eprintid: 17386 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/86 datestamp: 2023-07-10 08:30:21 lastmod: 2023-07-10 08:30:21 status_changed: 2023-07-10 08:30:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Widianingsih, Syifa Andriyani creators_name: Kartikawati, Eka title: ANALISIS KESULITAN PRAKTIKUM STRUKTUR HEWAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UHAMKA ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan mahasiswa pendidikan biologi dalam praktikum struktur hewan serta faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan praktikum. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2020. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2018 dengan jumlah 61 mahasiswa yang dipilih secara total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tentang kesulitan praktikum struktur hewan kemudian di analisis secara deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan tingkat kesulitan mahasiswa dengan rata-rata sebesar 58,33%. Menurut perhitungan pencarian persentase termasuk ke dalam kategori mudah. Dari ketiga indikator untuk mengetahui tingkat kesulitan praktikum struktur hewan yang diujikan yaitu indikator persiapan 56,83%, pelaksanaan 60,86%, pelaporan 55,53%. Dari data tersebut menjelaskan bahwa ketiga indikator kesulitan praktikum struktur hewan pada mahasiswa termasuk kedalam kriteria mudah. Tingkat kesulitan praktikum struktur hewan dapat dipengaruhi oleh faktor yang ada pada dalam diri mahasiswa atau yang ada di luar diri mahasiswa. Faktor-faktor itu antara lain kesiapan mahasiswa, motivasi mahasiswa, sikap ilmiah, kompetensi dosen, sarana prasarana, dan alokasi waktu. date: 2020-08-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdurrahman, M. (2012). Anak Kesulitan Belajar. Rineka Cipta. Agustina, P., & Ningsih, I. W. (2017). Observasi Pelaksanaan Praktikum Biologi di Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Surakarta T . A . 2015 / 2016 Ditinjau dari Standar Pelaksanaan Praktikum Biologi. Bioeducation Journal, 1(1), 34–43. Agustina, P., Saputra, A., & Khotimah, E. V. A. K. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri di Klaten pada ditinjau dari Kualitas Laboratorium , Pengelolaan , dan Pelaksanaan Praktikum. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8, 105–110. Anggraini, A. D., Paidi, & P, T. M. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Struktur Fungsi Jaringan Hewan pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(4), 39–50. Astuti, Y., & Suciati, R. (2017). Profil Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Mengkomunikasikan Hasil Praktikum Fisiologi Hewan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 115–124. Ayu, I. G., Laksmi, A., Wiratma, I. G. L., & Subagia, I. W. (2014). Equipments and Materials Management of Chemistry Laboratory at SMAN 1 Seririt. E-Journal Kimia Visvitalis Universitas Pendidikan Ganesha, 2(2), 48–55. Brockman, R. M., Taylor, J. M., Segars, L. W., Selke, V., & Taylor, T. A. H. (2020). Student Perceptions Of Online And In-Person Microbiology Laboratory Experiences In Undergraduate Medical Education. Medical Education Online, 1–13. https://doi.org/10.1080/10872981.2019.1710324 Damayanti, Maryam, S., & Subagia, I. W. (2019). Analisis pelaksanaan praktikum kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 52–60. Istika, N., Zamsir, & Prajono, R. (2019). Kualitas Tes Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kela VII Semester II SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 127–140. Jirana, Syamsiara, N., & Nurmiati. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi 50 Kesulitan dan Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas SulawesiBarat. Jurnal Saintifik, 1(2), 87–94. Lina, A., & Arif, R. R. (2019). Analisis Pelaksanaan Praktikum Morfologi Tumbuhan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 4, 35–40. Mamlok-naaman, R., Barnea, N., & Mamlok-naaman, R. (2012). Laboratory Activities in Israel. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 8, 49–57. https://doi.org/10.12973/eurasia.2012.816a Nasution, N., & Hasairin, A. (2016). Analisis sarana dan pemanfaatan laboratorium ipa (biologi) dalam pembelajaran biologi kelas xi di sma swasta nusantara lubuk pakam. Jurnal Pelita Pendiidkan, 4(4), 31–37. Ningrum, M. S., Lengkana, D., & Yolida, B. (2019). Analisis Keterlaksanaan Praktikum Biologi Sekolah Menengah Atas Swasta se-Kotamadya Bandar Lampung. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 56–65. Nur, H. F. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang pada Siswa Kelas Xi Akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2018/2019. Pertiwi, L. D. (2017). Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Permasalahannya pada Materi Organisasi Kehidupan di SMP. Lampung. Puspita, A. D. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Perkuliahan dan Praktikum Kimia Dasar di Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Unisba. 8(1). Sardinah, Tursinawati, & Noviyanti, A. (2012). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa dengan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percoban pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pendiidkan Serambi Ilmu, 13. Sari, D. I., Siti, S., & Liswara, N. (2014). Analisis Kendala Pelaksanaan Praktkum Biologi di SMA Negeri Se-kota Palangka Raya. EduSains, 2, 13–26. Siti, K. B., Kusmiyati, & Liwa, I. M. (2019). Analisis Tingkat Kesulitan yang dialami Peserta Didik dalam Praktikum Biologi di SMA. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 23–28. https://doi.org/10.29303/jpm.v14.i1.1042 Siti, M., Lestari, R., & Afniyanti, E. (2015). Analisis Pelaksanaan Praktikum Pada 51 Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuntodarussalam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Syah, M. (2017). Psikologi belajar. Rajawali Press. Thohirin. (2005). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT Raja Grafindo Persada. Widowati, H. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples dan STAD pada Mata Kuliah Struktur Hewan Program Studi Pendidikan Biologi. citation: Widianingsih, Syifa Andriyani dan Kartikawati, Eka (2020) ANALISIS KESULITAN PRAKTIKUM STRUKTUR HEWAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17386/1/Syifa%20Andriyani.pdf