eprintid: 17365 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/73/65 datestamp: 2023-07-10 08:29:08 lastmod: 2023-07-10 08:29:08 status_changed: 2023-07-10 08:29:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurlatifah, Asriza creators_name: Meitiyani, meitiyani creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN ispublished: pub subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Kemampuan seseorang dapat berhasil dalam kehidupannya ditentukan oleh keterampilan berpikirnya, terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah kehidupan yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 58 Jakarta kelas X pada materi Pencemaran Lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X MIPA B SMAN 58 Jakarta. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal essay terdiri dari 15 soal serta kuesioner terdiri dari 20 item pernyataan menggunakan indikator kemampuan berpikir kritis menurut Ennis. Analisis instrumen ini mencakup validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kategori sedang dengan persentase sebanyak 47,2%, siswa yang kemampuan berpikir kritisnya rendah sebanyak 19,5%, dan siswa yang kemampuan berpikir kritisnya tinggi sebanyak 33,3%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa rata-rata yang diperoleh siswa X MIPA B SMAN 58 Jakarta pada tes kemampuan berpikir kritisnya menunjukkan nilai 68,6 dengan kategori berpikir kritis pada kategori sedang/cukup. date: 2020-08-22 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aan Prabowo, Heriyanto, S.Sos., M. I. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jip%5CnANALISIS Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., Widiyanti, N. L. P. M., Studi, P., Sains, P., Pascasarjana, P., & Ganesha, U. P. (2013). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA. 3. Anggraeni, L. (2012). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hubungan Internasional. Media Komunikasi FIS, 11(Education), 1–15. Arifuddin, A. (2019). Students’ Critical and Creative Thinking Skills on Mathematics Learning in Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 38. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i1a5.2019 Azhari, A., & Somakim, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 2 Banyuasin Iii. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.22342/jpm.8.1.992.1-12 Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529 Berpikir, K., Siswa, K., & B, M. E. (2012). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 16(2). Daniati, N., Handayani, D., Yogica, R., & Alberida, H. (n.d.). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang tentang Materi Pencemaran Lingkungan Analysis Of Critical Thinking Skill Level Of Students Smp Negeri 2 Padang about Environmental Pollution. Atrium Pendidikan Biologi, 1–10. Dimyati, M. dan. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Teaching and Educations, 1, 3. Eka, O., Ningsih, F., & Pd, M. (2016). Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Pemecahan Masalah Aplikasi Integral Ditinjau Dari Kecemasan Belajar Matematika(Math Anxiety). 1(2). Erita, E. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED 48 LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Economica, 6(1), 72–86. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941 Hanim, N. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MTsN SABANG MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Lantanida Journal, 7(2), 171. https://doi.org/10.22373/lj.v7i2.5226 Hasibuan, S. H., & Surya, E. (2016). ANALYSIS OF CRITICAL THINKING SKILLS CLASS X SMK PATRONAGE STATE NORTH SUMATRA PROVINCE ACADEMIC YEAR ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMK NEGERI BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA TAHUN AJARAN 2015 / 2016 A . Pendahuluan Berkaitan dengan baga. VIII(2), 175–179. Hayuningrat, S., & Listiawan, T. (2018). Proses Berpikir Siswa dengan Gaya Kognitif Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika Generalisasi Pola. Jurnal Elemen, 4(2), 183. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.752 Helmi, T., Munjin, R. A., & Purnamasari, I. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh Dllaj Kabupaten Bogor. Jurnal Governansi, 2(1), 51. https://doi.org/10.30997/jgs.v2i1.209 Imam Ardiansyah. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. 4(1), 75–84. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78 Kartimi, K., Liliasari, L., & Permanasari, A. (2012). Pengembangan alat ukur berpikir kritis pada konsep senyawa hidrokarbon untuk siswa SMA di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 18–25. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPM/article/view/397/154 Kt Maha Putri Widiantari, N., Md Suarjana, I., & Kusmariyatni, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Dalam Pembelajaran Matematika. Journal PGSD Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–3. Norhasanah, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(1), 105–110. Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). The Effect of Problem Based Learning model on students’ Critical Thinking Skills, Science Process Skills, and Motivation in elementary school. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43. Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I2.10490 Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal 49 Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 Pendidikan, J., & Dinamika, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Analisis Pokok Bahasan Masalah Ekonomi Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Siswa Sma Negeri 1 Bandongan Kabupaten Magelang. Dinamika Pendidikan, 10(1), 76–87. https://doi.org/10.15294/dp.v10i1.5096 Permata, A. R., Muslim, M., & Suyana, I. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Pada Materi Momentum Dan Impuls. VIII, SNF2019-PE-9–16. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.02 Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648 Prawira, F. R. (2013). BELAJAR DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI DAN AGAMA. Jurnal Pionir, 66, 37–39. Putra, E. A. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), 71–76. Retrieved from http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/viewFile/6065/4707 Putri Dwi Sundari, Parno, dan S. K. (2018). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAMMODEL PEMBELAJARAN TERINTEGRASI. (1), 6–8. https://doi.org/10.16309/j.cnki.issn.1007-1776.2003.03.004 Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287. https://doi.org/10.21009/jpd.062.10 Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370 Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya dan Penerapannya. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, Vol. 1, pp. 1112–1119. Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65 Sarimanah, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing. Prisma, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123 Sulistiani, E., Budiarti, R. S., & Muswita. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis 50 Siswa Lintas Minat Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 11 Jambi. Biodik, 2(1), 13–19. Sumampouw, H. M. (2011). Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Genetika (Artikulasi Konsep dan Verifikasi Empiris). Bioedukasi, 4(2), 23–39. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&q=Keterampilan++Metakognitif+dan+Berpikir+Tingkat+Tinggi+++dalam+Pembelajaran+Genetika++%28Artikulasi+Konsep+dan+Verifikasi+Empiris%29&btnG= Wardhani, W., Subanji, S., & Dwiyana, D. (2016). Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Mason. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 297–313. https://doi.org/10.17977/jp.v1i3.6152 Zubaidah, S. (2017). Berfikir Kritis :kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. (January 2010), 100. citation: Nurlatifah, Asriza dan Meitiyani, meitiyani (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Bachelor thesis, Universitas Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/17365/1/Asriza%20Nurlatifah.pdf