eprintid: 17382 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/82 datestamp: 2023-07-10 08:30:10 lastmod: 2023-07-10 08:30:10 status_changed: 2023-07-10 08:30:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putri, Sendy Zahara creators_name: Susilo, Susilo creators_id: sendyputri26@gmail.com creators_id: susilo@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: RASCH MODEL UNTUK VALIDASI INSTRUMEN DALAM MENGEVALUASI KEGIATAN PRAKTIKUM DI SMA SWASTA ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Metode praktikum menjadi bagian utama dari metode pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Faktanya, pembelajaran praktikum belum dapat dilaksanakan dengan baik terutama di sekolah Swasta. Riset ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas aktivitas praktik yang dilakukan guru berdasarkan persepsi siswa. Total 250 siswa SMA Swasta yang berpartisipasi dipilih dengan teknik convenience sampling untuk mengisi kuesioner. Terdapat 31 pernyataan dengan skala Likert yang dikembangkan dari empat indikator, yaitu kesesuaian materi dengan praktikum, pelaksanaan kegiatan praktikum, penggunaan teknologi dalam kegiatan praktikum, dan evaluasi kegiatan praktikum. Hasil tanggapan dari responden dianalisis melalui teknik Rasch, seperti validitas dan reliabilitas instrumen, karakteristik responden, tingkat kesulitan item, dan perbedaan persepsi responden dari data demografi. Hasil riset melaporkan bahwa pelaksanaan praktikum di SMA Swasta berjalan cukup baik. Terbukti dari keseriusan siswa saat praktikum dan terjadwalnya pelaksanaan praktikum. Dua indikator yang relatif lebih sulit disetujui oleh siswa adalah pemanfaatan teknologi dan evaluasi kegiatan praktikum. Temuan menunjukkan laki-laki lebih mudah melakukan manipulasi data eksperimen dibandingkan perempuan. Kesimpulannya, metode praktikum diharapkan menjadi metode pembelajaran yang efektif sehingga hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik. date: 2020-08-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abrahams, I. (2017). Minds-On Practical Work for Effective Science Learning. (In K. S. T). The Netherlands: Sense Publishers. Adnyani, I. S., Seniari, N. M., Supriyatna, Natsir, A., Nababan, S., & Ratnasari, D. (2019). Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium Siswa SMPN 7 Mataram. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 170–174. Amalia, N. R., Rosanti, W., Susatyo, E. B., & Harjito. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Laboratorium dengan Pembelajaran Pogil pada Materi Titrasi Asam Basa. Chemistry in Education, 8(1), 19–25. Amanda, C., Suyono, H., & Diponegoro, A. M. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Konstruk Resiliensi Ego Menggunakan SEM. Psyche 165 Journal, 13(02), 1–6. Amirullah. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Malang: Bayumedia Publishing. Ardiyanti, D. (2017). Aplikasi Model Rasch pada Pengembangan Skala Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal Psikologi, 43(3), 248–263. https://doi.org/10.22146/jpsi.17801 Arifin, H. S., Fuady, I., & Kuswarno, E. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komonikasi Dan Opini Publik, 21(1), 88–101. Asmail. (2018). Deskripsi Pengelolaan Laboratorium Biologi di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Astuti, A. P. (2019). Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Laboratorium Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi pada Materi Respon Bangsa Indonesia Terhadap Pendudukan Jepang di Kelas XI IIS 2 MAN 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018-2019. Universitas Siliwangi. Astuti, W., Lissa, & Rachman, D. F. (2019). Analisis Pelaksanaan Praktikum Uji Urine pada Siswa di SMA Negeri 1 Sindang Indramayu. Seminar Matematika Dan Sains, 102–111. Aziz, R. (2015). Aplikasi Model Rasch dalam Pengujian Alat Ukur Kesehatan Mental di Tempat Kerja. Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(2), 29–39. Azizah, & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Rasch untuk Analisis Instrumen Tes Pada Mata Kuliah Matematika Aktuaria. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1ppx45-50 Barrie, S. C., Bucat, R. B., Buntine, M. A., Silva, K. B. da G. T. C., George, A. V., Jamie, I. M., … Yeung, A. (2015). Development, Evaluation and Use of a Student Experience Survey in Undergraduate Science Laboratories: The Advancing Science by Enhancing Learning in the Laboratory Student Laboratory Learning Experience Survey. International Journal of Science Education, 37(11). https://doi.org/10.1080/09500693.2015.1052585 Basheer, A., Hugerat, M., Kortam, N., & Hofstein, A. (2017). The Effectiveness of Teachers’ Use of Demonstrations for Enhancing Students’ Understanding of and Attitudes to Learning The Oxidation-Reduction Concept. