%L repository17399 %I Universitas Prof.Dr. Hamka %A As-Sulhana Bahiru %A Mirza Nur Hidayat %A Acep Kusdiwelirawan %X Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan kegiatan belajar siswa yang kurang aktif dan kurang memahamin materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika dalam bentuk video animasi pada materi kesetimbangan benda tegar dengan fokus bahasan mmen gaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan Borg & Gall. Pada tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, dilakukan kegiatan analisis masalah dan analisis kebutuhan. Pada tahap perencanaan, dilakukan desain awal. Pada tahap pengembangan format produk awal, prototipe dirancang sebagai perwujudan ide dan gagasan yang telah didefiniskan. Pada tahap uji coba awal, media diujikan kepada ahli materi dan ahli media dan kemudian dievalusai. Pada tahap uji coba lapangan, media diujikan dalam skala kecil dengan 22 responden. Data yang diperoleh melalui metode observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata ahli materi 86,22 % (sangat baik), ahli media 81,56 % (baik), uji skala kecil 83,00 % (baik), uji skala besar 84,45% (baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI MOMEN GAYA TINGKAT SMA KELAS XI %D 2019