%I Universitas Prof.Dr. Hamka %L repository17421 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood Understand Recall Digest Expand Review) dan STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA ditinjau dari Self Regulated Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experimental Designs. Setelah data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dan uji t-Dunnet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat adanya interaksi antara model pembelajaran MURDER dan STAD pada Self Regulated Learning tingkat rendah (th = 19,27 > tt = 1,692) yang menyatakan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui kegiatan belajar berkelompok; (2) tidak terdapat adanya interaksi antara model pembelajaran MURDER dan STAD pada Self Regulated Learning tingkat tinggi (th = 0,2237 < tt = 1,692); dan (3) terdapat perbedaan antara hasil belajar yang diberikan model pembelajaran MURDER dengan STAD ditinjau dari Self Regulated Learning (th = 4,1782 > tt = 1,692). %A Vrisca Mega Arum Sari %A Acep Kusdiwelirawan %A Nyai Suminten %D 2019 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER (Mood Understand Recall Digest Expand Review) DAN STAD (Student Teams Achievement Divisions) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING