eprintid: 17405 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/05 datestamp: 2023-07-10 08:30:57 lastmod: 2023-07-10 08:30:57 status_changed: 2023-07-10 08:30:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Agasta, Imanita Heriana creators_name: Soenarto, Y creators_name: Laksanawati, Wahyu Dian creators_id: dianlaksanawati@uhamka.ac.id title: PENGEMBANGAN RUANG MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINE MESSAGING API (APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE) PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini didasarkan oleh kemajuan teknologi pada dunia pendidikan yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan ruang media pembelajaran fisika dalam bentuk modul yang terdapat pada aplikasi LINE. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada tahap analisis, dilakukan kegiatan analisis masalah dan analisis kebutuhan. Pada tahap desain, dibuat desain draft awal dan divalidasi ahli materi dan ahli media. Pada tahap pengembangan, dilakukan analisis pada sistem untuk menunjang ruang media. Pada tahap implementasi, desain ruang media pembelajaran diujicobakan pada uji skala kecil dengan jumlah 10 responden dan uji skala besar dengan jumlah 130 responden yang berasal dari 4 sekolah di Kota Jakarta, Bekasi dan Bogor. Hasil dari penelitian yang diperoleh nilai rata-rata ahli materi 95% (sangat layak), ahli media 86% (sangat layak), ahli praktisi pembelajaran 94,06% (sangat menarik), uji skala kecil 82,90% (sangat menarik) dan uji skala besar 85,41% (sangat menarik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi LINE Messaging API (Application Programming Interface) ini layak digunakan sebagai ruang media pembelajaran. date: 2019-10-18 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ali, Mohammad dan Asrori, Muhammad. 2014. Metodologi dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Asyhari, Ardian dan Silvia, Helda. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku Untuk peljaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, Al-Biruni, Vol. 5, No.1. Branch R, Maribe. 2009. Intructional Design : The ADDIE Approach. Boston: Springer US Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Elianur, R. 2011. Indonesia Perangkat 10 besar terbawah dari 65 Negara peserta PISA. (Diakses pada tanggal 10 Oktober 2019 pukul 10.10 WIB) Febrianti, Wulan. 2017. Perbandingan Kepuasan Pengguna Aplikasi Chatting Berdasarkan Analisa Sentimen Menggunakan Metode Lexicon Based. Program Studi Informatika. Gasong, Dina. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish Giancoli, Douglas C. 2014. Fisika: Prinsip dan Aplikasi Jilid I . Jakarta: Erlangga. Huda, Miftahul. 2014. Model- model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ibrahim, Reyzal. 2011. Model Pengembangan ADDIE. http://jurnalpdf.info/pdf/model-pengembangan-addie.html (Diakses pada tanggal 27 Oktober 2019 pukul 11.10 WIB) Ishaq, Mohamad. 2017. Fisika Dasar. Yogyakarta: Graha Ilmu. Janinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 148 Kurniawati, Eriska Fitri. 2008. Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Surakarta : Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kustandi, Cecep dan Bambang S. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Latuheru, JD. 1988. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Lestari, Ivayatul Lailil, Utami, B dan Budhiretnani, Dwi Ari. 2015. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa melalui Perpaduan Metode Inquiry dan Resiprocal Teaching Pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015 Line, Developers. https://developers.line.biz/en/docs/messaging-api/overview/. (Diakses pada tanggal 20 Desember 2018 pukul 03.20 WIB) Pribadi, BA. 2017. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta : Kencana. Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rusman. 2011. Model- model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Santyasa, I Wayan. 2014. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Graha Ilmu. Serway, Raymond A dan Jewett, John W. 2010. Fisika Untuk Sains Dan Teknik. Jakarta: Salemba Teknika. Sudirman, Arief S dkk. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D).Bandung: Alfabeta. Sulisworo, D dan Toifur, M. 2016. The role of mobile learning on the learning environment shifting at high school in Indonesia. International Journal of Mobile Learning and Organisation, Vol. 10, No. 3. 149 Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media. Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning (Teori & Paikem). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Rawamangun: Prenadamedia Group. Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media. Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana. Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara. Wardani, Karima K, Novintya, Hertyas T dan Alia Lulu Khusniati. 2016. Pemanfaatan Aplikasi LINE Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, Vol. 1. Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena. Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta :Prenada Group. Young, Hugh D dan Freedman, Roger A. 2003. Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Yuberti. 2014. “Penelitian dan Pengembangan” Yang Belum Diminati dan Perspektifnya, Jakarta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, Vol. 3, No 2. citation: Agasta, Imanita Heriana dan Soenarto, Y dan Laksanawati, Wahyu Dian (2019) PENGEMBANGAN RUANG MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LINE MESSAGING API (APPLICATION PROGRAMMING INTERFACE) PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17405/1/IMANITA%20HERIANA%20AGASTA.pdf