eprintid: 17387 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/87 datestamp: 2023-07-10 08:30:23 lastmod: 2023-07-10 08:30:23 status_changed: 2023-07-10 08:30:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sholeha, Ulpi Yatus creators_name: Murwitaningsih, Susanti creators_id: murwitaningsih@uhamka.ac.id title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI EKOSISTEM ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif pada materi ekosistem. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari hingga Juni 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Developmental Resarch) dengan model pengembangan Formative Evaluation Tessmer (1994). Langkah-langkah pengembangan instrumen difokuskan pada 3 tahap yaitu tahap preliminary, self-evaluation, tahap prototyping (exspert review, one to one, small group) dan field test. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didikkelas XI IPA SMAN 1 Tambun Selatan dengan responden 3 peserta didik kelas XI IPA untuk tahap One to one dan 24 peserta didik kelas XI IPA untuk tahap small group. Sedangkan pada uji tahap akhir (field test) penelitian dilakukan dengan pengambilan sampel secara acak dengan google form sebanyak 100 responden dari berbagai sekolah di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Instrumen tes yang dikembangkan berupa soal uraian pada materi ekosistem berjumlah 24 soal dan disusun berdasarkan indikator menurut Williams yang memliki aspek Fluency, Flexibility, Originality, dan Elaboration dengan 12 indikator. Hasil penelitian ini yaitu instrumen tes yang dikembangkan memiliki kualitas sangat layak berdasarkan validasi ahli (91,57%). Respon peserta didik terhadap keterbacaan soal menunjukkan respon positif 88 % dengan kategori tinggi. Hasil analisis data menunjukkan 15 soal valid dengan presentase 100%. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha didapatkan nilai r11 sebesar 0,753 (tinggi). Dengan demikian penelitian ini menghasilkan instrumen tes yang layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didikpada bahasan materi ekosistem dengan jumlah butir tes soal uraian sebanyak 15 butir soal. date: 2020-08-22 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adnyani, L. P. W., Kurniawan, I., & Pinahayu, E. A. R. (2018). Development of Creative-Thinking Instrument in Mathematics Problem Solving Based on Logical Mathematics Intelligence. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i1.5201 Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Erawankurniadi. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP terintegrasi Kearifan Lokal. 1, 141–148. Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru). PT Remaja Rosdakarya Dffset. Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2013). prosedur penelitin suatu pendekatan praktik. RINEKA CIPTA. Arikunto, S. (2018). dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); 2nd ed.). Bumi Aksara. Asbupel, F., M, D., & Sanova, A. (2018). Pengembangan Instrumen Tes kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kimia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53, 1–11. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) ... ( Agus Budiman, Jailani ) - 139. Riset Pendidikan Matematika, 1(November 2014), 139–151. Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176. Djaali, P. ., & Muljono, D. P. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. PT. Grasindo. Fadilah, A. S., Gardjito, & Siburian, J. (2009). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Proses Belajar Biologi Di Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi, 2, 1–11. https://anzdoc.com/analisis-kemampuan-berpikir-kreatif-siswa-dalam-proses-belaj.html Fauzan, F., & Indriastuti, L. (2017). Hypnoteaching and learning motivation enhancement. Ideas for 21st Century Education, August, 229–231. https://doi.org/10.1201/9781315166575-46 Habiby, I., Rudibyani, ratu betta, & Efkar, T. (2015). Habiby et al. Pengembangan Asesmen Kemampuan Berpikir Kreatif …. | 985. 4(3), 985–996. Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 130–150. Herpiana, R., & Rosidin, U. (2018). Development of instrument for assessing students’ critical and creative thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012054 85 Kusuma Wardany, Sajidan, M. R. (2015). Penyusunan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill Pada Materi Ekosistem SMA Kelas X. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS. Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104 Maghfiroh, N., Susilo, H., & Gofur, A. (2016). Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas x sma negeri 4 sidoarjo pada mata pelajaran biologi. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek 2016, 2016(2), 635–639. Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. 3(2), 51–73. Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model Pembelajaran RICOSRE yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 676–685. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V2I5.9180 Maman, A., Virgana, & Soeparlan, K. (2017). Evaluasi dalam pemblajaran. Pustaka mandiri. Marwiyah, S., Kamid, K., & Risnita, R. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Materi Atom, Ion, Dan Molekul SMP Islam Al Falah. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1). Munandar, S. . U. (2014). Kreativitas & Keberbakatan: Strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. Gramedia Pustaka Utama. Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Remaja Cipta. Mustari, M. (2014). Refleksi untuk Pendidikan. Rajawali Press. Nisa, nur atikah khairun, Widyastuti, R., & Hamid, A. (2017). Pengembangan Instrumen Assesment Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 543–556. Novitasari, N., Ramli, M., & Maridi. (2015). Mengukur problem solving skills siswa SMA pada mata pelajaran biologi. Jurnal Biologi Edukasi Edisi 14, 7(1), 1–6. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/5480 Nursyahidah, F. (2017). PENELITIAN PENGEMBANGAN. In Research and Development vs Development Research (pp. 1–27). Nuswowati, M., Binadja, A., Efti, K., & Ifada, N. (2010). Pengaruh Validitas Dan Reliabilitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Bidang Studi Kimia Terhadap Pencapaian Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 566–573. Prawirahartono, S. (2019). Konsep dan Penerapan Biologi. PT Bumi Aksara. Purwanto, N. (2016). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT. Remaja Rosda karya. Rachmawati, F., Kirana, T., & Widodo, W. (2017). Buku Ajar Interactive Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 19–29. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n1.p19-29 86 Rahmasari, D. N. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Bangun Ruang Sisi Datar. Ramadhani, D., Susanti, R., & Zen, D. (2015). Pengembangan Soal Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Biologi Sma. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 2(2), 185–198. Redhana, I. W., & Sya’ban, S. (2014). Pengembangan tes keterampilan berpikir kreatif. Seminar Nasional Riset Inovatif II, 18–25. Ridwan. (2008). Dasar-dasar Statistik. ALFABETA. Safari. (2004). Teknik Analisis Butir soal Instrumen Tes dan Non-tes dengan Manual, Kalkulator dan Komputer. Assosiasi Pengawas Sekolah Indonesia Departemen Pendidikan Nasional. Saufi, M., & Riandi, A. (2017). MENGEMBANGKAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PETA KONSEP. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 51–61. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987 Sudijono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Rajagrafindo Persada. Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D (26th ed.). ALFABETA. Talajan, G. (2012). Menumbuhkan kreativitas dan prestasi guru. Laksbang Presindo. Tessmer, M. (1994). Formative Evalution Alternatives. 7(1), 3–18. Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Prenadamedia Group citation: Sholeha, Ulpi Yatus dan Murwitaningsih, Susanti (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI EKOSISTEM. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17387/1/Ulpi%20Yatus%20Sholeha.pdf