eprintid: 17373 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/73 datestamp: 2023-07-10 08:29:46 lastmod: 2023-07-10 08:29:46 status_changed: 2023-07-10 08:29:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Puspita, Gharnis creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: gharnispuspita06@gmail.com creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS XI SMA BUDHI WARMAN 1 ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitin ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap higher order thinking skill siswa kelas XI di SMA Budhi Warman 1 pada pokok bahasan respirasi dan ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa terbagi dalam 2 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes tertulis yang terdiri atas 22 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Indikator yang diukur meliputi tiga jenis indikator yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan juga menciptakan. Hasil menunjukkan rata-rata posttest berpikir tingkat tinggi siswa kelas eksperimen sebesar 68,8. Adapun kelas kontrol memperoleh nilai 58,00. Indikator yang berpengaruh di kelas eksperimen pada berpikir tingkat tinggi yaitu menganalisis nilai rata-rata 70,3% dengan interprestasi baik, mengevaluasi 61,3% dengan interprestasi baik, dan menciptakan 30% dengan interprestasi kurang. Uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikαsi α = 1% diperoleh thitung 6,54 > ttabel 2,38 yang berarti H0 ditolak. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada kedua kelompok. Dengan demikian penggunaan model think pair share (TPS) berpengaruh terhadap higher order thinking skill siswa pada pokok bahasan respirasi dan ekskresi. date: 2020-08-15 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aksela, M. 2005. Dissertation: supporting Meaningful Chemistry Learning and Higher Order Thinking through Computer-Assisted Inquirya; A Design Reserch Aproach. Helsinky: Faculty of Science University of Helsinky. Albab, A. F., & Zulaikah, S. (2016). Pengaruh E-Scaffolding dalam Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dinamika Partikel. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 1-8. Ali, Muhammad. 1993. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Ambarwati, A.D.2012. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Pendekatan Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa SMP pada Konsep Tekanan”. www.repository.upi.edu. Anderson, L. W., Krathwohl, D.R., Airasian, P. W., Cruikshank, K.A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Wittrock, M. C. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives, abridged edition. White Plains, NY: Longman. Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nded). Jakarta : Bumi Aksra. Brookhart, S.M. (2010). How to assess higher order thinking skills in your classroom. ASCD Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma. Diputera, Artha Maharinda. 2019. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Journal Reseapedia. Vol 1 (1). Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasi Pada Pelajaran Matematika SMP. JIPMathttps://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1483 Fadillah. (2007) Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pokok Bahasan Relasi Fungsi serta Persamaan Garis Lurus Kelas VII SMP Pesantren GUPPI SAMATA. Skripsi. Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. 77 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50 Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Konvesional dan Make a Match Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. 3 (2). Indah. (2019). Efek Program PISA Terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 4 (58). Joyce B.Weil M., and Calhoun E. 2016. Models of Teaching: Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634 Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakatya. Tohir, Mohammad. (2019). Hasil pisa Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015. http://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/. Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah di SMA NEGERI 18 PALEMBANG. Jurnal Gantang. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4 Sadia, I W. 2008. Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Suatu Persepsi Guru). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Undiksha. No. 2, Th. XXXX, April 2009. ISSN 0215-8250. 219-238. Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik (ubaedi, ed). Bandung: Nusa Media. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,4(1). 78 Taningsih, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan problem solving Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Kelas XI SMA Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif –Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media. citation: Puspita, Gharnis dan Safahi, Luthpi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA SISWA KELAS XI SMA BUDHI WARMAN 1. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17373/1/gharnis%20Puspita.pdf