%L repository17417 %I Universitas Prof.Dr. Hamka %A Siti Nur Amalia %A Acep Kusdiwelirawan %A Tri Isti Hartini %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh keterampilan metakognitif melalui metode quantum learning terhadap hasil belajar fisika di SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Pandeglang pada siswa kelas XI semester 2 tahun ajaran 2018-2019. Populasi penelitian ini berjumlah 34 orang siswa pada kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian pre experimental desaign dengan bentuk one-group pretestposttest desaign. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 10 soal HOTS dengan Open-Ended Test terdapat 5 soal valid dan 5 soal drop. Sedangkan pada uji reabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh r hitung = 0,444 > r tabel 0,339 maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefours Galat Taksiran diperoleh , maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett diperoleh χ2 h = 6,10 < χ2 t = 22,40; maka dapat disimpulkan bahwa data yang didapat berasal dari populasi yang homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 3,95 , maka H0 ditolak dan H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh keterampilan metakognitif melalui metode quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI SMAN 2 Pandeglang. %T PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNITIF MELALUI METODE QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA %D 2019