eprintid: 17378 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/78 datestamp: 2023-07-10 08:29:52 lastmod: 2023-07-10 08:29:52 status_changed: 2023-07-10 08:29:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rizki, Nandra Alfiana creators_name: Akbar, Budhi creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MTA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER II ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) model cooperative learning tipe Teams Games Tourrnaments (TGT) berbasis scientific approach yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran biologi Sekolah Menengah Atas (SMA). Studi ini merupakan develpoment research yang menggunakan 5 fase model pengembangan Plomp. Namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap keempat yaitu fase tes, evaluasi dan revisi. Penelitian ini melibatkan Ahli Pakar RPP, Dosen Biologi, Guru Biologi dari dua sekolah menengah, dan 72 peserta didik kelas X IPA dari dua SMA Negeri di Indonesia. Penentuan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian RPP dan angket respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran serta tes hasil belajar berupa soal ulangan harian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. RPP model cooperative learning tipe TGT berbasis scientific approach memiliki pengaruh positif terhadap proses pembelajaran serta hasil belajar peserta didik. Studi ini menghasilkan lima RPP yang valid, yaitu RPP materi Fungi, Plantae, Animalia, Ekologi dan Perubahan Lingkungan. Berdasarkan data validasi tidak ada RPP yang tidak valid, dengan kualitas kelayakan seluruhnya berada pada kategori sangat baik, dengan persentase materi Fungi 94,48%, materi Plantae 94,14%, materi Animalia 95,15%, materi Ekologi 95,59% dan pada materi Perubahan Lingkungan adalah 93,99%, dan kualitas kepraktisan RPP memperoleh persentase 72,98% berada pada kategori baik serta kualitas keefektifan RPP memperoleh persentase 72,22% berada pada kategori baik dan 86,11% berada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP tersebut telah memenuhi persyaratan aspek kelayakan perangkat pembelajaran untuk digunakan sebagai acuan dalam mengajar. date: 2020-08-15 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidin & Purbawanto. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Liverwire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di SMK Negri 4 Semarang, Edu Elektrika Journal, 4(1), 38-49. Anitah, S. (2016). Strategi Pembelajaran Biologi. Tangerang Selatan: Univrsitas Trbuka. Anonim. (2012). Teams Games Tournaments (TGT). Diambil 25 Maret 2020, dari laman http://modelpembelajarankooperatif.blogspot.com/2012/08/teamsgames- tournaments-tgt.html. Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Astutik dan Rusimamto. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Softwere Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik DISMK 2 Surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 107-114. Atmaja T dan Mulyani E. (2018). Perbedaan Metode Inkuiri Model Pair Checks dengan Metode Ceramah dalam Meningkatan Hasil dan Motivasi Belajar, Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 131-140. Azhari et al. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Sains Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di MAN Darussalam Aceh Besar, Jurnal EduBio Tropika, 6(2), 73-121. Bhat. (2019). Learning Styles in the Context of Reasoning and Problem Solving Ability: An Approach based on Multivariate Analysis of Variance, International Journal of Psychology and Educational Studies, 6 (1), 10‐ 20. Christz. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Diambil 24 Maret 2020, dari laman heny-christz.blogspot.com. Dickson et al. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Matematika. Jurnal ilmiah,16(2), 282-301. 87 Fathurrohman, M. (2015). Model-ModelPembelajaran Inovatif . Jogjakarta: ARRUZZ MEDIA. Hafiz, M. (2013). Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan Bermakna. Jurnal Research and Development, 16(1), 28-43. Hakim. (2018). Penerapan Desain Model Plomp pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(1), 36-40. Irnaningtyas. (2014). Biologi Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga. Trianto.(2010). Mendesain Model Pmbelajaran Inofatif Progresif. Jakarta: Kencana. Kadir, A. (2008). Menguasai Bahasa Inggris Melalui Kokami. Diambil 25 Maret 2020, dari laman http://www.smunet.com/main.php.< 21 agustus 2011>. Keller. (1987). Model ARCS Keller. Diambil 12 juli 2020, dari laman https://learningtheori-wordpress.2010 Kherysuryawan. (2018). Unsur ABCD pada tujuan pembelajaran di dalam RPP. Diambil 25 Maret 2020, dari laman Kaherysuryawan. id. blogspot.com. Kusmawati. (2017). Pengembangan SSP Biologi Domain Kreativitas untuk Meningkatkan Karakter Kreatif , Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3 (1), 12-21. Lufri et al.(2020). Effect of Active Learning in Form of Scientific Approach with Assistance of Student Worksheets Based Problem Based Learning (PBL) Towards Students Biology Psychomotor Competence in Bacterial Material. Journal of Educational Sciences, 4(1), 20-29. Martantika, L. (2017). