eprintid: 17380 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/80 datestamp: 2023-07-10 08:30:06 lastmod: 2023-07-10 08:30:06 status_changed: 2023-07-10 08:30:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fitri, Rosha Cinintya creators_name: Yarza, Husnin Nahry creators_id: husnin.rahry@uhamka.ac.id title: ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI FUNGI ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa serta mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada materi fungi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA di SMA Muhammadiyah 9 Bekasi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 & MIPA 2 di SMA Muhammadiyah 9 Bekasi sebanyak 47 siswa yang diambil secara Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal mengenai materi fungi dan angket tentang kesulitan belajar. Soal penguasaan konsep materi fungi berjumlah 41 soal dengan bentuk pilihan ganda. Angket faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar berjumlah 35 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata diperoleh sebesar 83,93%. Setelah diidentifikasi kembali siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan kategori rendah pada materi fungi terdapat 15 orang dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 56,66. Materi fungi memiliki dua sub materi yaitu klasifikasi fungi dan karakteristik fungi. Pada klasifikasi fungi memiliki jumlah materi yang sulit sebesar 54%. Sedangkan karakteristik fungi memiliki presentase sebesar 60%. Faktor penyebab kesulitan belajar berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal kesulitan belajar terdiri dari minat, motivasi, kesiapan dan perhatian siswa. Sedangkan pada faktor eksternal terdiri dari sekolah, keluarga dan masyarakat. date: 2020-09-05 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Afriadi, R., & Yuni, R. (2018). Jurnal Biolokus Jurnal Biolokus. Jurnal Biolokus, 1(1), 1–10. Alang, S. (2015). Urgensi Diagnosis Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Al-Irsyad Al-Nafs : Jurnal Bimbingan Dan Penyuluhan Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.24252/aian.v2n1a1 Anisa, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Fungi Pada Siswa Kelas X SMA NEGERI 2 SELAYAR. In Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Fungi Pada Siswa Kelas X SMA NEGERI 2 SELAYAR (Vol. 21, pp. 1–9). Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Asyhar, R. (2012). Kretif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press. Aunurrahman. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689 Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Haryulinda, A. Z. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran BRAIN-BASED LEARNING Berbasis PROBLEM-BASED LEARNING (BBL-PBL) Untuk Pembelajaran Biologi Di SMA. In Pengembangan Model Pembelajaran BRAIN-BASED LEARNING Berbasis PROBLEM-BASED LEARNING (BBL-PBL) Untuk Pembelajaran Biologi Di SMA (p. 216). Husamah. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Malang: UMM Press. Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan, 2(2), 221–228. Kompri. (2017). Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Yogyakarta: Media Akademi. Lubis, D. A., Hasairin, A., & Rengkap. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Jamur Di Kelas X IPA SMAN 1 Batang Kuis. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(3), 340–347. 65 https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpp.v5i3.8868 Mubarak, S., Susilaningsih, E., & Cahyono, E. (2016). Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas Xi. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 101–110. Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 03, 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52 Purwanto, N. (2019). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149 Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group. Simanjuntak, N. E., & Hasrudin. (2016). Analisis pengetahuan dan sikap siswa pada materi jamur. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(3), 69–74. https://doi.org/10.24114/JPP.V4I3.6608 Simatupang, R. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal EDUGENESIS, 1(1), 36–36. Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Sriyanti, L. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Ombak. Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sulistyowati, E., Omegawati, W. H., & Hidayat, M. L. (2016). BIOLOGI untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Intan Pariwara. Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i1.785 Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan. Depok: Rajawali Press. U.M, F. N., Isnawati, & Trimulyono, G. (2016). Pengembangan Permainan 66 Question Wheel Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Keaktifan Menjawab Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. BioEdu, 5(3), 271–276. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu Ulfa, S. W. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum : Upaya Mengembangkan. Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VI(1), 65–75. Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas, 2(2), 1–10. Yusrina, S., Marianingsih, P., & Ekanara, B. (2019). SUB KONSEP TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DIKELAS X SMA NEGERI 7 KOTA TANGERANG SELATAN MOTIVATION AND CRITICAL THINKING SKILL PROFILE THROUGH GREEN OPEN SPACE AS LEARNING RESOURCE ON BIODIVERSITY SUB CONCEPT FOR 10 th GRADE OF SMA NEGERI 7 KOTA TANGERANG. Jurnal Biologi Dan Pembelajaran, 14(1), 47–55. Zamzami, Sakdiah, & Nurbaiza. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 123–133. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi citation: Fitri, Rosha Cinintya dan Yarza, Husnin Nahry (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI FUNGI. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17380/1/Rosha%20Cinintya%20Fitri.pdf