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(3). https://doi.org/DOI 10.12973/eurasia.2017.00632a 56 Basthoh, E., & Hayati, N. (2019). Efektivitas Pemanfaatan Labor IPA di SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(2), 119–124. Baum, D. R., & Riley, I. (2019). The Relative Effectiveness of Private and Public Schools: Evidence from Kenya. School Effectiveness and School Improvement, 30(2), 104–130. https://doi.org/10.1080/09243453.2018.1520132 Ben, F. (2020). Re-examining the Utility of the Individualised Classroom Environment Questionnaire (ICEQ) Using the Rasch Model (Rasch Meas; M. S. Khine, Ed.). https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-981-15-1800-3_5 Bond, T. G., & Fox, C. M. (2015). Applying the Rasch Model: Fundamental Measurement in the Human Sciences. Psychology Press. Boone, W. J., & Noltemeyer, A. (2017). Rasch Analysis: a Primer for School Psychology Researchers and Practitioners. Cogent Education, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/2331186X.2017.1416898 Cempaka, G., Mujasam, Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2017). Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA dalam Pembelajaran Fisika di SMA Yapis Manokwari. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 1–12. Retrieved from http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/785 Chai, C. P., Pang, V., & Chin, K. E. (2018). Using Rasch Analysis to Examine the Effects of Year 5 Student’s Understanding of Whole Numbers Multiplication. In Pacific Rim Objective Measurement Symposium (PROMS) 2016 Conference Proceedings. https://doi.org/10.1007/978-981-10-8138-5 Chi, S. H., Wang, Z., & Liu, X. (2019). Investigating Disciplinary Context Effect on Student Scientific Inquiry Competence. International Journal of Science Education, 41(18), 2736–2764. https://doi.org/10.1080/09500693.2019.1697837 Christiana, R., & Krisphianti, Y. D. (2020). Analisis Rasch pada Skala Efikasi Diri Akademik Praktikum Konseling. Jurnal Kependidikan, 6(1), 111–118. Cordier, R., Speyer, R., Schindler, A., Michou, E., Heijnen, B. J., Baijens, L., … Joosten, A. V. (2018). Using Rasch Analysis to Evaluate the Reliability and Validity of the Swallowing Quality of Life Questionnaire : An Item Response Theory Approach. Dysphagia, 4. https://doi.org/10.1007/s00455-017-9873-4 Decaprio, R. (2013). Tips Mengelola Laboratorium Sekolah (1st ed.). Yogyakarta: DIVA Press. Dewi, N. L. P. R., Suastra, I. W., & Pujani, N. M. (2018). Pengembangan Modul Praktikum IPA SMP Kontekstual pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Peduli Lingkungan. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(2), 57–67. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i2.20314 Dickson, M., Kadbey, H., & McMinn, M. (2015). Comparing Reported Classroom Practice in Public and Private Schools in the United Arab Emirates. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 209–215. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.079 Dorji, R., Bailey, J., Paterson, D., Graham, L., & Miller, J. (2019). Bhutanese Teachers’ Attitudes Towards Inclusive Education. International Journal of 57 Inclusive Education, 1–20. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1563645 Elseria. (2016). Efektifitas Pengelolaan Laboratorium IPA. Jurnal Manajer Pendidikan, 10(1), 109–121. Emda, A. (2017). Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 84–92. Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). Analisis Kualitas Soal Kemampuan Membedakan Rangkaian Seri dan Paralel melalui Teori Tes Klasik dan Model Rasch. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 11–19. Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassin, R. S. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11 Fauziah, N. (2019). Efektivitas Penuntun Praktikum Biologi Umum Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 5(1), 46–54. Ferreira, S., & Morais, A. M. (2018). Practical Work in Science Education: Study of Different Contexts of Pedagogic Practice. Research in Science Education, 1–28. https://doi.org/10.1007/s11165-018-9743-6 Fitri. (2017). Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen Kinerja Akuntan Menggunakan Pendekatan Rasch Model. