eprintid: 17417 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/17 datestamp: 2023-07-10 08:31:12 lastmod: 2023-07-10 08:31:12 status_changed: 2023-07-10 08:31:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amalia, Siti Nur creators_name: Kusdiwelirawan, Acep creators_name: Hartini, Tri Isti creators_id: acep_galing@uhamka.ac.id title: PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF MELALUI METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh keterampilan metakognitif melalui metode quantum learning terhadap hasil belajar fisika di SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Pandeglang pada siswa kelas XI semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Populasi penelitian ini berjumlah 34 orang siswa pada kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian pre experimental desaign dengan bentuk one-group pretestposttest desaign. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 10 soal HOTS dengan Open-Ended Test terdapat 5 soal valid dan 5 soal drop. Sedangkan pada uji reabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh r hitung = 0,444 > r tabel 0,339 maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefours Galat Taksiran diperoleh , maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett diperoleh χ2 h = 6,10 < χ2 t = 22,40; maka dapat disimpulkan bahwa data yang didapat berasal dari populasi yang homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 3,95 , maka H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh keterampilan metakognitif melalui metode quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI SMAN 2 Pandeglang. date: 2019-08-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akib, Hasniati. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran kooperatif dan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Jurnal pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makasar. Vol. 4 No. 1. 2016. Alam, Khairul dan Faisal Dongoran. 2017. “Penerapan Model Pembelejaran Two Stay Two Stray dengan menggunakan Media Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akutansi Siswa Kelas XI SMK Swasta PAB 8 Sampali Tahun Ajaran 2016/2017”. Jurnal EduTech. Vol. 3 No. 2. Amin, Ihdi, dkk. 2018. Model Pembelajara PME (Planning-Monitoring- Evaluating). Surabaya: CV Pustaka Media Guru. Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: DIVA Press. Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta. Ermawaty, Imas Ratna dan A,Kusdiwelirawan. 2016. “Fisika Dasar Berbasis Nilai”. Jakarta: UHAMKA PRESS. Fitriyani, Amalia. Skripsi. Efektivitas “Pendeketan Metakognitif dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMA”. (Yogyakarta:UNY,2017) Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Herfinayanti,dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa. Vol.5,No.1. hlm.65 Iskandar, Srini M. 2014 “Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas”, Vol. 2, No. 2. Janawi. 2013. “Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran”. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Janawi. 2013. Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. Kanginan, Marhen. 2013. “Fisika Untuk SMA/MA Kelas X”. Jakarta: Erlangga. Kusdiwelirawan. A. 2014. Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Kuswana, Wowo Sunaryo. 2013. “Taksonomi Berpikir”. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. Margaret, Gredler E. 2011. Learning and Instruction. Jakarta: Prenada Media Grup. Mohamad Syarif Sumantri. (2016) “Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar”, Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nurfadillah, Sefti., et.al. 2017. “Penerapan Strategi Pembelajaran Preview- Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan pada Siswa kelas VII SMPN 1 Tambelang”. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi. Nurfauziah Siregar. (2017)“Pendekatan Metakognitif Berbasis Masalah sebagai Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, Vol.2, No.2, Desember 176 Nurlita, Maya. 2015. Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Jurnal Pendidikan Matematika,hlm.40 Volume 10 – Nomor 1. Nurul Fajri et,al. (2016) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Vol. 1, No. 1. Parsaoran, Dede. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Gelombang Elektromagnetik di Kelas X Semester II SMA Kebangsaan Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan. Vol. 6, No. 1 Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, Pasal 2, Ayat 1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 22 Tahun 2016 Pendahuluan tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.103 Tahun 2014 Pasal 2 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Porter, Bobbi De. Mike Hernacki. 2007. Quantum Learning. Bandung: PT Mizan Pustaka. Ridwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta., hlm. 97 Ruslan, A.S, dkk. 2013. Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES Volume 4 Nomor 2 Bulan Desember. Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana. Salma, Dewi. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. Sani, Ridwan Abdullah, 2014. “Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013”. Jakarta: Bumi Aksara. Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara., Sari, Kartika. 2016. Penerapan Model Quantum Learning dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu dan Pengukuran di Kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro. Volume VII Nomor 2. Juli. Hlm.2 Seto Mulyadi, dkk. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RAJA GRAFINDO PERSADA. Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Suffahul Nardy Hidayat dan Bambang Sugiarto. 2017. Keterampilan Metakognitif Dan Self Efficacy Siswa Kelas XI SMAN 1 Kamal Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolisis Garam. Vol. 6, No. 2 pp. 287-291, May 2017 Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta., Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 177 Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Suwardi. 1986. “Materi Pokok Fisika”. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka. Suyanti, Putri. et,al. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Examples non examples pada Materi Tokoh-tokoh Sejarah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gunungsari”. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 2 No. 1. Suyono dan Hariyanto. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada. Thayeb, Thamrin. 2017. “Kemampuan Metakognisi Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII B Mts Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa”, Volume 5, Nomor 1, Juni Tipler. 1991. “Fisika Untuk Sains dan Teknik”. Jakarta: Erlangga. Uno, Hamzah B. 2014. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara Valiant Lukad Perdana Sutrisno, dkk, (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 6, No.1. Yamin, Moh. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran: Konsepsi, Strategi dan Praktik Belajar yang Membangun Karakter, Malang: Madani Wisma Kalimetro, 2015. Yani, Ahmad. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar PKN tentang Lembaga Pemerintahan Pusat Melalui Model Quantum Teaching pada Siswa Kelas IV SD Negeri Dahur Tahun Pelajaran 2016/2017. Langsat Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial. Vol. 4 No. 2. Yanuarti. Ary. A.Sobandi. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quatum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No. 1. Yulindar. Arvina, dkk. 2017. Penggunaan Instrumen Tes Fisika Berbasis Open Ended Question Sebagai Sarana Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika Vol.2 No.1 80-85 Februari 2017 Yusuf, Muri. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group citation: Amalia, Siti Nur dan Kusdiwelirawan, Acep dan Hartini, Tri Isti (2019) PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF MELALUI METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17417/1/SITI%20NUR%20AMALIA.pdf