%0 Thesis %9 Bachelor %A Ulfiah, Ulvah %A Kusdiwelirawan, Acep %A Hidayat, Mirza Nur %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2019 %F repository:17420 %I Universitas Prof.Dr. Hamka %T PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17420/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan design penelitian path analysis menggunakan teknik pengambilan data random sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 56 Jakarta dengan jumlah responden 36 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan data yang berdistribusi normal dan homogen, data diuji hipotesisnya dengan hasil thitung untuk koefisien korelasi antara konsep diri dengan kemampuan berpikir kritis sebesar 2,95 dengan ttabel 2,042. Uji hipotesis untuk koefisien korelasi antara konsep diri dengan hasil belajar fisika diperoleh thitung 40,92 dengan ttabel 2,042. Hasil uji hipotesis untuk koefisien korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar fisika diperoleh thitung sebesar 3,15 dengan ttabel 2,042. Dari hasil pengujian hipotesis disimpulkan bahwa dalam penelitian ini dinyatakan adanya pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar fisika.