eprintid: 17418 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/18 datestamp: 2023-07-10 08:31:14 lastmod: 2023-07-10 08:31:14 status_changed: 2023-07-10 08:31:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurniawati, Tika creators_name: Ermawaty, Imas Ratna creators_name: Hidayat, Mirza Nur creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI FLUIDA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SMA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yang berbasis android pada materi Fluida. Metode penelitian pengembangan yang digunakan model pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini dilakukan pada SMAN 1 Jasinga, SMAN 1 Cigudeg, SMAN 1 Leuwiliang, masing-masing tiap sekolah dilakukan di 2 kelas XI IPA untuk uji skala besar, sedangkan untuk uji skala kecil atau terbatas dilakukan pada 20 orang pada masing-masing sekolah. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran dnegan Augmented Reality pada materi Fluida yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, berdasarkan hasil angket respon sisiwa menunjukkan persentase sebesar 87%, angket validasi guru sbeesar 86%, angket uji ahli materi sebesar 85%, dan angket ahli media sebesar 89,5%. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, ( Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013). Abdullah, Ridwan Sani.(2014)., Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: PT Bumi Aksara Adi Widarma dan Sri Rahayu,. “Perancangan Aplikasi Gaji Karyawan pada PT.PP London Sumatera Indonesia Tbk. Gunung Malayu Estate-Kabupaten Asahan”. Jurnal Teknologi Informasi, Vol. 1, No.2, Desember 2017 Ahmad Burhanudin., Skripsi: “Pengembangan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 PAKEM” (Yogyakarta: UNY. 2017) hal. Andi Juansyah, “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis ASSisted-Global Positioning System (A-GPS) dengan Platform Android”. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA). Vol.1, Agustus 2015 Arsi,.Fakhrizal .(2014).“Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Untuk Sma Kelas X Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis”, Prosiding seminar nasional fisika dan pendidikan fisika, 2014. Augmented Reality Berbasis Android pada materi fluida statis untuk siswa kelas X SMA IPA. Artikel FMIPA UNM.2014 Briyan, A., Skripsi. “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality untukk meningkatkan Hasil Belajar Siswa” (Semarang: UNNES, 2017). hal vi Dewi Hikmah Marisda, Pengembangan Modul Fisika Kesehatan Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi melalui Model Pembelajaran Langsung di SMK Kesehatan Djuandi. (2013). Permendikbud Tentang Kurikulum Tahun 2013. Diambil dari bsnp-indonesia.org Ega Rima Wati, Ragam Media Pembelajaran (Jakarta: Kata Pena, 2016), hal.2 Eri Zahara, Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Otak (Surabaya: CV Pustaka Media Guru,2018), hal.1 Faris Sifauttijani dan Tri Listyorini.“Pencarian Rumah Makan Berbasis Android”. Jurnal Simetris vol. 8 No.1 April 2017 Ferry Lenurra & Dian Pratiwi, “Penerapan teknologi Augmented Reality sebagai media promosi apartemen dengan metode markerless”, Seminar Nasional Cendekiawan, 2017, hal.77 Gani Hamdi dan Krisnawati. Membangun Aplikasi Berbasis Android Pembelajaran Psikotes Menggunakan App Inventor. Jurnal Dasi. Vol.12 No.4 Desember 2011 Harni Kusniyati dan Nicky Saputra Pangondian Sitanggang.“Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android”. Jurnal Teknik Informatika. Vol 9. No.1, April 2016 I, Mustaqim. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality”. Jurnal Edukasi Elektro, Vol.1. No.1, 2017 hal. 38 Indah Agustina Wynarti, “Pengembangan Permainan Charades Sebagai Media Pembelajaran materi Jenis-jenis Bisnis Ritel Kelas XI Pemasaran Di SMK Negeri 2 Buduran”. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol.6 N0.3, Tahun 2018. Isnawati,., Tesis: “Pengembangan Buku Ajar dan Augmented Reality (AR) pada konsep Sistem pencernaan di Sekolah Menengah Atas” (Makasar:Universitas Negeri Makassar. 201 Kadek Arya Wiratama, dan Duman Care Khrisne, Made Sudarma. “Augmented Reality Berbasis Android untuk Pengenalan Peralatan Laboratorium”. E-Journal SPEKTRUM. Vol.5, No. 1 Juni 2018. hal 90 Maswan dan Koirul Muslimin, Teknologi Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017), hal. 115 Murtiwiyati dan Glenn lauren. “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak sekolah Dasar Berbasis Android”. Jurnal Ilmiah komputasi, Vol 12 No 2, Desember 2013 Nurul Fitria Insani dan Entik Insanudin. Perancangan Aplikasi Mobile Pencarian Hotel Kota Bandung. ResearchGate. Desember 2016 Prita Haryani. “Augmented Reality (AR) sebagai teknologi interaktif dalam pengenalan benda cagar budaya kepada masyarakat.Jurnal Simetris vol 8 No.2, November 2017, hal. 808 Punaji Setyosari, metode penelitian pendidikan & pengembangan, Kencana, Jakarta, 2010, hlm.222 Putu wirayudi Aditama, dan I Nyoman W, Kade Ayu Ariningsih, “Augmented Reality dalam Multimedia Pembelajaran”. Prosiding Seminar Nasional Desan dan Arsitektur (SENADA). Vol.4, Februari 2019, hal 177 Resti Yektyastuti dan Jaslin Ikhsan. “Pengembangan media pembelaaran berbasis android pada materi kelarutan untuk meningkatkan performa Akademik Peserta Didik SMA”. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol.2. No.1 Riska, Septianita. dkk. “Pengembangan Media Buku Saku Fisika Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android pada materi fluida statis untuk siswa kelas X SMA IPA”. Artikel FMIPA UNM.2014 Syamsu Rizal dan Eko Retnadi. Pengembangan Aplikasi Pencarian Lokasi Objek Wisata terdekat di kabupaten Garut Berbasis Android., Jurnal Algoritma. Vol.10 No.1 Tahun 2013 Terpadu Mega Rezky Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar,Vol.4. No.3 Weksi Budiaji, “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert”. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan. Vol. 2, No.2, 2013. Hal 127-133 Yasin Efendi, dkk. “Penerapan Teknologi AR (Augmented Reality) pada pembelajaran energi angin kelas IV SD di rumah pintar Al-Barokah” Jurnal Sistem Informasi p-ISSN 1979-0767, 2016, hal. 30 citation: Kurniawati, Tika dan Ermawaty, Imas Ratna dan Hidayat, Mirza Nur (2019) MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI FLUIDA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SMA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17418/1/Tika%20Kurniawati.pdf