eprintid: 17400 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/74/00 datestamp: 2023-07-10 08:30:51 lastmod: 2023-07-10 08:30:51 status_changed: 2023-07-10 08:30:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Badryatusyahryah, Badryatusyahryah creators_name: Ernawati, Imas Ratna creators_name: Hidayat, Mirza Nur creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI LISTRIK STATIS UNTUK SISWA SMA ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis Android dengan menggunakan Augmented Reality pada materi listrik statis dalam bentuk aplikasi yang dinamakan PARE (Physics AR Education). Media pembelajaran ini difokuskan kepada visualisasi pada materi listrik statis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yaitu SMAN 12 Tangerang, SMAN 90 Jakarta, dan SMAN 63 Jakarta dengan masing-masing responden sebanyak dua kelas dari setiap sekolah. Pada uji validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Penilaian media terdiri dari 15 pernyataan dan mendapatkan skor rata-rata 4,49 dengan kategori sangat baik. Sedangkan penilaian materi terdiri dari 12 pernyataan dan mendapat skor rata-rata 4,07 dengan kategori baik. Jumlah persentase keseluruhan penilaian ahli sebesar 85,6%. Pada uji coba kepada siswa dilakukan dua kali, yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Berdasarkan uji coba skala kecil yang dilakukan dengan total responden 13 siswa didapatkan skor rata-rata 4,39 dengan kategori sangat baik, sedangkan uji coba skala besar dengan total reponden 201 siswa didapatkan skor rata-rata 4,01 dengan kategori baik. Jumlah persentase keseluruhan penilaian ahli sebesar 84%. Untuk efektivitas media dilihat dari hasil pre-test dan post test yang dilakukan di SMA Negeri 12 Tangerang dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa dan mendapatkan hasil dengan persentase 96,87% dengan kategori sangat baik date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdul Majid. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Ahmad Rohani. 2014. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta. Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Alfa Satya Putra & Eva Maulina Aritonang. 2014. Beginning Android Programing with ADT Bundle. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Amiruddin. 2016. Perencanaan Pembelajaran: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Parama Ilmu. Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Benny A. Pribadi. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Een Y. Haenilah. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademi. Fachrul K & Gianto W. 2016. Cepat Menguasai Pemrograman Android. Malang: UB Press. Joni, Koko. 2016. Rangkaian Listrik. Yogyakarta: Deepublish. Jubilee Enterprise. 2014. Mengenal Dasar-dasar Pemrograman Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Kadaruddin. 2016. Buku Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. Kamajaya. 2007. Cerdas Belajar Fisika. Bandung: Grafindo Media Pratama. Kurniawan Andre Pamoeji, dkk. 2017. Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Panggih Priyambodo dan Risya Pramana Situmorang. 2017. Antigen Antibosi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ridwan Abdullah Sani. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara. Lailatin & A. M Juwono. 2014. Elektromagnetisme (Listrik-Magnet). Malang: UB Press. Tatik Sutarti & Edi Irawan, Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish. Bambang Sri Anggoro, Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa, Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6, No. 2, 2015, Hal 122 – 129. Faris Sifauttijani, Tri Listyorini, dan Rizkysari Meimaharani, “Pencarian Rumah Makan Berbasis Android”, Jurnal SIMTERIS, Vol. 8, No. 1, 2017. 64 Hermanto, dkk. Analisis Potensi dan Masalah pada Fase Konseptualisasi Pengembangan Model Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar Inklusi, Jurnal UNY. Indri Astuti, Pengembangan Model Pembelajaran Konseling Kelompok dengan Pendekatan Konstruktivistik, Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 18, No. 1 April 2016. Kamelia, L. (2019). Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Noviembre 2018, IX (1). Ali, M. H., Sa, A., Zain, S. G. dan Penelitian, A. J. (2015) “Pengembangan Aplikasi Modul Pembelajaran Desain Grafis Berbasis Android,” hal. 46–49. Muhammad Rifa’i, Tri Listyorini, dan Anastasya Latubessy, “Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android”. Prosiding SNATIF, Kudus 2014, 267. Prita Haryani dan Joko Triyono, “Augmented Reality (AR) sebagai Teknologi Interaktif dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat”. Jurnal SIMETRIS, Vol. 8 No.2, Yogyakarta 2017, 808. Rachel Chrysilla Tijono, R Rizal Isnanto, dan Kurniawan Teguh Martono, “Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Sarana Promosi Produk ‘Sarana Sejahtera Wilson’s Office Chairs’ Berbasis Android”. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3 No.4, Semarang 2015, 494. Rudy Sumiharsono dan Hisbiyatul Hasanah. 2013. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi. Rusnandi, E., Sujadi, H., & Fauzyah, E. F. N. (2015). Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. INFOTECH Journal, 1(2). Saputro, R. E., & Saputra, D. I. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Buana Informatika, 6(2), 153–162. Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 20(1), 95. Sulihati & Andriani, “Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android pada Universitas Tama Jagakarsa”, Jurnal Sains dan Teknologi Utama, Vol. XI, No. 1, 2016, hlm. 18-19. Nuriyah, Wahyu Agus Setiawan & Puput Wanarti Rusimamto, Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Autoplay Media Studio 8 pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI AV di SMK Negeri 1 Sidoarjo, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 06 Nomor 01 Tahun 2017, 85-91, hlm. 87. Wahyudi, A. K. (2014). ARca, Pengembangan Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality dengan Smartphone Android. 96 Jnteti, 3(2), 96–102. Yasin Efendi, Trinugi Wira H, dan Elvin Khoirunnisa, “Penerapan Tekhnologi AR (Augmented Reality) pada Pembelajaran Energi Angin Kelas IV SD di Rumah Pintar Al-Barokah”. Jurnal Sistem Informasi, 9(1), Jakarta 2016, 30 citation: Badryatusyahryah, Badryatusyahryah dan Ernawati, Imas Ratna dan Hidayat, Mirza Nur (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI LISTRIK STATIS UNTUK SISWA SMA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17400/1/BADRYATUSYAHRYAH.pdf