eprintid: 17410 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/10 datestamp: 2023-07-10 08:31:02 lastmod: 2023-07-10 08:31:02 status_changed: 2023-07-10 08:31:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Atsiah, Nenden Shalhah Nasiatul creators_name: Ratna, Imas creators_name: Laksanawati, Wahyu Dian creators_id: dianlaksanawati@uhamka.ac.id title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK POCKET BOOK FISIKA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan. Mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk pocket Book fisika berbasis nilai dalam materi usaha dan energi , dan mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa Pocket Book Fisika berbasis Nilai pada materi Energi dan Usaha untuk kelas X SMA. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada langkah model pengembangan ADDIE. Pocket Book yang dikembangan yaitu pada materi usaha dan energi. Uji coba validasi kelayakan ini dilakukan secara dua tahap tahap pertama dilakukan di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta SMA Muhammadiyah 23 Jakarta, dan SMAN 51 Jakarta dengan jumlah responden 45 siswa, dan tahap kedua dilakukan SMA Muhammadiyah 4 Jakarta SMA Muhammadiyah 23 Jakarta, dan SMAN 51 Jakarta dengan jumlah responden 254 siswa kelas X. Hasil penilaian tahap pertama yaitu uji validasi ahli media 82.6% ( sangat baik ), uji validasi ahli materi 70.7% ( baik ), uji validasi oleh guru Pendidikan Agama Islam 81.3 % ( Sangat baik ), uji kelayakan media kelompok kecil 80.42% ( baik ). Hasil penilaian tahap kedua yaitu uji kelayakan ahli media 87.8% ( Sangat Baik ), uji validasi ahli materi 73.5% ( baik ), uji validasi oleh Guru Pendidikan Agama Islam 84% ( sangat baik ), dan uji kelayakan media kelompok besar 84% ( sangat baik ). Maka, dengan demikian interpretasi media pembelajran yang telah dikembangkan yaitu kategori sangat baik dan layak dijadikan sebagai media pembelajaran dalam bentuk Pocket Book fisika berbasis Nilai date: 2019-10-18 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alifudin Khumaidi, Imam Sucahyo, 2018 “Pengembangan mobile Pocket Book Fisika sebagai media pembelajaran berbasis android pada materi momentum dan impuls”. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 07, No. 02, hlm 155 Arda, Sahrul Saehana, “ Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk SMP kelas VII”, e-Jurnal Mitra Sains, Vol. 3 No. 1, 2015, hlm 69 Ardian Asyhari, dan Helda Silvia, 2016, Pengembangan media pembelajaran berupa bulletin dalam bentuk buku saku pembelajaran IPA terpadu, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi Vol. 05, No.1, hlm 1 Dea Armella, Iwit Prihatin, 2019, “Pengembangan media pocket book berbasis dicscovery learning terhadap kemampuan pemahaman matematis”. Jurnal SAP Vol. 3, No. 3, hlm 180 Hasan Sastra Negara, 2014 “ Penggunaan komik sebagai media pembelajaran terhadap upaya meningkatkan minat matematika sisa sekolah Dasar ( SD/MI )”. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Dasar. Vol. 1, No, 2, hlm 253 Inung Diah Kurniawatidan Sekreningsih Nita, 2018, Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Vol.1, No. 2, hlm 6 La ode Gausal, 2015 Nilai – Nilai Pendidikan dalam cerita rakyat Sulawesi Tenggara karya La ode Sidu Jurnal Humanika No. 15, Vol. 3 Luhur Wicaksono, 2016 “Bahasa Dalam Komunikasi Pembelajaran” Jurnal Pembelajaran Prospektif , Vol. 1 No.2, hlm 10 Lefudin, 2017 Belajar dan Pembelajaran , Yogyakarta : Deepublish, hlm 13 Mashuri, Sufri, 2019, Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta :Deepublish, hlm 5 94 M. Ramli, “ Media pembelajaran dalam perspektif Al-Qur’an dan Al- Hadits”, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Vol. 13 No.23, hlm 133-134 Mukarramah Mustari , dan Yunita Sari, 2017 ” Pengembangan Media Gambar berupa buku saku fisika SMP pokok bahasan suhu dan kalor “.Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, Vol. 06, No. 1, hlm 115 Murtono dan Evi Miskiyah, 2014 Pengembangan Instrumen Evaluasi dengan Teknik simulasi sebagai asesmen alternative dalam pembelajaran fisika materi mekanika fluida kelas XI Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika Vol.1 No.1, hlm 1 Neolaka,Amos, 2017 Landasan Pendidikan dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup, Depok : Kencana, hlm 2 – 3 Nizwardi Jalinus, dan Ambiyar, 2016 Media dan sumber pembelajaran Jakarta : Kencana, hlm 3 Pribadi, A, Benny, 2014, Desain dan Pengembangan Program pelatihan berbasis Kompetensi implementasi model ADDIE . Jakarta : Prenada media Group, hlm 22 Resi Salyani, Azhar Amsal, 2018 ”Pengembangan Buku Saku Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) di MAN Model Banda Aceh “ Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, Vol. 2 No .1, hlm 8 Samhi muawan djamal,2017, Penerapan Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Kehidupan Masyarakat Di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba Jurnal Adabiyah Vol. 17, No. 2,hlm 168 Septiana Vicky Laksita, Supurwoko, 2016, Pengembangan media pembelajaran fisika dalam bentuk pocket book pada materi optic serta suhu dan kalor untuk kelas X SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) Volume 3 Nomor 1 Triana Wulandari, Trapsilo Prihandono, 2016, “Pengembangan Pocket Book sahabat IPA pada materi Indra Pendengaran dan Sistem Sonar di SMP”. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol, 5 No. 3, hlm 278 95 Tri Sukitman, 2016, Internalisasi Pendidikan nilai dalam pembelajaran ( upaya menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkarakter Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2, No. 2 hlm 86 citation: Atsiah, Nenden Shalhah Nasiatul dan Ratna, Imas dan Laksanawati, Wahyu Dian (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK POCKET BOOK FISIKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17410/1/Nenden%20Shalhah%20Nasiatul%20Atsiah.pdf