eprintid: 17413 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/13 datestamp: 2023-07-10 08:31:10 lastmod: 2023-07-10 08:31:10 status_changed: 2023-07-10 08:31:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suhannah, Nurul creators_name: Ferawati, Ferawati creators_name: Ramadhar, Yulia creators_id: yuliarahmadhar@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA DALAM PELAJARAN FISIKA SMA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dalam pelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 41 Jakarta pada kelas XI IPA Semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan Bab Fluida Statis. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Dan dalam teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik Purpossive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 38 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen. Sebelum data digunakan pada kelas Eksperimen, data diuji coba di SMA Negeri 64 Jakarta. Setelah itu data digunakan pada kelas Eksperimen dan data yang didapatkan dianalisis terlebih dahulu dengan uji prasyarat analisis melalui uji normalitas menggunakan Uji Lilliefors Galat Taksiran sehingga didapatkan nilai Lhitung = 0,120 < Ltabel = 0,144, maka kelas eksperimen dinyatakan berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas menggunakan Uji Bartlett didapatkan nilai x2 hitung = 3,30 < x2 tabel = 28,9, maka kelas eksperimen dinyatakan homogen. Dan dalam pengujian hipotesis menggunakan Uji-t didapatkan nilai thitung = 3,052 > ttabel = 1,697. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dalam pelajaran fisika. date: 2018-09-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amir, M Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta : Prenada Media Group. Anggereni, Santih. 2014. Mengembangkan Asesmen Kinerja melalui Pembelajaran Berbasis Laboratorium. Makassar : Alauddin University Press. Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara. Cahyo, Agus. N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press. Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Eveline Siregar dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia. Ganijanti, Aby Sarojo. 1980. Mekanika. Jakarta: Fisika FIPIA UI. 106 Herbert, Druxes. 1986. Kompedium Didaktik Fisika terjemahan Soeparmo. Bandung: Remaja Karya. Kamajaya, Suardhana Linggih. 1986. Penuntun Belajar Fisika Jilid I. Bandung: Ganeca Exact Bandung. Kasmad, Mamad dan Suko Pratomo. 2012. Model-Model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Tangerang: Pustaka Mandiri. Kusdiwelirawan, Acep. 2014. Statistik Pendidikan: Jakarta, Uhamka Press. Mamad Kasmad dan Suko Pratomo. 2012. Model-Model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Tangerang : Pustaka Mandiri. Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosda. Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Nur, Mohammad. 2011. Model Keterampilan-Keterampilan Proses Sains. Surabaya : PSMS UNS. Paud, Ihsan H. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta. Pedoman Penyusunan Skripsi. 2012. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi 2. Jakarta: Rajawali Pers. 107 Samatowa. 2006. Strategi Pembelajaran : Teori & Aplikasi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Siregar, Eveline dan Nara, Hartini. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta. Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sudjana. 2005. Metode Statistik . Bandung: Tarsito. Sudjiono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta. Sukardi. 2008. Evalusi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya. Sulistyo. 2007. Intisari Fisika untuk SMA. Bandung : Pustaka Setia. 108 Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suyatno dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta : Erlangga. Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung : Remaja Rosdakarya. Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara. Ward, Hellen. 2010. Pengajaran Sains Berdasarkan Cara Kerja Otak. Jakarta : Indeks. Yamin, Martin. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta : Grasindo. Zulfiani. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitan UIN Jakarta. Zusnani, Ida. 2013. Pendidikan Kepribadian Siswa SD-SMP: Panduan untuk Orangtua dan Guru. Jakarta: Tugu Publisher citation: Suhannah, Nurul dan Ferawati, Ferawati dan Ramadhar, Yulia (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA DALAM PELAJARAN FISIKA SMA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17413/1/NURUL%20SUHANNAH.pdf