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 3(1), 34–45. Friyatmi, Mardapi, & Djemari., H. (2019). Determining Test Length Precision for Economics Testing : The Implementation of IRT Model for Classroom Assessment. Advances in Economics, Business and Management Research, 64, 317–325. George-Williams, S. R., Ziebell, A. L., Thompson, C. D., & Overton, T. L. (2020). Inquiry-, Problem-, Context- and Industry- Based Laboratories: an Investigation Into the Impact of Large-Scale, Longitudinal Redevelopment on Student Perceptions of Teaching Laboratories. International Journal of Science Education, 42(3), 451–468. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1714788 Hamama, S. F., Hallaby, S. F., & Ramona, S. (2019). Analisis Persepsi Siswa Berdasarkan Gender Terhadap Pembelajaran Biologi di Dalam Kelas. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(1), 21–26. Haq, A. D. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Sistematika Invertebrata di Laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta Ditinjau dari Hasil Akhir Praktikum. Surakarta. Harman, G., Cokelez, A., Dal, B., & Alper, U. (2016). Pre-service Science Teacher’s Views on Laboratory Application in Science Education : The Effect of a Two-semester Course. Universal Journal of Educational Research, 4(1), 12–25. Haryani, R., & Mulyana, H. (2020). Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Penanganan Combustio pada Pedagang Gorengan. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 16(1), 142–152. Hizhwati, D. (2019). Persepsi Guru Biologi Terhadap Penggunaan Mobile 58 Learning dalam Proses Pembelajaran Biologi. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Ibnu, M., Indriyani, B., Inayatullah, H., & Guntara, Y. (2019). Aplikasi Rasch Model: Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Miskonsepsi Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 205–210. Iffah, L. (2018). Persepsi Nasabah Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan Bank Syariah Cabang Malang. Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 79. https://doi.org/10.22219/jes.v3i1.5836 Ilhamdi, M. L., Sukib, S., & Ardhuha, J. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Kegiatan Praktikum di Laboratorium. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 188. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1900 Irfan, R. D., Gusmaweti, & Deswati, L. (2016). Persepsi Siswa Tentang Kegiatan Praktikum Biologi dari Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Padang. 5(7), 1–8. JJ, H., & Moedjiono. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset. Jobér, A. (2017). Revising Laboratory Work: Sociological Perspectives on the Science Classroom. Cultural Studies of Science Education, 12(3), 615–635. https://doi.org/10.1007/s11422-016-9765-1 Johnson, A. V. S., Paro, K. M. La, & Crosby, D. A. (2017). Early Practicum Experiences Preservice Early Childhood Students’ Perceptions and Sense of Efficacy. Early Chilhod Education Journal, 45(2). https://doi.org/10.1007/s10643-016-0771-4 Early Kasi, Y. F., Widodo, A., Riandi., Aminudin, A. H., Coştu, B. & Samsudin, A. (2020). Using the Rasch Model to Measure Science Teachers ’ Perception toward Teacher Professional Development Program in Nagekeo , East Nusa Tenggara. Talent Development & Excellence, 12(1), 3955–3974. Kaspersen, E., Pepin, B., & Sikko, S. A. (2016). Measuring Student Teachers’ Practices and Beliefs about Teaching Mathematics Using the Rasch Model. International Journal of Research and Method in Education, 1–23. https://doi.org/10.1080/1743727X.2016.1152468 Khaerunnisa, B. S., Kusmiyati, K., & Ilhamdi, M. L. (2019). Analisis Tingkat Kesulitan yang Dialami Peserta Didik dalam Praktikum Biologi di SMA. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 23–38. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i1.1042 Khine, M. S. (2020). Objective Measurement in Psychometric Analysis (Rasch Meas; M. S. Khine, Ed.). Singapore: Springer. Koirala, K. P. (2019). Effectiveness of Practical Work on Students’ Achievement in Science at Secondary Level in Gorkha District Nepal. Journal of Advances in Education Research, 4(4), 139. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22606/jaer.2019.44001 Kristiana, I. F., Fajrianthi, F., & Purwono, U. (2018). Analisis Rasch Dalam Utrecht Work Engagement Scale-9 (Uwes-9) Versi Bahasa Indonesia. Jurnal Psikologi, 17(2), 204–217. https://doi.org/10.14710/jp.17.2.204-217 Kurniawan, U., & Andriyani, D. K. K. (2018). Analisis Soal Pilihan Ganda Dengan Rasch Model. Jurnal Statistika, 6(1), 34–39. Lal, S., Lucey, A. D., Lindsay, E. D., Treagust, D. F., Long, J. M., Mocerino, M., 59 & Zadnik, M. G. (2019). Student Perceptions of Instruction Sheets in Face-to-Face and Remotely-Operated Engineering Laboratory Learning. European Journal of Engineering Education, 1–25. https://doi.org/10.1080/03043797.2019.1654433 Lee, M. C. (2018). The Effectiveness of Practical Work in Physics to Impove Student’s Academic Performances. International Journal of Social Sciences, 3(3), 1404–1419. Lee, M. C., & Sulaiman, F. (2017). The Effectiveness of Practical Work on Students ’ Interest towards Learning Physics. 