TY - THES TI - PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA DALAM PELAJARAN FISIKA SMA ID - repository17413 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17413/ PB - Universitas Prof.Dr. Hamka A1 - Suhannah, Nurul A1 - Ferawati, Ferawati A1 - Ramadhar, Yulia AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dalam pelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 41 Jakarta pada kelas XI IPA Semester genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan Bab Fluida Statis. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Dan dalam teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik Purpossive Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 38 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen. Sebelum data digunakan pada kelas Eksperimen, data diuji coba di SMA Negeri 64 Jakarta. Setelah itu data digunakan pada kelas Eksperimen dan data yang didapatkan dianalisis terlebih dahulu dengan uji prasyarat analisis melalui uji normalitas menggunakan Uji Lilliefors Galat Taksiran sehingga didapatkan nilai Lhitung = 0,120 < Ltabel = 0,144, maka kelas eksperimen dinyatakan berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas menggunakan Uji Bartlett didapatkan nilai x2 hitung = 3,30 < x2 tabel = 28,9, maka kelas eksperimen dinyatakan homogen. Dan dalam pengujian hipotesis menggunakan Uji-t didapatkan nilai thitung = 3,052 > ttabel = 1,697. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dalam pelajaran fisika. M1 - bachelor Y1 - 2018/09/30/ ER -