eprintid: 17421 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/21 datestamp: 2023-07-10 08:31:19 lastmod: 2023-07-10 08:31:19 status_changed: 2023-07-10 08:31:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari, Vrisca Mega Arum creators_name: Kusdiwelirawan, Acep creators_name: Suminten, Nyai creators_id: acep_galing@uhamka.ac.id title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (Mood Understand Recall Digest Expand Review) DAN STAD (Student Teams Achievement Divisions) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood Understand Recall Digest Expand Review) dan STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA ditinjau dari Self Regulated Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experimental Designs. Setelah data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dan uji t-Dunnet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat adanya interaksi antara model pembelajaran MURDER dan STAD pada Self Regulated Learning tingkat rendah (th = 19,27 > tt = 1,692) yang menyatakan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui kegiatan belajar berkelompok; (2) tidak terdapat adanya interaksi antara model pembelajaran MURDER dan STAD pada Self Regulated Learning tingkat tinggi (th = 0,2237 < tt = 1,692); dan (3) terdapat perbedaan antara hasil belajar yang diberikan model pembelajaran MURDER dengan STAD ditinjau dari Self Regulated Learning (th = 4,1782 > tt = 1,692). date: 2019-12-02 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afandi, Muhamad, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Badar, Trianto Ibnu dan Hadi Suseno. 2017. Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Depok: Kencana Chairani, Zahra. 2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: DeePublish Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Dimyati dan Mudjiono. 1944. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta Edwards, Stephen. 2007. 50 Plus One Ways to Improve Your Study Habits. Chicago: Encouragement Press Ermawati, Imas Ratna dan A. Kusdiwelirawan. 2016. Fisika Dasar 1 Berbasis Nilai. Jakarta: Uhamka Press Fadillah, Nurul, dkk. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif MURDER terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII. (Bali: ISSN 2252-9063 KARMAPATI Vol.2, Nomor 6, 2013) Ghufron, M. Nur, dkk. 2010. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Giancoli. 2001. Fisika Jilid 1 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga 197 198 H.S, Dale, dkk. 2012. Motivasi dalam Pendidikan. Jakarta: PT Indeks Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Grafindo Persada Hayes, John R.. 1981. The Complete Problem Solver. Philadelphia: The Franklin Institute Press Husamah. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press Isjoni. 2014. Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta Isran dan Hidayati. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap Prestasi Belajar Fisika. (Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON Vol. 3 No.1 Tahun 2016) Jaenudin, Ujam. 2015. Teori-teori Kepribadian. Bandung: CV Pustaka Setia Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group Jihad, Asep dan Suyanto. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga Jonassen, David H.. 1988. Instructional Designs for Microcomputer Courseware. New York: Routledge Kanginan, Marthen. 2013. Fisika untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga Khuluqo, Ihsana El. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar 199 Kurniati, Meylinda, dkk. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Martapura. Palembang Kusdiwelirawan, A. 2014. Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press L, Karunia Eka, dkk. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama Latipah, Eva. 2010. Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar : Kajian Meta Analisis, (Yogyakarta: Jurnal Psikologi Vol. 37. No. 1. Tahun 2010) Lefudin. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Mulyadi, Seto, dkk. 2018. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Teori-teori Baru dalam Psikologi. Depok: PT RajaGrafindo Persada Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Erlangga Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga Poertadji, Suhardjo dan Suwardi. 1982. Materi Pokok Fisika. Jakarta: Karunika, Universitas Terbuka 200 Pramukantoro, J.A, dkk. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Inti Teknik Elektronika Di SMK Negeri 1 Nganjuk. (Surabaya: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 3 No. 1, Tahun 2014) Prawira, Purwa Atmaja. 2012. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana S, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Saleh, Akh. Muwafik. 2012. Membangun Karakter dengan Hati Nurani: Pendidikan Karakter Untuk Generasi Bangsa. Jakarta: Erlangga Santyasa, I wayan. 2014. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu Setiyowati, Ely Agus, Dkk. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif MURDER untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Inti Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Nganjuk (Nganjuk: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Vol. 3. No. 1. Tahun 2014) Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 201 Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Sumantri, Moh.Syarif. 2016. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara Sutrisno, Valiant Lukad Perdana, dkk. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta. (Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 6, No.1, Tahun 2016) Thobroni, M.. 2015. Belajar & Pembelajaran : Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara 202 Uno, Hamzah B.. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada Widiasworo, Erwin. 2017. Study Smart. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Yamin, Moh. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran: Konsepsi, Strategi dan Praktik Belajar yang Membangun Karakter. Malang: Madani Wisma Kalimetro Yustisia, Tim Redaksi Pustaka. 2013. Perundangan tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013. Yogyakarta Yusuf, A Muri. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group Yusuf, A Muri. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group Zaim, M.. 2016. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kencana Zulhentati. 2018. Implementasi Model Pembelajaran The Power Of Two (Kekuatan Dua Kepala) Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Matematik. (Tembilahan Kota: Jurnal Indragiri, Vol. 1, No. 4, 2018) citation: Sari, Vrisca Mega Arum dan Kusdiwelirawan, Acep dan Suminten, Nyai (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (Mood Understand Recall Digest Expand Review) DAN STAD (Student Teams Achievement Divisions) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17421/2/Vrisca%20Mega%20Arum%20Sari.pdf