eprintid: 17397 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/97 datestamp: 2023-07-10 08:30:47 lastmod: 2023-07-10 08:30:47 status_changed: 2023-07-10 08:30:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmawati, Andita creators_name: Ermawati, Imas Ratna creators_name: Laksanawati, Wahyu Dian creators_id: dianlaksanawati@uhamka.ac.id title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FOTONOVELA BERBASIS NILAI KARAKTER UNTUK ANAK TUNARUNGU SMALB MATERI MAGNET ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media fotonovela untuk anak tunarungu pada materi magnet di SMALB. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa tunarungu tingkat sekolah menengah atas (SMALB), yang dilakukan di dua sekolah yaitu SLB N 6 Jakarta dan SLB N 7 Jakarta. Penentuan kelayakan dilakukan dengan melakukan validasi oleh pakar ahli yaitu ahli media dan ahli materi yang dilakukan dalam dua tahap. Setelah itu, peneliti melakukan uji efektivitas media melalui uji kelompok kecil oleh 5 siswa kelas X di SLB N 6 Jakarta dan uji kelompok besar oleh 16 siswa di SLB N 6 Jakarta dan SLB N 7 Jakarta. Penelitian dan pengembangan menghasilkan media fotonovela yang berbentuk buku dengan materi magnet yang layak digunakan berdasarkan rata-rata penilaian pakar pada tahap pertama 75,5% (baik) dan pada tahap kedua 80,98% (sangat baik). Penilaian uji efektivitas media melalui uji skala kecil diperoleh persentase 85,87% (sangat baik) dan pada uji kelompok besar 92,08% (sangat baik), serta berdasarkan efektivitas terhadap hasil belajar diperoleh nilai 81,25% (sangat baik), yang berarti bahwa media fotonovela pada materi magnet layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMAL-B (tunarungu). date: 2019-08-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agus Irawan Sensus. 2014. Identifikasi dan Assesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PPPPTK TK dan PLB Bandung A. Kusdiwelirawan. 2014. Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press Arifin, Zainal. 2014. Bagaimana Menyiasati PTK Anda Agar Sukses?. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Asih Widi W dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta :PT Bumi Aksara hal. 22 Bunga Lailatul Rizki. Pengembangan Kamus Bahasa Inggris Bergambar bagi Anak Tunarungu di SMALB. Jurnal Ortopedagogia, Vol. 2 No. 2 November 2016: hal 96-99 Dananjaya, Utomo. 2017. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (dalam Setting Dharma Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Dwiyogo, Wasis D. 2016. PEMBELAJARAN VISIONER. Jakarta: Bumi Aksara Farida Ariyani. Development Of Photonovela With Character Education: As An Alternative Of Physics Learning Media. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 07 (2) (2018) 227-237 E-ISSN: 2503-023X DOI: 10.24042/Jipfalbiruni.V7i2.3072 Fida Rachmadiarti, dkk. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas X SMA-LB Buku Guru. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hal. 1 91 92 Hendri. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Dongeng. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ibrahim, Nini. 2014. Perencanaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Jakarta: Penerbit Mitra Abadi Iswari, Mega. 2007. Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Departemen Pendidikan Nasional Jalinus Nizwardi, dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana Kemendikbud. 2013. Ayo Bernyanyi Pembinaan Musik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PPPPTK dan PLB Bandung Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia Lesmono, dkk. The Instructional-Based Andro-Web Comics On Work And Energy Topic For Senior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. JPII 7 (2) (2018) 147-153 DOI: 10.15294/jpii.v7i2.14245. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV Alfabeta Marini. 2002. Mengapa Harus RME (Realistic Mathematics Education)?. Surabaya: CV. Pustaka Media Guru Mohammad Ali dan Muhammad Asrori. 2014. Metedologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara Mudjito, dkk. 2013. Pendidikan Anak Autis. Jakarta: Kemendikbud 93 Mudjito, dkk. 2013. PENDIDIKAN INKLUSIF. Baduose Media Muhammad Yaumi. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group Mulyatiningsih, Endang. "Pengembangan Model Pembelajaran." Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endangmulyatiningsih- mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September (2016). Pendidikan Inklusi). Bandung: PT Refika Aditama Pribadi, Benny A. 2017. Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Balebat Dedikasi Prima Puji, astuti. 2014. Mengenal, Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Menuju Layanan Belajar. Jakarta: Kemendikbud Rahmawati, Arni, dan Swaditya Rizki. "Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Nilai-Nilai Islam Pada Materi Aritmatika Sosial." Jurnal Aksioma Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro 6.1 (2017): 81-88. Ridho Adi Nugroho, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fotonovela Berbantuan Audio Materi Bunyi untuk Siswa Tunarungu SMP Lb/Mts Lb. UPEJ 6 (2) (2017) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej Ridwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Jawa Barat: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta Ruth Koops van ’t Jagt, dkk. 2017. Sweet Temptations: How Does Reading a Fotonovela About Diabetes Affect Dutch Adults with Different Levels of 94 Literacy?. Health Communication, 284-290. DOI: 10.1080/10410236.2016.1258617 Sadiman, Arief S. 2007. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Santo Budiono. 2018. Karakter Menentukan Masa Depan Bangsa. Jakarta: PT Gramedia Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembanga. Jakarta: Kencana Shaw, Dennis F. 1994. Information Sources in Physics. London: Reed Reference Publishing Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: CV. Alfabeta Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Penerbit Alfabeta Tarmansyah. 2007. INKLUSI Pendidikan Untuk Semua. Departemen Pendidikan Nasional Tatik Sutarti dan Edi Irawan. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish Temmy Syamsu Taufiq. 2014. Perencanaan Pembelajaran dan Pembuatan Media Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Kemendikbud Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana 95 Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran Visual-Audio Visual- Komputer-Power Point-Internet-Interactive Video. Jakarta: Kata pena Zahara, Eni. 2018. Pembelajaran Menyenangkan Berbasis Otak. Surabaya; CV. Pustaka Media Guru Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana citation: Rahmawati, Andita dan Ermawati, Imas Ratna dan Laksanawati, Wahyu Dian (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FOTONOVELA BERBASIS NILAI KARAKTER UNTUK ANAK TUNARUNGU SMALB MATERI MAGNET. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17397/1/ANDITA%20RAHMAWATI.pdf