%D 2019 %L repository17391 %T PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS LIVEBOARD DITINJAU DARI ASPEK AFEKTIF PADA MATA KULIAH FISIKA MODERN %A Afif Abdurrozak %A Muhammad Soenarto %A Feli Cianda %I Universitas Prof.Dr. Hamka %X Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh model blended learning berbasis liveboard ditinjau dari aspek afektif pada mata kuliah fisika modern. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive. Pada uji validitas dengan menggunakan biserial product moment sebanyak 10 soal esai dengan 7 soal valid dan 3 soal drop pada fisika modern. Pada uji reabilitas menggunakan metode alpha memperoleh pada fisika modern rhitung = 1,034. Maka data tersebut memiliki instrumen yang reliable. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran diperoleh pada fisika modern Lh 0,1481 < Lt 0,1823. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett diperoleh pada fisika modern χ2 h = 4,496 < χ2 t = 18,31. Hasil Indeks Gain pada fisika modern memperoleh nilai 0,59. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh pada fisika modern thitung = 1,818 dengan ttabel = 1,717 pada α = 0,05 maka dengan demikian H0 ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model blended Learning berbasis Liveboard ditinjau dari aspek afektif.