eprintid: 17367 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/67 datestamp: 2023-07-10 08:29:10 lastmod: 2023-07-10 08:29:10 status_changed: 2023-07-10 08:29:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Monika, Dewi creators_name: Amirullah, Gufron creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Virtual Reality Berbasis Android dengan Aplikasi Millealab dalam Pembelajaran Biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian pegembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media virtual reality berbasis android berbentuk visualisasi 3D dengan aplikasi Millealab untuk siswa kelas XI SMA/MA, serta mengetahui kualitas produk media virtual reality pada pembelajaran biologi materi sistem reproduksi manusia yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Metode penelitian pengembangan media virtual reality berbasis Android menggunakan pendekatan menggunakan pendekatan penelitian R&D (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluating (Evaluasi). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media diujicobakan sebanyak 1 kali pada 26 siswa kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Teknik analisis data diperoleh dengan instrumen dari para ahli dan tanggapan siswa menggunakan rumus presentase yaitu pembagian frekuensi angka presentase dengan skor maksimal lalu dikali 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media virtual reality yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media sebesar 93,84% dengan kategori Sangat Layak dan penilaian ahli materi sebesar 96,25% dengan kategori Sangat Layak. Uji coba pada siswa di sekolah SMA Muhammadiyah 5 Jakarta didapatkan hasil kualitas media pembelajaran dengan persentase 76,99% dengan kategori Baik. Berdasarkan hasil perolehan data dapat disimpulkan bahwa media virtual reality berbasis Android dengan aplikasi Millealab materi sistem reproduksi manusia layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas XI SMA date: 2020-08-15 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aditya, M. F., & Basri, A. (2019). Rancang Bangun Game Virtual Reality Bertema Berburu Binatang Dengan Tokoh Pemanah Berbasis Android. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 3(3), 28–37. Agushinta, D., & Satria, A. (2018). PEMBELAJARAN 3D SISTEM EKSKRESI MANUSIA BERBASIS VIRTUAL REALITY DAN ANDROID. 5(4), 381–388. https://doi.org/10.25126/jtiik.201854665 Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Alhady, N. C., Salsabila, A. F., & Azizah, N. N. (2018). Penggunaan Smartphone pada Konstruksi Belajar Siswa MTs Negeri 7 Model Jakarta. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(2), 95–112. https://doi.org/10.31332/ai.v13i2.975 Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2555 Andrian, Y., & Rusman. (2019). Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. 3(1), 57–62. https://doi.org/doi.org/10.21009/1.03108 Awaludin, A. A. R., Hartuti, P. M., & Rahadyan, A. (2019). Aplikasi Cabri 3D Berbantu Camtasia Studio untuk Pembelajaran Matematika di SMP. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 68–75. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2872 Darmawan, D. (2013). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Fuchsova, M., & Korenova, L. (2019). Visualisation in Basic Science and Engineering Education of Future Primary School Teachers in Human Biology Education Using Augmented Reality. European Journal of Contemporary Education, 8(1), 92–102. https://doi.org/10.13187/ejced.2019.1.92 Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan Media Pembelajaran Abad 21 : Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35. Hakim, L., Sinaga, P., & Setiawan, A. (2018). Tanggap Guru terhadap Penggunaan Elearning dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 8. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1543/1348 73 Hardinata, R., Murwitaningsih, S., & Amirullah, G. (2018). Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. Bioeduscience, 1(2), 53. https://doi.org/10.29405/j.bes/53-58121334 Ibrahim, M. (2015). Peran Pembelajaran Biologi Dalam Menyiapkan Generasi Cerdas Abad 21. 20–29. Ichsan, M. F. (2019). Pengembangan Media Virtual Reality Millea Ekosistem Berbasis Android dalam Mata Pelajaran IPA pada Materi Ekosistem di kelas V SD. Iqbal, M., Yusrizal, Y., & Subianto, M. (2016). Perancangan Media Pembelajaran Aplikasi Fisika pada Pokok Bahasan Fluida Statis Untuk Siswa Sma Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 20–24. Kustandi, C., & Sutjupto, B. (2011). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(01), 129. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131 Laka, B. M. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPS. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(4), 363–370. