eprintid: 17393 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/93 datestamp: 2023-07-10 08:30:37 lastmod: 2023-07-10 08:30:37 status_changed: 2023-07-10 08:30:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aldi, Ahmad creators_name: Soenarto, Soenarto creators_name: Ratna, Imas title: ANALISIS PENDEKATAN SETS ( SCIENCE, ENVIROMENT, TECHNOLOGY AND SOCIAL) MELALUI MODEL RESOURCE-BASED LEARNING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ispublished: pub subjects: QC divisions: 84203 abstract: Latar belakang Melihat dari sistem pembelajaran Indonesia kebanyakan guru menggunakan model dan media yang klasik menyebabkan kegiatan pembelajaran yang membosankan sehingga hilangnya ketertarikanakan pembelajaran fisika itu sendiri. Maka akan timbul karakterkarakter yang tidak baik dari peserta didik karena hal tersebut, seperti peserta didik menganggap bahwa pembelajara fisika itu susah, maka hilangnya karakter keaktifan. Siswa perlu didorong untuk terlibat secara efektif dengan materi pembelajaran berbasis sumber daya yang disediakan, yang berarti bahwa setiap elemen perlu memberikan peluang untuk interaksi. Ini adalah praktik yang baik, ketika meninjau materi sumber, untuk terus mengajukan pertanyaan. Maka di dapat hasil penilaian terhadap RPP berkarakter yang telah dibuat telah melewati batas yang ada 80% ketetapan ini dibuat oleh guru pamong dan hasil yang didapatkan saat pertemuan pertama adalah 94,29% dan pertemuan kedua setelah melalui proses revisia dalah 95,71% dengan kenaikan 1,42% dan telah melewati batas 80% maka dapat dikatakan RPP yang dibuat layak digunakan dan dapat dikatakan RPP berkarakter. Tinjauan keduaadalah proses pembelajaranberkarakter yang telah dibuat telah melewati batas yang ada 80% ketetapan ini dibuatoleh guru pamong dan hasil yang didapatkan saat pertemuan pertama adalah 83,63% dan pertemuan kedua setelah melalui proses revisi adalah 86,36% dengan kenaikan 2,73% dan telah melewatibatas 80% maka dapat dikatakan proses pembelajaran yang dibuat layak digunakan dan dapat dikatakan proses pembelajaran berkarakter. date: 2019-08-20 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agung, H. 2014. Pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah dalam meningkat keterampilan pada materi kesetimbangan kimia. Lampung Anita, M. 2015. Penerapan model pembelajaran projek basic learning (PBL) untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi masalah ekonomi: Surabaya. Anita, S. 2014 Strategi Pembelajaran. Anwar, M. 2012 PenerapanPendekatan SETS (Science Environment Technology And Social) Pada Pembelajaran Fisika Pada Diklat Guru Mapel Fisika MA. Ayu, IG.2014. Metode Ground Riset dalam penelitian kualitatif. Bali. Brenda smith. 2013. Reource Based Learning BSNP. 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan SD/MI. Jakarta: Kemendiknas Chandra, A. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis SETS untuk meningkakan kemampuan berpikir kritis siswa. Madiun Fajrini, U. 2014. Peranan Kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Jakarta Habibah, R. 2016. Pengaruh model pembelajaran STAD dengan pendekatan SETS terhadap hasil belajara Fisika. Jember Hannafin, JM. 2017. Resource-Based Learning : Georgia Helmawati. 2017. Pendidikan karakter sehari-hari.Bandung Khasanah, N. 2015. SETS (Science, Environmental, Technology and Society ) sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Semarang Komariah, A. 2015. Penerapan Pendekatan SETS dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq untuk meningkatkan hasil belajar terhadap siswa pada konsep pencemaran lingkungan di SMA 8 kota Cirebon. Jawa Barat Kristian, M. 2015. Telaah revolusi mental dan pendidikan karakter dalam pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang pandai dan berakhlak manusia. Sumatera Barat Majid, A. 2017. Pendidikan karakter persepektif islam. Bandung Maunah, B. 2015. Implementasi pendidikan karakter. Tulungagung Nasution.S. 2013..Berbagai pendekatan pada proses pembelajaran. Jakarta 79 Ni Luh. 2014. Analisis nilai-nilai pendidikan karakter Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara dan relevansinya terhadap pengajaran pendidikan karakter sekolah di Indonesia. Bali Nugraheni, D. 2013. Pengaruh pembelajaran bervariasi dan berpendekatan Sets terhadap prestasi belajar ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas x sman 2 sukoharjo pada materi minyak bumi tahun pelajaran 2011/2012. Surakarta . Nurdyansyah. 2016. Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. Sidoarjo Risa Umami. 2013. Penerapan model pembelajaran inkuiri dengan pendekatan sets (science, enviroment, technology and society) pada pokok bahasan fluida statis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA NEGERI 1 GEDANGAN Saverinus, D. 2013. Pembelajaran fisika seturut hakekatnya serta sumbanganya dalam pendidikan karakter siswa , (Yogyakarta : universitas sanata dharma 2013 ) , hal LPF 1311-2 Siregar, D. 2017. Membidik karakter hebat.Depok Sugiana, N. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls : NTB. Yulistiana. 2015. Penelitian Pembelajaran SETS ( Science, Enviroment, Technology and Social ) dalan pendidikan Sains. Jakarta citation: Aldi, Ahmad dan Soenarto, Soenarto dan Ratna, Imas (2019) ANALISIS PENDEKATAN SETS ( SCIENCE, ENVIROMENT, TECHNOLOGY AND SOCIAL) MELALUI MODEL RESOURCE-BASED LEARNING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17393/1/Ahmad%20Aldi.pdf