9th International Conference on Business, Management, Law and Education, (December). Kuala Lumpur (Malaysia). Lestari, M., Fifendy, M., & Ardi. (2017). Analisis Ketersediaan Peralatan dan Keterlaksanaan Kegiatan di Laboratorium Biologi SMA Negeri se-Kabupaten Pasaman. Berkala Ilmiah Bidang Biologi, 1(2), 191–200. Lewthwaite, B. (2014). Thinking about Practical Work in Chemistry: Teacher’s Considerations of Selected Practice for the Macroscopic Experience. Chemistry Education Research and Practice, 15(1), 35–46. Lubis, N. F. (2019). Profil Laboratorium dan Pelaksanaan Praktikum Kimia SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Jurnal Pengembangan Edukasional Indonesia, 2(2), 56–62. Lundin, M., & Lindahl, M. G. (2014). Negotiating the Relevance of Laboratory Work: Safety, Procedures and Accuracy Brought to the Fore in Science Education. Nordina, 10(1), 32–45. Maarif, N. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Praktik di Laboratorium IPA SMP It Al Umar Ngargosoka Srumbung Kabupaten Magelang. Universitas Negeri Yoyakarta. Mahfudiani, C. F. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA di SMA Negeri Se-kabupaten Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta. Manunure, K., Delserieys, A., & Castéra, J. (2019). The Effects of Combining Simulations and Laboratory Experiments on Zimbabwean Students’ Conceptual Understanding of Electric Circuits. Research in Science & Technological Education. Marcella, Z., Susanti, N., & Dani, R. (2018). Analisis Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Terpadu di SMPN 17 dan SMPN 19 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 41–48. Maulida, D. R., & Kusumaningtyas, D. A. (2017). Efektivitas Kegiatan Praktikum Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X pada Materi Asas Black di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 43–48. https://doi.org/doi.org/10.21009/1.03106 Meng, R., Li, J., Wang, Z., Zhang, D., Liu, B., Luo, Y., … Yu, C. (2020). The Chinese Version of The Perceived Stress Questionnaire: Development and Validation Amongst Medical Students and Workers. Health and Quality of Life Outcomes, 18(70), 1–17. https://doi.org/doi.org/10.1186/s12955-020-01307-1 Monica, M. (2017). Analisis Pelaksanaan Praktikum dan Permasalahannya Materi Organisasi Kehidupan Di SMP. Universitas Lampung. 60 Nasution, N., & Hasairin, A. (2016). Analisis Sarana dan Pemanfaatan Laboratorium IPA (Biologi) dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI di SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(4), 31–37. Ngaeni, E. N., & Saefudin, A. A. (2017). Menciptakan Pembelajaran Matematika yang Efektif dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(2), 264–274. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.896 Ngozi, D., & Halima, S. (2015). Inadequate Laboratory Facilities and Utilization: Pedagogical Hindrance to Students’ Academic Performance in Biology in Senior Secondary Certificate Examination in Zaria Metropolis, Kaduna State, Nigeria. International Business Research, 8(9), 124–134. https://doi.org/10.5539/ibr.v8n9p124 Ningrum, M. S. (2019). Analisis Keterlaksanaan Praktikum Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Se-Kotamadya Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Lampung. Ningsih, N. R. (2017). Persepsi Mahasiswi Semester Lima Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Terhadap Busana Hijab. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Novallyan, D., Utami, W., Susanti, T., & Nehru, N. (2019). Evaluation of the Effectiveness of Practical Inquiry-based Biology Course. Advances in Social Science, Education, and Humanities Research, 253, 253–255. https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.19 Nuraeni, Darmawan, A., & Nughraha, D. A. (2020). Studi Efektivitas Sosialisasi Proyek Pembangunan Pelabuhan Patimban dan Penerimaannya oleh Masyarakat. Junal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 6(1), 390–398. Nurjanah, S. