop dari 40 soal pilihan ganda. Sedangkan dalam pengujian reabilitas menggunakan rumus KR-20. Adapun sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dengan Galat Taksiran, sedangkan untuk uji homogenitas peneliti menggunakan uji Bartlett. Pada uji hipotesis digunakan uji-t, dengan rata-rata skor pretest dan postest diperoleh thitung = 20.70, sedangkan taraf signifikansi α = 0.05 menghasilkan ttabel = 1.69. Karena thitung = 20.70 > 1.69 = ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian H1 diterima dan Ho ditolak. Selain itu, pada taraf signifikansi α = 0.01 di peroleh thitung = 20.70 > 2.44 = ttabel, maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini berpengaruh sangat signifikan. Oleh karena itu, dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran guide inquiry berbantu website terhadap hasil belajar Fisika. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anam, K. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri metode dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka. Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. Aunurrahman. (2012). Belajar & Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Dr. A. Kusdiwelirawan. (2014). Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press Eka Juniyati, Rosdiana. (2018). The Influence of Guided Inquiry Learning Model to Student’s Learning Outcomes Based on Preknowlledge. Mataram: IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). Vol 8. No 2., hlm 59-61 Fitri Pratiwi, Khana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Penilaian Autentik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Semarang: Vol 3 No 1., hlm 2337-2348 Giancoli, D. C. (2001). Fisika [Alih Bahasa: Yuhilza Hanum] Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga. Hermansyah, H., Gunawan, G., & Harjono, A. (2018). The Effect of Using Virtual Laboratory in Guided Inquiry Learning on Cognitive Learning Outcomes of Physics. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 8(1), 15-20. Helianthusonfri, J. (2013). Praktis dan Mudah Mendesain Website. Elex Media Komputindo. Hermawan, Sandi. (2014). Mini Book Master Fisika SMA Kelas X, XI, & XII. Jakarta: PT. Wahyumedia Ibrahim, Nini. (2014). Perencanaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Jakarta: Mitra Abadi Ika, J., Sumarti, S. S., & Widodo, A. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Koloid. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 49-58. Ishaq, M. (2007). Fisika Dasar Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu. Kadir, A. (2003). Pemrograman Web Mencakup: HTML, CSS, JavaScript & PHP. Yogyakarta: Andi.Sutabri, Tata. 139 Kanginan, M. (2013). Fisika 2 untuk SMA/MA Kelas XI Berdasarkan Kurikulum 2013. Cimahi: Erlangga Kanginan, Marthen. (2017). Master Book Of Physics Jilid 1 Untuk SMA-MA/SMK-MAK. Bandung: Yrama Widya Kanginan, Marthen. (2016). Fisika I Untuk Sma Kelas X. Jakarta: Erlangga Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Nasution. (2013) Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara Ningsih, P., & Said, I. (2018). Application of Guided Inquiry Learning Model with Mind Map toward Students' Learning Outcomes in Chemistry Material: Reaction Rate. In First Indonesian Communication Forum of Teacher Training and Education Faculty Leaders International Conference on Education 2017 (ICE 2017). Atlantis Press. Nurhudayah. 2016. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Pembelajaran Fisika SMA di Jember. Jember: Jurnal Pembelajaran Fisika.Vol. 5 No. 1., hlm 82-88 Prasetia, Dwi, Murtiadi, Adi& Ratna, Ari. (2014). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu Raharjo, Budi. (2005). Modul Pemprograman Web. Jakarta: Salemba Empat Rahmawati, T., Utami, L., & Refelita, F. (2019). Perbandingan Model Problem Based Learning Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 21-32 Riduwan. 2013. Belajar mudah penelitian. Bandung: Alfabeta Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Rusman, Deni Kurniawan & Cepi Riyana. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Saefuddin, Asis & Berdiati, Ika. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sakdiah, Halimatus. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis Web dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Malang: Jurnal Pendidikan Humaniora. Vol. 3 No. 1., hlm 1-13 Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group Sears & Zemansky. (2002). Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 1. Jakarta: Erlangga 140 Siregar, Eveline & Nara, Hartini. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia Siswanto, dan Sukaryadi. (2008). Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: CV. Teguh Karya Sudarman.S. (2006). Buku Pintar Website Instan. Jakarta: Mediakita Suharyanto, Karyono & Palupi. (2009). Fisika untuk Kelas XII SMA dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Sudijono, Anas. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotorik, Jakarta: PT RajaGrafindo Persaja Suparmi &Wahyono. Fisika XII untuk SMA&MA. (2009). Jakarta: Pusat Perbukuan DepartemenPendidikan Nasional Sund, Robert B & Trowridge, Leslie W. (1976). Teaching Science by Inquiry in the Secondary School. Colorado: Colorado University Press Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Grup Sutirman. (2013). Media & Model – model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu Suwardi&Suharjo. (1986). Materi Pokok Fisika. Jakarta: Karunika Jakarta Universitas Terbuka Schwarz, C. V., & Gwekwerere, Y. N. (2007). Using a guided inquiry and modeling instructional framework (EIMA) to support preservice K‐8 science teaching. Science education, 91(1), 158-186. Wahyuni, R., Hikmawati, H., & Taufik, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 164-169. Wardani, Sri. (2016). The Effectiveness of the Guided Inquiry Learning Module towards Students’ Character and Concept Understanding. Semarang: International Journal of Science and Research (IJSR). Vol. 5 No. 6., hlm 1589-1594 Wasis D. Dwiyogo. 2016. Pembelajaran Visioner. Jakarta: PT Bumi Aksara Wilis Dahar, Ratna. 2006. Teori – teori Belajar & Pembelajaran. Bandung: Erlangga citation: Apriliyana, Welly dan Rahmadhar, Yulia dan Sugianto, Sugianto (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY BERBANTU WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA KELAS XI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17422/1/WELLY%20APRILIYANA.pdf