eprintid: 17395 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/95 datestamp: 2023-07-10 08:30:45 lastmod: 2023-07-10 08:30:45 status_changed: 2023-07-10 08:30:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitriana, Aisyah creators_name: Kusdiwelirawan, Acep creators_name: Ratna, Imas creators_id: acep_galing@uhamka.ac.id title: PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) FISIKA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes kemampuan berfikir tingkat tinggi dengan integrasi nilai-nilai karakter. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada langkah model pengembangan ADDIE. Instrumen tes yang dikembangan yaitu pada materi momentum implus. Uji coba validasi instrumen ini dilakukan secara dua tahap tahap pertama dilakukan di SMAN 4 Depok dan SMA Muhammadiyah 23 Jakarta dengan jumlah responden 35 siswa, dan tahap kedua dilakukan di SMAN 4 Depok, SMAN 8 Depok, dan SMA Plus PGRI Cibinong dengan jumlah responden 147 siswa kelas. Hasil penilaian instrumen yang telah dikembangkan yaitu (1) Terdapat 10 butir soal kategori valid melalui dua tahap validasi empirik dan hasil akhir uji realibilitas diperoleh koefisien realibilitas 0,70 (sangat tinggi); (2) Uji kelayakan oleh ahli dosen dan guru pada aspek materi 86,67 % (sangat baik), aspek kontruksi 89,58 % (sangat baik) dan aspek bahasa 88,42 % (sangat baik); (3) Hasil respon instrumen berdasarkan penilaian siswa/i 83,27 % (baik) soal yang diberikan ini mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan 73,47 % (baik) siswa mampu mengambil pesan nilai karakter yang diberikan pada stimulus soal. Maka, dengan demikian interpretasi instrumen tes yang telah dikembangkan yaitu kategori sangat baik dan layak dijadikan sebagai penilaian evaluasi berpikir tingat tinggi yang memuat nilai karakter. date: 2019-08-26 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdullah, Mikrajuddin. (2016). “Fisika Dasar 1”. Bandung: ITB Amalia, Dini. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : UNINDRA PRESS. Aniyah, Kurrotul. (2018).“Bedah Fisika Dasar”. Jogjakarta: Deepublish. Arifin, Zainal dan Heri Ratnawati. (2018). “Pengembangan Instrumen Pengukuran HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) dalam Pembelajaran Matematika”. Jogjakarta : UNYPress. Arifin, Zainal. (2011). “Evaluasi Pembelajaran”. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset. Ariyana, Yuki dkk. (2018). “Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi”. Jakarta : Dir. Jendral Guru dan Tenaga Kerja, Depdikbud. Asrul, Rusyidi Ananda, dan Rosnita. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Citapustaka Media. Depdikbud. (2015). Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills Sekolah Menengah Atas”. Jakarta : Dir. Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dir. Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dua, Oky Oktiningtyas dan Wasis. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tugas Proyek Untuk Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, Vol 07 No. 2,ISSN : 2302-4496. Halliday, David dan Robbert Resnick. (1995). “Fisika Dasar 1 : Terj. Pantur Silaban dan Erwin Sucipto”. Jakarta: Erlangga. Helmawati. (2017).“Pendidikan Karakter Sehari-hari”. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Herviana, Gristiani, Heni Rusnayati, dan Ika Mustika Sari. (2016). Literasi Sains Siswa SMP Pada Tema Teknologi Personal. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM Vol 1 Infografis.“Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 112 Istiyono, Edi Djemari Mandapi, dan Suparman. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PsyHigher Order Thinking Skills (HOTS)) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 18, Nomor 1. Jailani dan Sugiman. (2017). Higher Order Thinking Skills Pengertian dan Peningkatannya Melalui PBL”, Jogjakarta : UNY Press Jaya, Indra. (2019). Penerapan Statistik untuk Peneilitian Pendidikan Edisi Pertama. Jakarta : Prenada Group. Khasanah, Uswatun dan Heriana. (2019). “Membangun Karakter Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0)”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana UNILA. Lampung: UNILA Majid, Abdul. (2017). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung,: PT Remaja Rosdakarya. Mumpuni, Atikah. (2018).“Integrasi Nilai Karakter Dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013”. Jogjakarta: Deepublish. Murdaka, Bambang Eka Jati. (2013).Pengantar Fisika 1. Jogjakarta : UGM Press. Nur, Ani Aeni. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. Bandung : UPI Press. Oktavia, Nova. (2015). Sistematika Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta : Deepublish Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian dan Kebudayaan RI, PISA infographic dalam www.acpd-indonesia.org, diakses 12 November 2018 Rahayu, Nyamik dan Rosita Dei Ferdiani. (2017). “Assesment Pembelajaran Matematika”. Malang : Yayasan Edelweis. Rianawati. (2014). Implementasi Nilai-nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah dan Madrasah. Pontianak : IAIN Pontianak Press. Salam, Abdul. (2017).Pembelajaran Fisika Berbasis Learner Autonomy Dengan Metode Pemecahan Masalah Pada Topik Gelombang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid 13, Nomor 3. Septa, Nurris P dan Edy Istiono. (2015).Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Kelas X SMA 113 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Volume 6 Nomor 1 Setiawati, Wiwik dkk. (2018). “Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills”. Jakarta : Dir. Jendral Guru dan Tenaga Kerja, Depdikbud. Sudijono, Anas. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekata Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta. Sumaryanta. (2015). Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume 2 Nomor 3 ISSN 2407-7925. Sutari, Tatik dan Edi Irawan. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Jogjakarta: Deepublish. Syabini, Amirulloh. (2014). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta : Gramedia. Wahyu, Muhammad Setiyadi. (2018). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi. NUANSA, Jurnal Ilmiah Pendidikan Edisi 6 No. 2. Wahyuni, Sri. (2017). Develompment Test System Based on Linear Equations Two Variable Revised Taxonomy Bloom To Measure High Order Thinking Skills at Student Class VIII SMPN Sungguminasa Gowa. Jurnal Daya Matematis, Vol. 5 No. 1. Wayan, I Wardhana, M.Pd. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta : Dir. Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dir. Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wijaya, Hengki dan Helaluddin. (2018). Hakikat Pendidikan Karakter. ResearchGate Yaumi, Muhammad. (2014).“Pendidikan Karakter : Landasan, Pilar, dan Implementasi”. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP. Yuni, Etistika Wijaya, dkk. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Volume 1 Tahun 2016, ISSN 2528-259X . Malang: UNIKAMA citation: Fitriana, Aisyah dan Kusdiwelirawan, Acep dan Ratna, Imas (2019) PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) FISIKA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17395/1/AISYAH%20FITRIANA.pdf