@phdthesis{repository17397, school = {Universitas Prof.Dr. Hamka}, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FOTONOVELA BERBASIS NILAI KARAKTER UNTUK ANAK TUNARUNGU SMALB MATERI MAGNET}, year = {2019}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17397/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media fotonovela untuk anak tunarungu pada materi magnet di SMALB. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R \& D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa tunarungu tingkat sekolah menengah atas (SMALB), yang dilakukan di dua sekolah yaitu SLB N 6 Jakarta dan SLB N 7 Jakarta. Penentuan kelayakan dilakukan dengan melakukan validasi oleh pakar ahli yaitu ahli media dan ahli materi yang dilakukan dalam dua tahap. Setelah itu, peneliti melakukan uji efektivitas media melalui uji kelompok kecil oleh 5 siswa kelas X di SLB N 6 Jakarta dan uji kelompok besar oleh 16 siswa di SLB N 6 Jakarta dan SLB N 7 Jakarta. Penelitian dan pengembangan menghasilkan media fotonovela yang berbentuk buku dengan materi magnet yang layak digunakan berdasarkan rata-rata penilaian pakar pada tahap pertama 75,5\% (baik) dan pada tahap kedua 80,98\% (sangat baik). Penilaian uji efektivitas media melalui uji skala kecil diperoleh persentase 85,87\% (sangat baik) dan pada uji kelompok besar 92,08\% (sangat baik), serta berdasarkan efektivitas terhadap hasil belajar diperoleh nilai 81,25\% (sangat baik), yang berarti bahwa media fotonovela pada materi magnet layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMAL-B (tunarungu).}, author = {Rahmawati, Andita and Ermawati, Imas Ratna and Laksanawati, Wahyu Dian} }