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru dalam Menjelaskan Materi Pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Okam, C. C., & Zakari, I. I. (2017). Impact of Laboratory-Based Teaching Strategy on Student’s Attitudes and Mastery of Chemistry in Katsina Metropolis. International Journal of Innovative Research and Development, 6(1), 112–121. Omilani, N. A., Akinyele, S. A., Durowoju, T. S., & Obideyi, E. I. (2018). The Effect of the Assessment of Practical-based Work on Pupils’ Problem Solving and Achievement in Basic Science and Technology in Odeda Local Government of Ogun State, Nigeria. International Jurnal of Primary, Elementary, and Early Years Education, 47(6), 760–772. https://doi.org/10.1080/03004279.2018.1534874 Osuafor, A. M. (2016). A Survey of Biology Teachers Use of Activity-Oriented , Laboratory Practical Exercises to Promote Functional Biology Education. Journal of Education and Learning, 10(3), 281–290. Pambudi, A. (2017). Efektivitas Pendekatan Metakognitif dalam Pembelajaran Fisika Ditinjau dari Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas X SMA (Universitas Negeri Yogyakarta). 61 https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Pan, A., Wu, C., Chung, L., & Chen, T. (2018). Reliability and Validity of the Self-Reported Activities of Daily Living Scale for People with Mental Illness. Hong Kong Journal of Occupational Therapy, 31(2), 115–124. https://doi.org/10.1177/1569186118819891 Pedha, M. A. S. (2017). Penerapan Metode Praktikum untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Nilai Karakter Peserta Didik pada Materi Pokok Gaya Kelas VIII SMP Negeri 1 Wanukaka. Putri, T. N. U. (2019). Analisis Aktivitas Belajar Siswa yang Memanfaatkan Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bioteknologi KElas XII IPA SMA NEGERI 1 Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Qin, L., & Torres, M. (2018). Challenges to Measuring Chinese Students ’ Perceptions of Freedom of Expression : an Application of Rasch Analysis. Citizenship, Social and Economics Education, 17(1), 35–55. https://doi.org/10.1177/2047173418763911 Rachman, T., & Napitupulu, D. B. (2017). Rasch Model for Validation a User Acceptance Instrument for Evaluating E-learning System. Communication & Information Technology Journal, 11(1), 9–16. https://doi.org/10.21512/commit.v11i1.2042 Ramadhani, M. H., & Titisari, P. W. (2019). Laboratory hands-on activity : A case study in senior high school of Pekanbaru-Indonesia. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(2), 253–268. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jpbi. v5i2.8457 Ribau, I. (2020). Practical Work by Laboratory Stations : An Innovation in Experimental Work Practical Work by Laboratory Stations : An Innovation in Experimental Work. Universal Journal of Educational Research, 8(1), 17–26. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080103 Rohmi, A., & Faiza, D. (2019). Kontribusi Minat Belajar dan Pemanfaatan Sarana Prasarana Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa. Junral Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(3), 1–9. Rosdiana, Khuzaemah, E., & Gloria, R. Y. (2016). Analisis Daya Dukung Laboratorium IPA-Biologi dalam Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Pembelajaran Biologi di MA Nurul Hikmah Haurgeulis. Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains, 5(1), 78–89. Retrieved from www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/sceducatia Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.966 Sandira. (2016). Persepsi Siswa SMAN 1 Payung Terhadap Kenakalan Remaja. STUDIA, 1(1), 107–124. Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh Penerapan Praktikum Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Literasi Sains dan Hasil Belajar. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 122–129. 62 https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1342 Sari, D. S. (2019). Analisis Pelaksanaan Praktikum pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI di SMA Negeri Bingin Teluk Tahun Ajaran 2018/2019 (Univeristas Muhammadiyah Palembang). Retrieved from http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/4743/ Sarmouk, C., Ingram, M. J., Read, C., Curdy, M. E., Spall, E., Farlow, A., … Patel, B. A. (2019). Pre-laboratory Online Learning Resource Improves Preparedness and Performance in Pharmaceutical Sciences Practical Classes. Innovations in Education and Teaching International, 00(00), 1–12. https://doi.org/10.1080/14703297.2019.1604247 Scott, P. H., Veitch, N. J., Gadegaard, H., Mughal, M., Norman, G., & Welsh, M. (2017). Enhancing Theoretical Understanding of a Practical Biology Course Using Active and Self-Directed Learning Strategies. Journal of Biological Education, 52(2), 184–195. https://doi.org/10.1080/00219266.2017.1293557 Setyaningrum, P. A. