%0 Thesis %9 Bachelor %A Atsiah, Nenden Shalhah Nasiatul %A Ratna, Imas %A Laksanawati, Wahyu Dian %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2019 %F repository:17410 %I Universitas Prof.Dr. Hamka %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM BENTUK POCKET BOOK FISIKA %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17410/ %X Penelitian ini bertujuan. Mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk pocket Book fisika berbasis nilai dalam materi usaha dan energi , dan mengetahui respon peserta didik terhadap kelayakan media pembelajaran berupa Pocket Book Fisika berbasis Nilai pada materi Energi dan Usaha untuk kelas X SMA. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada langkah model pengembangan ADDIE. Pocket Book yang dikembangan yaitu pada materi usaha dan energi. Uji coba validasi kelayakan ini dilakukan secara dua tahap tahap pertama dilakukan di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta SMA Muhammadiyah 23 Jakarta, dan SMAN 51 Jakarta dengan jumlah responden 45 siswa, dan tahap kedua dilakukan SMA Muhammadiyah 4 Jakarta SMA Muhammadiyah 23 Jakarta, dan SMAN 51 Jakarta dengan jumlah responden 254 siswa kelas X. Hasil penilaian tahap pertama yaitu uji validasi ahli media 82.6% ( sangat baik ), uji validasi ahli materi 70.7% ( baik ), uji validasi oleh guru Pendidikan Agama Islam 81.3 % ( Sangat baik ), uji kelayakan media kelompok kecil 80.42% ( baik ). Hasil penilaian tahap kedua yaitu uji kelayakan ahli media 87.8% ( Sangat Baik ), uji validasi ahli materi 73.5% ( baik ), uji validasi oleh Guru Pendidikan Agama Islam 84% ( sangat baik ), dan uji kelayakan media kelompok besar 84% ( sangat baik ). Maka, dengan demikian interpretasi media pembelajran yang telah dikembangkan yaitu kategori sangat baik dan layak dijadikan sebagai media pembelajaran dalam bentuk Pocket Book fisika berbasis Nilai