eprintid: 17407 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/07 datestamp: 2023-07-10 08:30:59 lastmod: 2023-07-10 08:30:59 status_changed: 2023-07-10 08:30:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fakhriyyah, Kamilia creators_name: Roza, Liszulfah creators_name: Rahmadhar, Yulia creators_id: yuliarahmadhar@uhamka.ac.id title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA PENDEK TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PADA KELAS LINTAS MINAT ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis cerita pendek terhadap minat belajar fisika pada kelas lintas minat. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Kota Sukabumi pada peserta didik kelas X IPS 4, X IPS 5, dan X IPS 6 tahun ajaran 2019-2020. Responden pada penelitian ini meliputi ahli materi yang berjumlah 2 orang yang merupakan dosen pendidikan fisika UHAMKA, ahli media yang berjumlah 2 orang yang merupakan dosen pendidikan fisika UHAMKA, serta ahli bahasa dan sastra yang berjumlah 2 orang yang merupakan dosen pendidikan bahasa dan sastra Indonesia UHAMKA dan guru bahasa Indonesia di SMAN 1 Cibitung. Ujicoba kelompok kecil dilakukan pada kelas X IPS 4 dengan jumlah peserta didik 15 orang, ujicoba kelompok besar dilakukan pada kelas X IPS 6 dengan jumlah peserta didik 35 orang, dan pengumpulan data minat belajar fisika dilakukan pada kelas X IPS 5 dengan jumlah peserta didik 34 orang. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan atau reaserch and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data diperoleh menggunakan angket skala likert. Data yang diperoleh ialah data kuantitatif berupa jumlah persentase kelayakan media dan data kualitatif berupa komentar dan saran perbaikan yang diberikan oleh responden. date: 2019-10-18 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: [1] B. Pramono and R. W. Ansori, “Fenomena Hibridasi Sains Dalam Karya Sastra,” Paramasastra, vol. 3, no. 2, 2016. [2] M. E. Prof. Dr. H. Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. 2010. [3] Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Bandung: Alfabeta, 2016. [4] Sugiyono, METODE PENELITIAAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&d. Bandung: Alfabeta, 2015. [5] C. Kustandi and B. Sutjipto, MEDIA PEMBELAJARAN MANUAL DAN DIGITAL. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2011. [6] J. Purwono, S. Yutmini, and S. Anitah, “Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan,” J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, pp. 127–144, 2014. [7] M. S. Sumantri, Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2016. [8] M. S. Sutikno, Metode&Model-model Pembelajaran. 2014. [9] Y. Azwandi, Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007. [10] Y. Sehandi, MENGENAL 25 TEORI SASTRA. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2014. 113 [11] Eri Sarimanah, “Model Pembelajaran Cerita Pendek yang Apresiatif,” Artikulasi, vol. 5, pp. 161–168, 2008. [12] D. N. Armariena and L. Murniviyanti, “Penulisan Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan Dengan Metode Image Streaming Dalam Proses Kreatif Mahasiswa,” J. Pembelajaran Bhs. dan Sastra Indones., vol. 7, no. 1, pp. 97–103, 2017. [13] R. Eva and F. Siagian, “Jurnal_Formatif_2_2_122-131_-122_-_PENGA,” vol. 2, no. 20, pp. 122–131. [14] H. Kartika, “Pembelajaran Matematika Berbantuan Software Matlab sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA,” J. Pendidik. unsika, vol. 2, no. 1, pp. 21–33, 2014. [15] I. Lestari, “Jurnal Formatif 3(2): 115-125,” vol. 3, no. 2, pp. 115–125. [16] Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2016. [17] S. A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2004. [18] M. Alonso and E. J. Finn, DASAR-DASAR FISIKA UNIVERSITAS. 1992. [19] R. A. Sani, DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN FISIKA, 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2016. [20] M. Ishaq, FISIKA DASAR. 2006. [21] N. Alfiyana and A. U. Dani, “PENGARUH MODEL BELIEFS , INTENTIONS , ACTION AND REFLECTIONS ( BIAR ) TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK,” vol. 5, no. 1, pp. 32–35, 2017. 114 [22] I. K. Setiawati, A. Rusilowati, and Khumaedi, “Pembuatan buku cerita ipa yang mengintegrasikan materi kebencanaan alam untuk meningkatkan literasi membaca dan pembentukan karakter,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 2, no. 2, pp. 129–135, 2013. [23] Sulastri and Kartika, “Pengembangan Cerpen IPA Terpadu sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Menanamkan Siswa SMP/MTs Kelas VIII Semester 2,” J. FKIP UNS, vol. 3, pp. 85–93, 2012. [24] S. Pendidikan et al., “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PENGAMBILAN SUDUT GAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS AUGMENTED REALITY BERBASIS Ramadhani Rani Relifian Setya Chendra Wibawa Abstrak.” [25] Ridwan, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. 2016 citation: Fakhriyyah, Kamilia dan Roza, Liszulfah dan Rahmadhar, Yulia (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA PENDEK TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PADA KELAS LINTAS MINAT. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17407/1/Kamilia%20Fakhriyyah.pdf