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA Biologi (Universitas Islam Negeri Raden Intan). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia. Shintya Dewi, D. A. K. D., Sastrawidana, D. K., & Wiratini, N. M. (2019). Analisis Pengelolaan Alat dan Bahan Praktikum pada Laboratorium Kimia di SMA Negeri 1 Tampaksiring. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(1), 37. https://doi.org/10.23887/jjpk.v3i1.21162 Simatupang, A. C., & Sitompul, A. F. (2018). Analisis Sarana dan Prasarana Laboratorium Biologi dan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Biologi dalam Mendukung Pembelajaran Biologi Kelas XI. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), 109–115. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2 Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Špernjak, A., & Šorgo, A. (2018). Differences in Acquired Knowledge and Attitudes Achieved with Traditional, Computer-Supported and Virtual Laboratory Biology Laboratory Exercises. Journal of Biological Education, 52(2), 206–220. https://doi.org/10.1080/00219266.2017.1298532 Stern, J. M. B., & Smith, T. M. (2016). Private Secondary Schools in Indonesia: What is Driving the Demand? International Journal of Educational Development, 46, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2015.11.002 Sultan. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC). Suara Intelektual Gaya Matematika, 12(1), 1–13. Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Bandung: Trim Komunikata. Suryani, Y. E. (2018). Aplikasi Rasch Model dalam Mengevaluasi Intelligenz Structure Test (IST). Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 73–100. https://doi.org/10.21580/pjpp.v3i1.2052 63 Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education, 2(2), 49–57. Retrieved from https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/759/708 Sweatman, W. M., Heinemann, A. W., Furbish, C. L., & Field-Fote, E. C. (2020). Modified PRISM and SCI-SET Spasticity Measures for Persons With Traumatic Spinal Cord Injury: Results of a Rasch Analyses. Archives of Physical Medicine and Rehabilitation. https://doi.org/10.1016/j.apmr.2020.05.012 Tan, S. K., & Chellappan, K. (2018). Assessing the Validity and Reliability of the Self-Efficacy Questionnaire for Children (Seq–c) among Malaysian Adolescents: Rasch Model Analysis. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 51(3), 179–192. https://doi.org/10.1080/07481756.2018.1435192 Tatimmah, L.-L. in. (2017). Analisis Kesiapan Laboratorium dalam Mendukung Pembelajaran Biologi SMA/MA Se-Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Trianto, T. T., Hartono, & Akhlis, I. (2019). Pemanfaatan Youtube untuk Pembelajaran Fisika dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Laboratorium Siswa. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Universitas Negeri Semarang. Uki, S. R., Saehana, S., & Pasaribu, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbasis Hands-on Activity pada Materi Fluida Dinamis terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Physics Communication, 1(2), 6–11. Ukoh, E. E., & Amuda, A. A. (2015). Laboratory Resource Factors and Frequency of Practical Activities as Correlates of Secondary Student’s Achievement and Interest in Physics in Oyo State, Nigeria. Journal of Science, Technology & Education (JOSTE), 3(4). UNESCO. (2017). Education, the Four Pillars of Learning. Retrieved from http://www.unesco.org/new/en/education%0A/networks/global-networks/aspnet/about Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI. Wind, S. A., Alemdar, M., Lingle, J. A., Moore, R., & Asilkalkan, A. (2019). Exploring Student Understanding of the Engineering Design Process Using Distractor Analysis. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0156-x Yang Shi, P., Gugiu, C., Crowe, R. P., & Way, D. P. (2018). A Rasch Analysis Validation of the Maslach Burnout Inventory – Student Survey with Preclinical Medical Students. Teaching and Learning in Medicine, 1–16. https://doi.org/10.1080/10401334.2018.1523010 Yusuf, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Praktikum. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(2), 91. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Zogza, V., & Ergazaki, M. (2013). Inquiry-Based Science Education: Theory and Praxis. Review of Science, Mathematics and ICT Education, 7(2), 3–8 citation: Putri, Sendy Zahara dan Susilo, Susilo (2020) RASCH MODEL UNTUK VALIDASI INSTRUMEN DALAM MENGEVALUASI KEGIATAN PRAKTIKUM DI SMA SWASTA. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17382/1/Sendy%20Zahara%20Putri.pdf