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dengan Pendekatan Saintifik Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta. Mendikbud.(2013). Lampiran Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud. Mendikbud.(2016). Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud. 88 Mendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud. Mendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Mendikbud. (2018). Permendikbud Nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Mendikbud. (2019). Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Minan et al . ( 2017). Peningkatan Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Saintifik bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 125-143. M. Zainudin dan Edi Istiyono. (2019). Scientific Approach to Promote Response Fluency Viewed from Social Intelligence: Is It Effective?, European Journal of Educational Research, 8(3), 801 - 808. Musfikon & Nurdyansyah. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintific. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. Musfirah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTS. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam. Nieveen, Nienke. (2010). Formative Evaluation in Eduational Design Research. Dalam Tjeer Plom and Nienke Nieeveen (Ed). An Introduction to Educational Design Research. (p:9-35). Netherlands in www.slo.nl/organisatie/international/ publications. Nieven, N. & Plomp, T. (2013). Educational design research. Netherlands: P.O. Box 20417500 Enschede Notodiputro, Chairil Anwar. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta: Buku Kompas. Nuraeni, H & Nurhayati, N.W. (2015). Studi Komparasi Pembelajaran Menggunakan Kartu Destinasi Dan Kotak Kartu Misterius (Kokami) Ditinjau Dari Kemampuan Memori Terhadap Prestasi Belajar Siswa 89 Pada Materi Pokok Koloid Sma Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal kependidikan kimia (JPK), 4(2), 39. Plomp, Tjeerd. ( 2010). Educational Design Research: An Introduction. Dalam Tjeer Plomp and Nienke Nieeveen (Ed). An Introduction to Educational Design Research. (p:9-35). Netherlands in www.slo.nl/organisatie/international/ publications. PP RI. (2013). Peraturan pemerintah republik indonesia nomor 32 tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta. Prawirohartono,S. Dan Hidayati, S. (2013). Konsep dan Penrapan Biologi SMA/MA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara. Pujiyanto, S. (2008). Menjelajah Dunia Biologi I. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Raida. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa dan Guru SMA Se-Kota Salatiga, Journal of Biology Education, 1(2), 209-222. Rahayu, S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Kokami Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Termokimia. Pekan Baru: UIN SUSKA RIAU. Rustaman, N.Y. (2010). Pendidikan Biologi dan Trend Penelitiannya. Diambil 24 Maret 2020,dari laman: http://file.upi.edu/direktori/sps/rosi.pendidikan_ipa/195012311979032 nuryani_rustaman/ pendidika_biologi_dan_trend_penelitiannya.pdf. Sa’adah. (2019). Teacher’s Belief Toward The Implementation Of Scientific Approach In 2013 Curriculum And Its Practices On Ennglish Classroom. Jurnal sains sosial dan humaniora, 3(2), 87-93. Salam et al. (2015). Teams Games Tournament (TGT) Cooperative Technique for Learning Mathematices in Secondary Schools in Bangladesh. Journal of research in matematich education, 4(3), 271-287. Saputra, Hikmah, & Rohman. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dengan Media Kokami dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Bioshell, 2 (1), 110-121. Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media. 90 Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suherman. (2007). Hakikat Pembelajaran. Bandung: FKIP UNLA. Sulaeman et al. (2013). Buku Panduan Pengembangan dan Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Sumiatai & Asra. (2019). Metode Pmbelajaran. Bandung: PT Sandiarta Sukses. Susirowanto, S.H.(2015). Pengembangan RPP dan LKS Matematika dengan Pendkatan PMRI Berbasis Scientific Approach Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. Jember: Universitas Terbuka. UU RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. UU RI. (2002). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta. Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Peserta didik melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronic, Informatics and Vocational Education (ELINVO). 1 (2), 128-139. Widiyanto. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Madiuan Jawa Timur: UNIPMA PRESS. Yusuf. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PRENADAMEDIA group. Zuhri. (2017). Pendidikan dan pembelajaran. Diambil 24 Maret 2020,dari laman https://www zuhriindonesia.blogspot.com/2019/06/kompetensikecakapan- hidup-abad-21.html. citation: Rizki, Nandra Alfiana dan Akbar, Budhi (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MTA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER II. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17378/1/NANDRA%20ALFIANA%20RIZQI.pdf