eprintid: 17408 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/08 datestamp: 2023-07-10 08:31:00 lastmod: 2023-07-10 08:31:00 status_changed: 2023-07-10 08:31:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Susilowati, Mami creators_name: Roza, Liszulfah creators_name: Rahmadhar, Yulia creators_id: yuliarahmadhar@uhamka.ac.id title: ANALISIS KEMAMPUAN INDIVIDU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH (COPING) PADA PELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan peserta didik dalam penggunaan strategi coping pada pelajaran fiska terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan data yang diperoleh berasal dari dua sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil belajar dan hasil sebaran angket strategi coping, sedangkan untuk data sekunder didapat dari hasil wawancara maupun observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa umumnya setiap individu dapat menggunakan kedua jenis strategi coping dalam menyelesaikan masalahnya, namun hal itu tergantung dengan keadaan dan kemampuan individu itu sendiri serta gender. Jika pada umumnya laki-laki dikenal cenderung menggunakan coping yang berfokus pada masalah, namun pada kenyataannya dalam pembelajaran fisika 16 dari keseluruhan peserta didik laki-laki 15 diantaranya cenderung menggunakan coping yang berfokus pada emosi. Berkaitan dengan pembelajaran fisika, dari 72 peserta didik 63 peserta didik diantaranya menggunakan coping yang berpusat pada emosi, sisanya 9 peserta didik menggunakan coping yang berfokus pada masalah. Kecenderungan coping juga tidak memberikan pengaruh yang begitu besar terhadap hasil belajar peserta didik. Jadi coping hanya memberikan analisis mengenai cara peserta didik dalam menghadapi masalah pelajaran fisika guna merasa aman pada keadaan psikisnya date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amy Noerul Azmy, A. J. (2017). Deskripsi Gejala Stres Akademik dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat. Jurnal ISSN , 197-208. Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Asep J, Abdul H. 2012.Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Dimyati. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dixie Rinanti Nugita, I. S. (2013). Hubungan Antara Trait Kepribadian dan Strategi Coping pada Penerbangan Sipil. Jurnal Psikologi . Ekawarna. (2018). Manajemen Konflik dan Stres. Jakarta: Bumi Aksara. Eko Putro Widoyoko.2014.Penilaian Hasil Pembelajaran Disekolah.Pustaka Pelajar: Yogyakarta Fara Sofa Intani, E. R., & Surjaningrum. (2010). Coping Strategy pada Mahasiswa Salah Jurusan. Jurnal INSAN , 124-125. Galih Prasetio Ekin Basuki Utomo, O. S. (2018). Hubungan Coping Mechanism dengan Hasil Ujian Akhir Blok Basic Science 1 pada Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Agromedicine , 348-388. Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Husamah, Y. P. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press. Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektiv Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori dan Sumberdayanya. Jurnal Konseling Muliawan, J. U. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus. Yogyakarta: Gava Media. BIBLIOGRAPHY \l 1033 M.Thobroni. (2015). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Rahmi Lubis, d. (2015). Coping Stress pada Mahasiswa yang Bekerja. Jurnal Psikologi . Richard Lazarus, S. F. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. New York: Springer Publishing Company. 86 Risma Frianti, E. Y. (2015). Hubungan Antara Kematangan Beragama dengan Strategi Coping pada Santriwati di Pondok Tahfidz Putri Al-Athifiyyah Palembang. Jurnal Psikologi Islami. Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana. Sri Suwarsi, A. H. (2017). Hubungan Antara Optimisme dan Problem Focused Coping pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal ISSn , 35-44. Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabelta. Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Suyanto. (2017). Hebatnya Metode Sortir Kartu dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Semarang: Pustaka Media Guru. Talithan Shabrina, A. M. (2018). Strategi Coping Klien Muslimah yang Menjalani Rehabilitasi Narkoba. Jurnal Psikologi Islami citation: Susilowati, Mami dan Roza, Liszulfah dan Rahmadhar, Yulia (2019) ANALISIS KEMAMPUAN INDIVIDU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH (COPING) PADA PELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17408/1/Mami%20Susilowati.pdf