eprintid: 17383 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/83 datestamp: 2023-07-10 08:30:13 lastmod: 2023-07-10 08:30:13 status_changed: 2023-07-10 08:30:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azhary, Septaria Cindy creators_name: Akbar, Budhi creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODEL LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR) 7E PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI SEMESTER 1 ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) model learning cycle 7E pada materi biologi kelas XI Semester 1. Penelitian ini dilakukan dari bulan Oktober hingga November 2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 13 Bekasi dan SMAN 51 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMAN 13 Bekasi kelas XI MIPA sebanyak 5 kelas. Dan SMAN 51 Jakarta kelas XI MIPA sebanyak 5 kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel adalah kelas XI MIPA 5 di SMAN 13 Bekasi dan kelas XI MIPA 4 di SMAN 51 Jakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Developmental Reseacrh) dengan model 4-D. RPP yang dikembangkan menggunakan model learning cycle 7E pada materi biologi kelas XI semester 1 yang terdiri dari RPP materi sel, materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan, materi struktur dan fungsi jaringan pada hewan, materi struktur dan fungsi tulang, otot dan sendi, materi sistem sirkulasi, dan materi struktur dan fungsi sel pada sistem pencernaan. Langkah-langkah pengembangan RPP terdiri dari beberapa tahap yaitu define (analisis awal, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, perumusan tujuan pembelajaran), design (penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, rancangan awal), develop (validasi ahli, uji coba), dan desseminate (penguji validasi, pengemasan, difusi dan adopsi). Validasi RPP dilakukan oleh para ahli. Tingkat kevalidan RPP yang diperoleh pada materi sel sebesar 80,8% kategori “sangat baik”, materi jaringan tumbuhan sebesar 78,6% kategori “baik”, materi jaringan hewan sebesar 79,5% kategori “baik”, materi sistem gerak sebesar 80,7% kategori “sangat baik”, materi sistem sirkulasi sebesar 79,2% kategori “baik”, dan materi sistem pencernaan sebesar 81,5% kategori “sangat baik”. Tingkat kepraktisan RPP yang diperoleh sebesar 79,6% kategori (baik). Tingkat keefektifan RPP yang diperoleh sebesar 86,1% kategori (sangat baik) pada SMA A dan 97,2% kategori (sangat baik) pada SMA B. Hasil pengembangan RPP menunjukkan sudah memenuhi syarat karakteritik yang baik yaitu valid, praktis, dan efektif. date: 2020-08-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Andriana, Y., Susianti, E., & Raharjo. (2016). Validitas dan Keterlaksanaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbahasa Inggris Berbasis Metakognitif Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Journal Unesa, 5(3), 282–288. Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan , Strategi , dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(01), 31–52. Eisenkraft, a. (2003). Expanding The 5E Model. The Science Teacher -Washington-, 70(6), 56–59. Retrieved from http://www.its-about-time.com/iat/5e.pdf Fauzi, A. (2017). Daya Serap Siswa Terhadap Pembelajaran Taksonomi Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pusaka, 1(8), 50–67. Retrieved from http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/daya-serap-siswa-pembelajaran-taksonomi-pai/88 Ferywidyastuti, S. (2015). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Jigsaw Berbasis Karakter Untuk Meningkatkan Aktivitas Mahasiswa. Jurnal Unimus, 325–335. Handayani, R. A. (2018). Kesesuaian Materi Terhadap Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Buku Ajar Bahasa Arab. Journal of Arabic Education and Literature, 2(1), 28. https://doi.org/10.18326/lisania.v2i1.28-43 Indaryanti, Susanti, E., Aisyah3, N., & Scristia. (2019). Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, IV(2), 103–109. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429 Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya. Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. 64 Nieveen, N. (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. In J. van den Akker, R. M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Eds.), Design Approaches and Tools in Education and Training. https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7 Nurindarwati, R. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Pengawas Upaya Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan Administrasi Pembelajaran. Jurnal Kajian Keislaman, 8(4), 14–34. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Lampiran IV Tentang Implementasi Kurikulum Pendoman Umum Pembelajaran. Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana. Rijal, A., & Putra, M. R. (2019). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika Berbasis Model Learning Cycle 7e Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 3(1), 77–92. Romansyah, K. (2016). Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika, XVII(2), 59–66. Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/logika/article/download/145/97 Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 65 25–36. Sa’bani, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 13–22. Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sain Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666 Susetya, B. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik Di SD N Gambiran Yogyakarta Tahun 2016. Jurnal Taman Cendikia, 01(02), 1–14. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113 Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & I, M. (1974). Instructional Decelopment For Training Teachers Of Exception Children : A sourcebook ERIC. Minnesota: University Of Minnesota. Uno, H. H. B. (2010). Model pembelajaran: menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1 Widoyoko, S. Eko Putro. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. citation: Azhary, Septaria Cindy dan Akbar, Budhi (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODEL LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR) 7E PADA MATERI BIOLOGI KELAS XI SEMESTER 1. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17383/1/Septaria%20Cindy%20Azhary.pdf