TY - THES A1 - Badryatusyahryah, Badryatusyahryah A1 - Ernawati, Imas Ratna A1 - Hidayat, Mirza Nur ID - repository17400 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17400/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis Android dengan menggunakan Augmented Reality pada materi listrik statis dalam bentuk aplikasi yang dinamakan PARE (Physics AR Education). Media pembelajaran ini difokuskan kepada visualisasi pada materi listrik statis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yaitu SMAN 12 Tangerang, SMAN 90 Jakarta, dan SMAN 63 Jakarta dengan masing-masing responden sebanyak dua kelas dari setiap sekolah. Pada uji validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Penilaian media terdiri dari 15 pernyataan dan mendapatkan skor rata-rata 4,49 dengan kategori sangat baik. Sedangkan penilaian materi terdiri dari 12 pernyataan dan mendapat skor rata-rata 4,07 dengan kategori baik. Jumlah persentase keseluruhan penilaian ahli sebesar 85,6%. Pada uji coba kepada siswa dilakukan dua kali, yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Berdasarkan uji coba skala kecil yang dilakukan dengan total responden 13 siswa didapatkan skor rata-rata 4,39 dengan kategori sangat baik, sedangkan uji coba skala besar dengan total reponden 201 siswa didapatkan skor rata-rata 4,01 dengan kategori baik. Jumlah persentase keseluruhan penilaian ahli sebesar 84%. Untuk efektivitas media dilihat dari hasil pre-test dan post test yang dilakukan di SMA Negeri 12 Tangerang dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa dan mendapatkan hasil dengan persentase 96,87% dengan kategori sangat baik AV - public TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI LISTRIK STATIS UNTUK SISWA SMA Y1 - 2019/08/30/ M1 - bachelor PB - Universitas Prof.Dr. Hamka ER -