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.220 Lubis, M., Lufri, & Ahda, Y. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Kompetensi Belajar IPA Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu LKS Di Kelas VII Mts Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Eksakta, 1, 26–37. Marbun, Y. P. D., Ginting, G., & Lubis, I. (2017). Aplikasi Pembelajaran Sistem Reproduksi Pada Manusia Dengan Metode Computer Based Instruction. 12(2), 245–251. Messi, Cuan, B., & Saputra, E. A. (2019). KOMPETENSI GURU MENYAJIKAN MODUL SESUAI PASSION SISWA DALAM PENDIDIKAN ABAD 21. PROSIDING SEMINAR NASIONAL, 538–545. PALEMBANG. Novantara, P., Abbas, C. J., Interaktif, M., & Flash, A. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Multimedia Interaktif Sebagai Media Promosi Pariwisata Kota Cirebon Menggunakan Adobe Flash. Jurnal Teknologi Dan Management Informatika, 1(1), 86–92. Nurmaliah. (2020). Pembelajaran Contexstual Teaching Learning ( CTL ) Melalui Pemodelan Menggunakan Organ Tubuh Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 115–122. Nursamsu, & Baihaqi. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru SMA Negeri Aceh Tamiang. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3), 193–199. 74 Parong, J., & Mayer, R. E. (2018). Learning science in immersive virtual reality. Journal of Educational Psychology, 110(6), 785–797. https://doi.org/10.1037/edu0000241 Ratriana, R. D. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Di Sekolah Dasar Islam Multiplus Ar Rahiim. Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Riyadi, F. S., Sumarudin, A., & Bunga, M. S. (2017). Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Politeknik Negeri Indramayu Berbasis Mobile. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 2(2), 75–82. https://doi.org/10.26798/jiko.2017.v2i2.76 Rosyida, S. (2017). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Tentang Pengenalan Vitamin yang Terkandung di Dalam Buah. Teknik Informatika Stmik Antar Bangsa, III(1), 17–23. Retrieved from https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/1955/JSI-STMIK-Antar-Bangsa-Vol.-IV-No.-2-Agustus-2015--Susy-Rosyida.pdf Sahulata, R. A., Wahyudi, A., Wuwungan, B. G., & Nayoan, M. A. (2016). Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Kerangka Tubuh Manusia Berbasis Android. CogITo Smart Journal, 2(2), 204–215. https://doi.org/10.31154/cogito.v2i2.30.204-215 Saputro, H. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA SMK PGRI 2 BELITANG MENGGUNAKAN ANDROID STUDIO. Jurnal Ilmu Komputer, 10(2). Schweighofer, J., Taraghi, B., & Ebner, M. (2019). Development of a quiz: Implementation of a (self-) assessment tool and its integration in moodle. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(23), 141–151. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i23.11484 Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Siong, W. W., & Osman, K. (2018). Pembelajaran Berasaskan Permainan dalam Pendidikan Stem dan Penguasaan Kemahiran Abad Ke-21. Politeknik & Kolej Komuniti Journal of Social Sciences and Humanities, 3, 128–2875. Sudijono, A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sugiana, D., & Muhtadi, D. (2019). Augmented Reality Type QR Code : Pengembangan Perangkat Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4 . 0. 135–140. Sugianto, C. A., & Aulia, I. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Kerjasama Berbasis Web Studi Kasus: Pada SEAMOLEC. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 137. https://doi.org/10.29207/resti.v1i2.31 75 Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta. Sumardani, D., Midaraeni, I., & Sumardani, N. I. (2019). Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Relativitas Khusus Berbasis Google Cardboard Pada Smartphone Android. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 309–321. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.80 VIRTUAL Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of Augmented Reality-Based Interactive Multimedia to Improve Critical Thinking Skills in Science Learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331–344. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a Wahyudi, W., Sundara, T. A., & Candra, A. (2016). Instructional Media Development Using Macromedia Flash in Blended Learning. Jurnal Sains Dan Informatika: Research of Science and Informatic, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.22216/jsi.2016.01.02.1620-4218 Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas Xi SMA. 6(2), 169–174. citation: Monika, Dewi dan Amirullah, Gufron (2020) Pengembangan Media Virtual Reality Berbasis Android dengan Aplikasi Millealab dalam Pembelajaran Biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17367/1/Dewi%20Monika.pdf