%D 2019 %L repository17395 %T PENGEMBANGAN TES KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) FISIKA TERINTEGRASI NILAI-NILAI KARAKTER %A Aisyah Fitriana %A Acep Kusdiwelirawan %A Imas Ratna %I Universitas Prof.Dr. Hamka %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes kemampuan berfikir tingkat tinggi dengan integrasi nilai-nilai karakter. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada langkah model pengembangan ADDIE. Instrumen tes yang dikembangan yaitu pada materi momentum implus. Uji coba validasi instrumen ini dilakukan secara dua tahap tahap pertama dilakukan di SMAN 4 Depok dan SMA Muhammadiyah 23 Jakarta dengan jumlah responden 35 siswa, dan tahap kedua dilakukan di SMAN 4 Depok, SMAN 8 Depok, dan SMA Plus PGRI Cibinong dengan jumlah responden 147 siswa kelas. Hasil penilaian instrumen yang telah dikembangkan yaitu (1) Terdapat 10 butir soal kategori valid melalui dua tahap validasi empirik dan hasil akhir uji realibilitas diperoleh koefisien realibilitas 0,70 (sangat tinggi); (2) Uji kelayakan oleh ahli dosen dan guru pada aspek materi 86,67 % (sangat baik), aspek kontruksi 89,58 % (sangat baik) dan aspek bahasa 88,42 % (sangat baik); (3) Hasil respon instrumen berdasarkan penilaian siswa/i 83,27 % (baik) soal yang diberikan ini mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan 73,47 % (baik) siswa mampu mengambil pesan nilai karakter yang diberikan pada stimulus soal. Maka, dengan demikian interpretasi instrumen tes yang telah dikembangkan yaitu kategori sangat baik dan layak dijadikan sebagai penilaian evaluasi berpikir tingat tinggi yang memuat nilai karakter.