eprintid: 17406 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/06 datestamp: 2023-07-10 08:30:58 lastmod: 2023-07-10 08:30:58 status_changed: 2023-07-10 08:30:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Apriliani, Ira creators_name: Ermawati, Imas Ratna creators_name: Hidayat, Mirza Nur creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE JAN VAN DEN AKKER PADA MATERI ALAT OPTIK ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis Android dengan menggunakan Augmented Reality; 2) Mengetahui tingkat keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran pada materi Alat Optik; 3) Mengetahui penilaian ahli materi dan ahli media terhadap media pembelajaran pada materi Alat Optik; 4) Mengetahui penilaian siswa terhadap media pembelajaran pada materi Alat Optik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah development research dari Jan Van Den Akker dengan evaluasi formatif Martin Tessmer. Tahap penelitian terdiri dari empat tahap: penelitian pendahuluan, tahap prototipe, evaluasi sumatif, serta refleksi sistematik dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang diambil dari tiga sekolah: XII MIPA 6 (SMAN 1 Cilegon), XII MIPA 3 (SMAN 5 Cilegon), dan XII MIPA 3 (SMAN 3 Cilegon). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes (tes kognitif) dan non tes (angket dan wawancara). Instrumen tes diberikan kepada 54 siswa dan angket penilaian diberikan kepada: empat orang ahli, 57 siswa (evaluasi satusatu, evaluasi kelompok kecil, uji lapangan dan evaluasi sumatif) dan tiga orang guru. Media pembelajaran yang dihasilkan dinilai layak oleh ahli materi dan ahli media, sangat efektif dalam membantu proses pembelajaran (83,3%) siswa mendapatkan nilai ≥ KKM dan N-Gain sebesar 0,6 (sedang). Media dinyatakan sangat praktis (89,3%) untuk digunakan guru dan siswa di dalam kelas maupun di luar. date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amperianto, Tri. 2014. Tips Ampuh Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Andriyani & Sulihati. Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android pada Universitas Tama Jagakarsa. Jakarta: Jurnal Sains dan Teknologi Utama, Universitas Tama Jagakarsa Anshori, Fata. 2014. Aplikasi “Ar-Gamelan” Sebagai Media Pembelajaran: Mengenal Gamelan Jawa Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Mobile Android. Purwokerto: Jurnal Skripsi pada Prodi Teknik Informatika AMIKOM Purwokerto Arifitama, Budi. 2017. Panduan Mudah Membuat Augmented Reality. Yogyakarta: CV. Andi Offset Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Cr ̌ciun, Dana dan M ̌d ̌lin Bunoiu. 2017. Boosting Physics Education through Mobile Augmented Reality. Romania: West University of Timisoara Cristian Young, Julio. 2015. Marketing Communication Menggunakan Augmented Reality pada Mobile Platform. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara Burhanudin, Ahmad. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Mekatronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta 88 Effendi, Herawati dkk. 2014. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Konsep Dinamika Partikel. Jakarta: UIN Syarif Hidatullah E.M.A, Fenty dkk. 2014. Implementasi Augmented Reality Pada Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Fotosintesis Untuk Siswa Kelas 5 SD Budi Luhur Pondok Aren. Semarang: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan (SEMANTIK) Gianto W & Fachrul K. 2016. Cepat Menguasai Pemrograman Android. Malang: UB Press Gusmida, Rifqa dkk. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Teknologi Augmented Reality Pada Materi Teori Kinetik Gas Sma Kelas XI. Riau: Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau Indrawaty, Youllia dkk. 2015. Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Anatomi Manusia Menggunakan Metode Augmented Relality (AR). Bandung: Jurnal Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung K, Fachrul & Gianto W. 2016. Cepat Menguasai Pemrograman Android. Malang: UB Press Kadaruddin. 2015. Buku Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Kanginan, Marthen. 2013. FISIKA: untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga Kosasih, Nandang dan Dede Sumarna. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: CV. Alfabeta 89 Lestari, Wiji. 2016. Multimedia Pembelajaran Alat-Alat Optik untuk Meningkatkan Prestasi dan Minat Siswa dalam Mata Pelajaran Fisika Kelax X SMA. Semarang: STIMIK Duta Bangsa Surakarta Maswan dan Khoirul Muslimin. 2017. Teknologi Pendidikan (Penerapan Pembelajaran yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Niken Sari, Dwi dkk. 2016. Pengaruh Penggunaan Smartphone dan Intensitas Bermain Game Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sokuharjo Surakarta: Universitas Sebelas Maret Oom Siti Romlah. 2019. Wawancara. Cilegon: SMAN 3 Cilegon Plomp, Tjeerd dan Nienke Nieveen. 2013. Educational Design Research. Netherland: SLO, Enschede S. Sadiman, Arief. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers Salbino, Sherief. 2014. BUKU PINTAR: Gadget Android Untuk Pemula. Jakarta: Kunci Komunikasi Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group Septianita, Riska dkk. 2014. Artikel Universitas Negeri Malang: Pengembangan Media Belajar Buku Saku Fisika dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android pada Materi Fluida Statis untuk Siswa Kelas X SMA IPA. Malang: Universitas Negeri Malang 90 Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekata Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta Sulihati & Andriani. 2016. Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android pada Universitas Tama Jagakarsa. Jakarta: Universitas Tama Jagakarsa Techakosit, Somsak dan Prachaynun Nilsook. 2014. Using Augmented Reality for Teaching Physics. Bangkok: University of Technology North Bangkok Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations, London: Routledge Wahyutama, Febrian. 2013. Penggunaan Teknologi Augmented Reality Berbasis Barcode sebagai Sarana Penyampaian Informasi Spesifikasi dan Harga Barang yang Interaktif Berbasis Android, Studi Kasus pada Toko Elektronik ABC Surabaya. Surabaya: Jurnal Teknik POMITS Institut Teknologi Sepuluh Nopember Yostab Mariyantoni, I Kadek dkk. 2014. Augmented Reality Book Pengenalan Perangkat Gamelan Bali. Bali: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Universitas Pendidikan Ganesha Young, Julio Cristian. 2015. Marketing Communication Menggunakan Augmented Reality pada Mobile Platform. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara citation: Apriliani, Ira dan Ermawati, Imas Ratna dan Hidayat, Mirza Nur (2019) MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE JAN VAN DEN AKKER PADA MATERI ALAT OPTIK. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17406/1/IRA%20APRILIANI.pdf