eprintid: 17415 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/15 datestamp: 2023-07-10 08:31:11 lastmod: 2023-07-10 08:31:11 status_changed: 2023-07-10 08:31:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amalia, Sarah creators_name: Kusdiwelirawan, Acep creators_name: Laksanawati, Wahyu Dian creators_id: acep_galing@uhamka.ac.id creators_id: dianlaksanawati@uhamka.ac.id title: PENGEMBANGAN TES VISUAL SPASIAL PADA MATERI GEOMETRY OF SOLIDS ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Tujuan dalam penelitian ini untuk menghasilkan instrumen tes visual spasial di tingkat perguruan tinggi pada mata kuliah fisika zat padat, materi geometry of solids. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) meggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Responden dalam uji validitas empirik tahap pertama pada penelitian ini sebanyak 35 mahasiswa yang dilaksanakan di Universitas Negerti Jakarta (UNJ) dan Insitut Sains Teknologi Nasional (ISTN). Sedangkan pada uji validitas empirik tahapan kedua jumlah responden sebanyak 32 mahasiswa yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Pada penelitian ini digunakan uji skala kecil pada proses pengujian tes yang telah melawati dua tahapan uji validitas empirik. Hasil yang didapatkan pada penelitian pengembangan instrumen tes ini menunjukan : (1) Terdapat 6 butir soal diperoleh masuk kedalam kategori valid yang (2) Hasil akhir uji realibilitas diperoleh koefisien realibilitas 1,044 (sangat tinggi); (2) Uji kelayakan oleh ahli pada aspek materi 81,03 % (sangat baik), aspek kontruksi 84,16 % (sangat baik) dan aspek bahasa 87,70 % (sangat baik); (3) Hasil respon terkait instrumen pada penilaian mahasiswa 84,6267 % (sangat baik). Maka, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes yang telah dikembangkan masuk kedalam kategori sangat baik dan layak dijadikan sebagai penilaian evaluasi kemampuan visual spasil mahasiswa atau kemampuan berpikir secara 3 dimensi. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdul Majid. (2017). Penilaian Autentik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset Ali Hamzah. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers Ardhi Prabowo. (2015). Rancang Bangun Instrumen Tes Kemampuan Keruangan Pengembangan Tes Kemampuan Keruangan Hubert Maier dan Identifikasi Penskoran Berdasar Teori Van Hielle. Jurnal Kreano, Vol. 2, No.2, hlm. 72 Asrul, dkk. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media Claire Gordon, Lynn Huggins. (2014). Meningkatkan 9 Kecerdasan Anak. Jakarta : PT Bhuana Ilmu Populer Edi istiyono. (2013). Penlian Pembelajatan Yang Menerapkan Lesson Study Pada Fisika Zat Padat Lanjut. Jurusan Pendidikan Matematika Dan Sain V 1, No. 2. Elis Nur Fadilah. (2014). Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Smp Dalam Memahami Bangun Ruang Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, Vol. 2, No. 2 Eveline Siregar & Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia Hera Novia, Dadi Rusdiana, Ida Kaniawati.(2013). Analisis Kesulitan Konsep Struktur Kristal Pada Perkuliah Fisika Zat Padat Ag Calon Guru Fisika. Jurnal Fakultas Sains dan Matematika, Vol. 4, No.1 Illah Sailah, Tresna Dermaan Kunaefi, Hendrawan Soetanto. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Mengacu Kkni & Sn Dikti Jannatin, dkk. (2019). Pengembangan Modul Ajar Pada Mata Kuliah Pendahuluan Fisika Zat Padat Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Struktur Kristal 94 Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol 5. Julia Jasmine. (2016). Metode Mengajar Multiple Intelligences. Bandung : Nuansa K. Wiyono, Et al, “Model Multimedia Interaktif Berbasis Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pendahuluan Fisika Zat Padat K. Wiyono, Liliasari2 , A. Setiawan2 , C.T. Paulus2, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8. Kadek Ayu Astiti. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Jogjakarta : CV. ANDI OFFSET Ketut Satria, I Made Candiasa, Gede Rasben Dantes,(2014). Pengaruh Implementasi Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar Dengan Mengendalikan Kreativitas Dan Kemampuan Spasial Siswa Multimedia. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Volume 4 Khabib Sholeh, (2016). Kecerdasan Majemuk, Yogyakarta : Pustaka Pelajar Kusdiwelirawan, A. 2014. Statistika Pendidikan. Jakarta: UHAMKA PRESS Lusi Rizki Aulia, Ismet, Dan Zulherman. (2015). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Multirepresentasi Pada Mata Kuliah Pendahuluan Fisika Zat Padat. Pendidikan Fisika Fkip Unsri, Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, Issn: 2355 – 7109. M. Hariwijaya. (2005). Tes Inteligensi: Cara Akurat Mengukur Kecerdasan Intelektual Anda. Yogyakarta : C. V. Andi Offset Maman Achdiyat .(2017). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, Dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 7(3), ISSN : 2088-351X. 95 May Lwin, et al. (2018). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta : PT. Indeks Mohammad Ali. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan Jakarta : Perpustakaan Nasional Muhammad Amil Busthon, Hartatiek, Winarto. (2014). Pengembangan Simulasi Model Tiga Dimensi Struktur Dan Simetri Kristal Menggunakan Sketchup Untuk Menunjang Perkuliahan Fisika Zat Padat. UNM Muhammad Wahyu Setiyadi. (2018). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi, NUANSA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Edisi 6 No. 2 Munif Chatib & Alamsyah Said. (2012). Sekolah Anak – Anak Juara Berbasis Kecerdasan Jamak dan Pendidikan Berkeadilan. Bandung : PT Mizan Pustaka Nunuk Suryani, dkk.(2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Prof. Drs. Anas Sudijono. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Sudjono, Anas.(2016). Pengantar Statistik Pendidikan.. Bandung : Rajawali Pers Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung : Alfabeta Sugiyono. (20017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekata Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta 96 Sumaryanta. (2015). Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume 2 Nomor 3 ISSN 2407-7925 Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Tatik Sutari dan Edi Irawan, (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Jogjakarta: Deepublish Thomas Armstrong, (2013). Kecerdasan Multipel Di Dalam Kelas. Jakarta : PT Indeks Thomas R. Hoerr, et al.. (2010). Celebrating Multiple Intelligences. United States of America : PB Printing Tim Redaksi Pustaka Yustisia. (2013). Perundangaan Tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013, Yogjakarta:Pustaka Yustista Wasilatul Murtafi’ah & Titin Masfingatin. (2015). Proses Berpikir Mahasiswa Dengan Kemampuan Spatial Intellegent Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Kadikma, Vol. 6, No. 1 Zainal. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya citation: Amalia, Sarah dan Kusdiwelirawan, Acep dan Laksanawati, Wahyu Dian (2019) PENGEMBANGAN TES VISUAL SPASIAL PADA MATERI GEOMETRY OF SOLIDS. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17415/1/sarah%20amalia.pdf