eprintid: 17401 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/01 datestamp: 2023-07-10 08:30:53 lastmod: 2023-07-10 08:30:53 status_changed: 2023-07-10 08:30:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sanjaya, Dimas Putra creators_name: Roza, Liszufah creators_name: Hidayat, Mirza Nur creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIK VISKOSITAS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN MENGGUNAKAN ARDUINO DAN ANDROID PADA MATERI FLUIDA STATSIS TINGKAT SMA KELAS XI ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan kegiatan praktikum yang sulit dan sedikitnya penggunaan alat praktik berbasis TIK terutama Android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika dalam bentuk alat praktik dan aplikasi Android pada materi fluida statis dengan fokus bahasan viskositas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Borg & Gall. Pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, dilakukan kegiatan analisis masalah dan analisis kebutuhan. Pada tahap perencanaan, dilakukan desain awal. Pada tahap pengembangan format produk awal, prototipe dirancang sebagai perwujudan ide dan gagasan yang telah didefiniskan. Pada tahap uji coba awal, media diujikan kepada ahli materi dan ahli media dan kemudian dievalusai. Pada tahap uji coba lapangan, media diujikan dalam skala kecil dengan 30 responden. Data yang diperoleh melalui metode observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata ahli materi 79,78 % (baik), ahli media 82,59 % (baik), uji skala kecil 84,78 % (baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. date: 2019-08-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Emarketer. 2015 Global Media Intelligence Report Executive Summary. https://www.emarketer.com/public_media/docs/GMI-2015 ExecutiveSummary.pdf Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Aryanto, Didik, et al. 2012. Rancang Bangun Viskometer Fluida Metode Bola Jatuh Bebas Berbasis Mikrokontroler ATMEGA16” J. FIS. DAN APL. 8(2): 1-5 Darmawan, Deni. 2016. Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Erlinawati, N. Ai., et al. 2016. Media Pembelajaran Mobile Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Praktikum Mahasiswa STIKES Karsa Husada Garut. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. 7(1). 298-310 Fahrudin, Alex, dkk. 2011. Pembangunan Sistem Informasi Layanan Haji Berbasis Web Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Ar Rohamh Mabrur Kudus. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. 3(1). 35- 43 Gaincoli, Douglas C. 2001. Fisika. Jakarta: Erlangga Hanafy, Muh. Sain. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Kamus Besar Bahasa Indonesia, diakses dari https://kbbi.web.id, pada tanggal 14 Juli 2019 pukul 20.54 Karsumi. 2012. Pengembangan Alat Praktikum Viskometer Zat Cair. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8: 8-14 Komputer, Wahana. 2012. Langkah Praktis Membangun Aplikasi Sederhana Platform Android. Jakarta: Elex Media Komputindo Kukulska-Hulme, Agnes., et al. 2005. a Handbook for Educators and Trainers. New York: Routledge Miarso, Yusufhadi. 2007. Teknologi yang berwajah Humanis. Jurnal Pendidikan Penabur, - (6). 50-58 104 Mudlofir, Ali & Rusydiyah, Evi Fatimatur. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta : Rajawali Pers Mulyana, Eueung. 2012. App Inventor: Ciptakan Sendiri Aplikasi Androidmu. Yogyakarta: ANDI Nasution. 2005. Teknologi Pendidikan Edisi 1 Cetakan ketujuh. Bandung: Bumi Aksara Nastain, & Suroso. 2005. Mekanika Fluida. Purwokerto: Jurusan Teknik Sipil Program Sarjana Teknik Unsoed Pokress, Shaileen C. & Veiga, Jose J. D. 2013. App Inventor Enabling Personal Mobile Computing. arXiv:1310.2830v2 [cs. CY] Prananingrum, Lely., et al. 2013. Aplikasi Auto SMS Berbasis Android. KNSI 24. 135-141 Pribadi, Benny. 2017. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana Priyanti, Dwi, dkk. 2013. Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bagoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security, ISSN 2302-5700, 2013. 55-61 Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya Offset Ridwan., et al. 2015. Pengembangan dan Aplikasi Viskometer (Jenis Bola Jatuh). SNMTK. 1-5 Rusman, dkk. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers Sadiman, Arief S. 2016. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali Pers Sakti, Indra. 2011. Korelasi Pengetahuan Alat Praktikum Fisika dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri q Kota Bengkulu. Jurnal Exacta. IX (1). ISSN 1412-3617: 67-76 Satyaputra, Alfa. & Aritonang, Eva M. 2016. Build Your Android Apps with Android Studio. Jakarta: Elex Media Komputindo Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia 105 Subkhan, Edi. 2016. Sejarah dan Paradigma Teknologi Pendidikan Untuk Perubahan Sosial. Jakarta: KENCANA Sumantri, Mohamad S. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada Suprapto, Edy. 2015. Peranan Media dalam Proses Belajar dan Pembelajaran, Proceeding LPTK FKIP UNDANA. 1(3): 10-22 Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu Tim Google. 2016. Android Developer Fundamentals Course Learn to Develop Application. Developer.google.com. Diakses pada 10 November 2018 Tipler, Paul A. 1998. Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga Tissos, Nurry Putri., et al. 2014. Pembuatan Sistem Pengukuran Viskositas Fluida Secara Digital Menggunakan Sensor Efek Hall UGN3503 Berbasis Arduino Uno 328, Jurnal Sainstek. VI(1): 71-83 Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena Wishart, Jocelyn. 2018. Mobile Learning in Schools. New York: Routledge Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: KENCANA citation: Sanjaya, Dimas Putra dan Roza, Liszufah dan Hidayat, Mirza Nur (2019) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIK VISKOSITAS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DENGAN MENGGUNAKAN ARDUINO DAN ANDROID PADA MATERI FLUIDA STATSIS TINGKAT SMA KELAS XI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17401/1/DIMAS%20PUTRA%20SANJAYA.pdf