eprintid: 17389 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/89 datestamp: 2023-07-10 08:30:29 lastmod: 2023-07-10 08:30:29 status_changed: 2023-07-10 08:30:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rati, Winda Dewi creators_name: Akbar, Budhi creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS X SMA NEGERI 105 JAKARTA PADA MATERI PLANTAE ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbasis scientific approach terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 105 Jakarta pada bulan Januari s.d April 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas X SMAN 105 Jakarta yang berjumlah 144 siswa dan terbagi menjadi 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrument Posttest yang digunakan berupa tes Pilihan Ganda sebanyak 30 butir soal dengan 3 indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi, yaitu menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen sebesar 73,54 dan pada kelas kontrol sebesar 61,53. Pada uji prasyarat analisis data, kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki data yang berdistribusi normal dan variansi yang homogen. Selanjutnya pada uji hipotesis melalui uji-t dengan taraf signifikansi 1% (α=0,01) diperoleh thitung = 6,096 sedangkan ttabel = 2,38 sehingga memenuhi kriteria thitung > ttabel yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa. date: 2020-09-30 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abosalem, Y. (2016). Assessment Techniques and Students ’ Higher-Order Thinking Skills Assessment Techniques and Students ’ Higher-Order Thinking Skills. 4(March). https://doi.org/10.11648/j.ijsedu.20160401.11 Albertus Hermawan, T. S. R. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman. Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Ariyana, yoki, dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan. Ayungnityas, Nurina. Endah Budi Rahaju. Proses Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Materi Aljabar Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa. h. 2. Barli Sihombing, R., Solihatin, E., &* Sudrajat, A. (2018). The Effect of Cooperative Learning Models and Self Efficacy to Critical Thinking Ability on Social Studies. International Journal of Advances in Scientific Research and Engineering, 4(7), 89–96. https://doi.org/10.31695/ijasre.2018.32796. Brookhart, Susan M. 2010. How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Virginia:ASCD. Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga. Huda, Miftahul. 2013. Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 64 Kemendikbud. 2017. Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Khasanah, Makhubi. 2012. Penggunaan Metode Permainan dalam Peningkatan Pembelajaran PKN Siswa Kelas IV SDN 2 Jatimulyo, Kecamatan Pertahanan Tahun Ajaran 2011/2012. Kalam Cendikia Kebumen 2012, FKIP UNS Surakarta. Jurnal vol 1 no 1, 97-108. Khosim, Noer. 2017. Model-Model Pembelajaran. Wonogiri: Surya Media. Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Jayanto, I. D., & Sukirno. (2013). PENERAPAN PEMBELAJARAN TGT DENGAN AKUNTAPOLI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI SISWA MAN YOGYAKARTA III. XI(2), 1–10. OECD. (2019). PISA 2018 insights and interpretations. OECD Publishing, 64. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf Permendikbud. 2014. Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014. Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Prastowo, Andi. 2018. Sumber Belajar Dan Pusat Sumber Belajar: Teori Dan Aplikasinya Di Sekolah Atau Madrasah. Depok: Prenamedia Group. Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ratnawulan, E., Rusdiana, H. A. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA. Rosnawati, R. 2013. Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Smp Indonesia Pada TIMSS 2011. Yogyakarta: FMIP UNY. Sanusi, Anwar & Siti Isbandiyah. 2019. Modul Penyusunan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media. 65 Saputra, Hatta. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing. Setianingsih, D., Yuniarsih, T., & Dewi Yuniarti, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( Tgt ) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. 2(2), 72–84.Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Setiawati, Wiwik, dkk. 2019. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius Taniredja, Tukiran. dkk. 2012. Model – Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta. Tarjo. 2019. Metode Penelitian Sistem 3x Baca. CV Budi Utama: Yogyakarta. Titik Jumiyatun , Sunandar, D. E. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT. 1(5), 177–184. citation: Rati, Winda Dewi dan Akbar, Budhi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS X SMA NEGERI 105 JAKARTA PADA MATERI PLANTAE. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17389/1/WINDA%20DEWI%20RATI.pdf